Kukuh Setiawan. Gambar tema oleh centauria. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 15 September 2014

Penggunaan Kata "Anda" Sopan Atau Tidak ?

    0

Penggunaan kata "Anda" ada kalanya gak sopan, pernah gak sih lo dikatain orang pakai kata "anda" tapi hati seakan tertusuk ? gue yakin pasti pernah. Salah satunya kayak gini, "Anda maunya apa ? tolong bungkam mulut anda". Gimana, jleb kan ? haha 

Bahkan kalau menurut gue sebaiknya lo gak perlu pakai kata tersebut. Kenapa ? karena terkesan terlalu meninggikan, dan kadang beberapa orang salah mengartikan etikat baik seseorang. Solusinya gunakan aja kata pengganti orang, misal lawan bicara bapak-bapak ya ganti aja dengan "Bapak", ibu-ibu ya bilang "ibu", lebih tua dikit ya "mas atau mbak". Just sesimple itu, daripada pakai kata "anda" itu gak lazim digunakan dan dengan menggunakan kata pengganti itu akan lebih terkesan lembut. 
Perbandingan : 

"Anda"
Anda tadi menyuruh saya ? 

"Bapak"
Bapak tadi menyuruh saya ?

Ya walaupun terlihat sama, tapi maknanya lebih woles yang kedua kan bro. Any question ? haha kayak lagi ngajar aja, But seriously, hati-hati dalam menggunakan tutur bahasa, pandai-pandailah melihat situasi. Kalau lagi hangout biasa ya gak usah formal-formal banget bahasanya gak masalah, tapi menurut gue biasakan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dan ketika itu menjadi habit, lo gak akan susah lagi ngomong di forum atau bahkan public speaking. Gue gak akan bahas tentang public speaking disini, karena itu banyak konsep dan tips yang harus dijabarkan lebih lagi. Next time gue akan bahas public speaking :) 

Ok bro, I hope you enjoy. See you next statement. 

  

Tidak ada komentar:
Write komentar

statistics

Translate

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *