Kukuh Setiawan. Gambar tema oleh centauria. Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 15 Oktober 2014

Percabangan

    0


Percabangan merupakan statement dua atau lebih yang harus dipilih dengan ketentuan kondisi terpenuhi. Dan bila tidak terpenuhi maka akan dieksekusi statement yang lainnya.

Misalnya, Seorang anak Tekinik Informatika mempunyai uang sepuluh ribu rupiah dan dia mau membeli buku pemrograman bahasa C. Dari kasus tersebut ada kemungkinan jika uangnya cukup maka dia membeli, jika uangnya tidak cukup maka dia tidak jadi membeli. Ternyata buku tersebut harganya lima puluh ribu rupiah, maka dia tidak jadi membeli.

Itulah contoh sederhana yang mudah dimengerti mengenai “percabangan”, kemudian dalam bahasa C dan C++ ada 2 pernyataan yang digunakan yaitu if dan switch. Dengan diketahui operator-operator logika seperti;

== (sama dengan), != (tidak sama dengan), > (lebih besar), < (lebih kecil), >= (lebih besar sama dengan), <= (lebih kecil sama dengan), && (dan), || (atau), !(A==B) (artinya A tidak sama dengan B) .


Pernyataan if ada 4 yaitu  :


  1.             Struktur if satu kondisi, hanya ada sebuah kondisi yang diperiksa.
  2.     Struktur if dua kondisi, memiliki dua kondisi yang diperiksa. Jadi, harus ditambahkan else untuk memenuhi kondisi yang kedua. Maksud dari else adalah saat kondisi pertama tidak terpenuhi, maka akan langsung masuk ke kondisi kedua yaitu else.
  3.         Struktur if tiga kondisi atau lebih, memiliki lebih dari dua kondisi, sehingga untuk menulisan pernyataan selain if dan else, diperlukan satu nyataan lagi yaitu “else if”. Harus diposisikan pada kondisi tengah, dan untuk konsisi terakhir tetap menggunakan else.      
  4.    Struktur if dengan banyak kondisi, maksudnya adalah penggunaan banyak kondisi dalam ketentuan soal sehingga harus menggunakan lebih dari satu operator logika.
Percabangan if

Pernyataan Switch, 

penulisan switch – case – default. Ini merupakan langkah percabangan lain selain penggunaan if, dan 2 hal yang perlu diperhatikan; 

  1.        Kondisi diisi dengan tipe data yang ordinal seperti : integer, char dan boolean.
  2.       Perintah break berfungsi untuk menghentikan eksekusi switch saat ada kondisi yang terpenuhi. Jika tidak terpenuhi maka akan masuk ke bagian default.  

Percabangan switch











Tidak ada komentar:
Write komentar

statistics

Translate

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *