Bicara Indonesia

Berbagi Informasi Dalam Cerita

Cerita Dunia, Sains

Rekontruksi Wajah Perempuan 9.000 Tahun Lalu

Rekontruksi wajah 9.000 tahun lalu – Halo teman Bicara semuanya, Selamat datang kembali di Website Bicara Indonesia ya. Nah, teman Bicara sebelum memasuki zaman modern seperti sekarang ini, Manusia yang terdahulu pernah hidup di zaman Mesolitik. Periode zaman ini sekitar 7.000 hingga 9.000 tahun yang lalu. Mengenai zaman ini, tentu kita tidak mengetahui seperti apa rupa Manusia saat itu ya. Tidak ada peninggalan berupa gambar atau foto pada zaman itu. Seorang pematung hebat bernama Oscar D Nilson, lewat Galerinya yang bertajuk Art and Science, berhasil memecahkan misteri ini loh teman bicara. Ia membuat patung perempuan dari 9.000 tahun lalu. Ahli […]

Rekontruksi Wajah Perempuan 9.000 Tahun Lalu
Cerita Dunia, Sains, Sejarah

12 Bahasa Paling Tua di Dunia, Masih Digunakan Sampai Sekarang!

Halo Guys! Kita ketemu lagi, dengan cerita tentang bahasa paling tua di dunia. Bahasa tersebut ternyata masih banyak digunakan oleh banyak orang loh! Nah, biar nggak tambah penasaran, kita mulai saja cerita ini ya. Dijamin pasti menarik loh! Sebelum suatu peradaban di ciptakan, manusia hanya dapat berkomunikasi dengan menggunakan bahasa isyarat. Jalan kehidupan manusia pun ikut berubah, setelah bahasa tersebut berevolusi dan berkembang. Penggunaan bahasa membuat manusia dapat mengekspresikan dirinya. Hingga akhirnya, kita sampai ke situasi sekarang. Hasil suatu evolusi juga menciptakan ribuan jenis bahasa. Semuanya bertebaran di seluruh dunia. Beberapa diantaranya bahkan telah punah. Namun luar biasanya, ternyata masih […]

12 Bahasa Paling Tua di Dunia, Masih Digunakan Sampai Sekarang!
Sains

Mengapa Warna Kulit Manusia Itu berbeda-beda?

Warna Kulit – Halo teman Bicara, Selamat datang kembali di website Bicara Indonesia ya. Nah, teman bicara tahukah kamu kenapa warna kulit manusia itu berbeda-beda ya? Kita yang tinggal di Asia rata-rata warna kulitnya tampak lebih cerah, sementara yang tinggal di Afrika warna kulitnya lebih gelap. Perbedaan warna kulit sebenarnya bukan hal yang perlu diperdebatkan. Hal ini malah menjadikan variasi Manusia yang menarik untuk diteliti. Kulit merupakan organ terluar dari kita, yang memiliki fungsi untuk melindungi dan melapisi organ tubuh kita secara keseluruhan. Kalian masih ingat dengan panca indra kan? Nah, kulit merupakan salah satu panca indra yang berfungsi sebagai […]

Mengapa Warna Kulit Manusia Itu berbeda-beda?
Cerita Dunia, Inspiratif, Sains

12 Makna Kehidupan di Balik Permainan Catur!

Halo Guys! Kita ketemu lagi dengan cerita tentang makna kehidupan di balik permainan catur! Ternyata, ada filosofinya yang dapat dijelaskan secara ilmiah loh! Biar nggak penasaran, kita ikuti terus cerita ini ya. Dijamin seru loh! Catur adalah permainan indah yang merupakan perpaduan antara seni dan olahraga. Catur juga merupakan salah satu permainan tertua dalam sejarah manusia. Selain keunikannya yang diwarnai oleh berbagai langkah untuk dapat memenangkan permainan, strategi permainannya juga menggambarkan makna dari suatu kehidupan. Semua filosofi dan makna yang digambarkan tersebut, dapat dijelaskan secara ilmiah. Masih nggak percaya? Yuk kita lihat penjelasannya lebih lanjut. 1. Kotak pada papan dan […]

12 Makna Kehidupan di Balik Permainan Catur!
Cerita Dunia, Sains

12 Mitos Sains Sesat! Jangan Percaya!

Halo Guys! Kita ketemu lagi dengan cerita tentang mitos sains yang sesat. Dan memang sebaiknya tidak kamu percayai ya. Gak pake panjang, langsung saja kita mulai ceritanya ya Guys! Kita semua percaya kalau yang namanya sains itu tidak ada batasnya. Masalahnya adalah, jika sains dihubungkan dengan mitos yang belum tentu benar adanya. Beberapa diantaranya malah cenderung menyesatkan. Anehnya, semua mitos tersebut bahkan masih tetap di percaya oleh sebagian orang di zaman modern ini. Mitos-mitos sains yang salah kaprah tersebut, tidak diketahui dengan pasti dari mana asal muasalnya. Namun salah satu penyebabnya mungkin karena tidak cukupnya pengetahuan yang dimiliki. Selain itu […]

12 Mitos Sains Sesat! Jangan Percaya!
Sains

Tubuh Mengeluarkan Tanda Saat Akan Meninggal, Benarkah?

Tanda Saat Akan Meninggal – Banyak orang yang mengatakan bahwa ketika seseorang akan meninggal, maka akan muncul tanda-tanda. Terkadang kita menganggapnya sebagai firasat semata. Dr. Daniel Murrel dari University of Alabama mengungkapkan bahwa manusia akan memunculkan tanda saat akan meninggal. Seperti apa tandanya? Tanda Saat Akan Meninggal, Suara Kematian Menurut Dr. Daniel, sebelum orang meninggal umumnya tubuh akan memunculkan suara kematian. Secara sains akan mendengarnya sebagai suara berderik. Ketika seseorang akan meninggal, manusia akan mengalami kesulitan menelan. Saluran pernapasan memiliki sesuatu yang mengganjal atau mengganggu. Maka akan mengeluarkan suara berderik. Suara napas inilah yang membuat orang melihat adanya perbedaan dengan […]

Tubuh Mengeluarkan Tanda Saat Akan Meninggal, Benarkah?
Misteri, Sains

Inilah yang Akan Terjadi Jika Inti Bumi Membeku!

Jika Inti Bumi Membeku – Saat ini kalian sedang melakukan kegiatan camping di sebuah gunung di Indonesia. Tiba – tiba semuanya meredup, alat komunikasi sepenuhnya tak bisa digunakan. Apalagi saat ini sedang petang, tiba – tiba saja kalian melihat aurora yang begitu terang yang tidak mungkin jika aurora ada di Indonesia bukan? Tak ada alasan yang jelas mengenai fenomena aneh ini, tetapi salah satu teman kalian pernah membaca teori mengenai inti bumi apabila membeku. Temanmu tersadar dan cepat – cepat bergegas turun gunung untuk mengecek keadaan di kota dan tentu saja bertemu keluarga secepat mungkin. Ciri – ciri yang terjadi […]

Inilah yang Akan Terjadi Jika Inti Bumi Membeku!
Astronomi, Cerita Dunia, Editor's Choice

6 Batuan Meteor dengan Harga yang Fantastis

Batuan Meteor Harga Fantastis – Pasti di antara kalian pernah berpikiran bahwa jika batuan meteor jika dijual laku berapa ya? Batuan meteor memang merupakan batuan yang cukup langka karena tak banyak di dunia ini. Bahkan di antaranya bisa meraup harga hingga milyaran rupiah lo Sobat Bicara. Sudah seharga rumah dan mobil mewah bukan? Tapi kok ada ya yang mengoleksi batuan ini? Mungkin orang – orang yang mengoleksi batuan ini bingung ingin menghamburkan uangnya kemana ya. Meteor sendiri umumnya mengandung bahan – bahan seperti besi, nikel – kristal, dan mineral – mineral unik lainnya. Ya, tentu saja banyak bahan kandungan yang […]

6 Batuan Meteor dengan Harga yang Fantastis
Cerita Dunia, Editor's Choice, Flora & Fauna

Apa yang Terjadi Jika Seluruh Pasir Di Bumi Menjadi Cair?

Seluruh pasir menjadi cair – Bayangkan kalian sedang berada di pantai dan bermain air atau membuat istana pasir. Lalu tiba – tiba seluruh pasir yang kalian temui berubah menjadi cair, bahkan genangan tiba – tiba datang entah dari mana. Ya, dunia yang kalian tinggali saat ini sedang dalam bahaya, berita ada di mana – mana dan uniknya seluruh pasir yang ada di bumi menghilang. Pasir yang terus bergesekan secara terus – menerus dan cepat, apalagi dialiri oleh udara bisa menjadikan pasir menjadi benda cair. Sederhananya seperti manusia pasir di serial film “Spiderman 3”. Wilayah berpasir seluas Gurun Sahara pun akan […]

Apa yang Terjadi Jika Seluruh Pasir Di Bumi Menjadi Cair?
Cerita Dunia, Editor's Choice, Misteri

12 Prediksi Kiamat Yang Salah Besar! Pernah Bikin Heboh Dunia!

Halo Guys! Kita ketemu lagi dengan cerita prediksi kiamat yang salah besar. Dan prediksi ini pun pernah bikin heboh dunia!. Gak perlu lama-lama lagi, langsung saja kita nikmati cerita ini ya Guys, Dijamin seru loh! Hampir semua orang di dunia ini mempercayai akan adanya Hari Kiamat, yang merupakan hari musnahnya semua kehidupan di alam semesta ini. Selama manusia tidak ditakdirkan untuk dapat mengetahui kapan semua kehidupan ini akan berakhir, maka kapan terjadinya Hari Kiamat tetap akan menjadi misteri hingga saatnya tiba. Namun terlepas dari itu semua, masih banyak manusia yang tetap berusaha untuk melawan takdir yang sudah digariskan. Rasa penasaran […]

12 Prediksi Kiamat Yang Salah Besar! Pernah Bikin Heboh Dunia!
Astronomi, Sains

Bisakah kembali ke Masa Lalu? Ini 3 Fakta Ilmiahnya

Alangkah bahagianya bila kita bisa kembali ke masa lalu. Memperbaiki kesalahan-kesalahan yang pernah kita lakukan, atau mungkin mau balikan dengan mantan? Berbicara tentang waktu emang nggak ada habis-habisnya ya, Sob! Beberapa film tentang time traveler (penjelajah waktu) seperti Source Code, Predestination, dan juga Supergirl tentu membuat kita berpikir, apakah kita benar-benar bisa kembali ke masa lalu? Atau itu hanyalah cerita fiksi yang nggak bisa di buktikan kebenarannya? Daripada penasaran, yuk kita simak barsama 3 fakta ilmiah tentang waktu : 1. Gravitasi Berpengaruh Terhadap Kecepatan Waktu Sobat pasti nggak asing lagi dengan teori gravitasi-nya Albert Einsten. Menurut ilmuwan paling berpengaruh di […]

Bisakah kembali ke Masa Lalu? Ini 3 Fakta Ilmiahnya
Kultur & Budaya, Sains

5 Perbedaan Otak Laki-laki dan Perempuan

Perbedaan Otak Laki-Laki dan Perempuan – Mengapa laki-laki tidak peka? Mengapa perempuan mudah menangis? Pertanyaan-pertanyaan semacam itu seringkali muncul di pikiran kita. Beberapa orang menganggapnya hanya mitos semata Beberapa yang lain menganggap itu sesuatu yang wajar dan alamiah. Lalu, bagaimanakah fakta yang sebenarnya? Sobat perlu tahu dulu nih. Jadi otak laki-laki dan perempuan itu ternyata memiliki perbedaan loh, Sob. Meski nggak terlalu terlihat perbedaannya, tapi ternyata itulah yang membuat sifat alamiah mereka berbeda-beda. Yuk kita simak 5 perbedaan otak laki-laki dan perempuan! Berikut ulasannya; Perbedaan Otak Laki-laki dan Perempuan Seperti yang kita tahu, otak adalah organ kecil yang sangat penting bagi […]

5 Perbedaan Otak Laki-laki dan Perempuan