Kukuh Setiawan. Gambar tema oleh centauria. Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 05 Juni 2014

Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak

    0


Istilah - istilah penting tentang dunia IT khususnya dalam pembelajaran RPL, saya rangkum sebagai berikut : 
  • Perangkat lunak / software adalah program komputer yang terasosiasi dengan dokumentasi perangkat lunak seperti dokumentasi kebutuhan, model design dan cara penggunaan. Susah dipahami ya ? mudahnya, Perangkat lunak adalah aplikasi yang memudahkan kerja penggunanya.
  • Sistem / System adalah prosedur logis dan rasional guna melakukan atau merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu sama lain. Atau gini aja mudahnya, suatu procedure yang bersinergi mempunyai input output. 
  • Aplikasi / Application adalah sarana dari perangkat komputer yang siap digunakan user.
  • Rekayasa Perangkat Lunak ( Software Engineering ) adalah teknik / cara - cara pengembangan dan pemeliharaan perangkat lunak. 
  • Software Developer adalah pribadi / brainware yang yang sudah berpengalaman membangun perangkat lunak dengan ilmu yang sudah mendalam. Pengalaman > 5 tahun.
  • Programmer adalah seorang yang mempelajari coding dan menerapkannya untuk membuat program komputer. Pengalaman 0 - 5 tahun.
  • Social IT adalah semua orang yang memanfaatkan sosial media untuk melakukan sharing tentang IT di forum - forum, blog, maupun chatting.

Bisa dikatakan bahwa perangkat lunak adalah bagian dari seni dan teknik, karena dalam pengembangannya programmer ataupun software developer mempunyai cara menuliskan coding yang berbeda - beda tetapi dibatasi dengan teknik yang sama, tentunya dengan hal ini kreatifitas sangat dibutuhkan untuk merancang suatu interface/ tata muka yang menarik untuk khalayak. Mengenai source code, sudah ada aturan tersendiri mengenai teknikal perancangan software yaitu dengan adanya bahasa-bahasa tingkat tinggi seperti bahasa C, VB, C#, java, dll. 

Perangkat lunak yang baik adalah perangkat lunak yang nyaman bagi pengguna. Dan bagi programmer yang menangani program pesanan client, tentunya harus menyesuaikan dengan kebutuhan client. Misalnya ada instansi yang memerlukan software guna mendukung perusahaan dalam mengembangakan bisnis, maka instansi memerlukan jasa dari software developer. Dengan persetujuan kerjasama ini, software developer wajib membuat program sesuai dengan permintaan client. Dan yang sering kali kurang diperhatikan adalah faktor sosial, karena walau bagaimanapun juga penilaian baik tidaknya suatu software adalah dari sosial itu sendiri / khalayak ramai. 





Tidak ada komentar:
Write komentar

statistics

Translate

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *