seorang ilmuwan sedang menggunakan mikroskop

Benda Indah di Bawah Mikroskop? Halo Teman Bicara dimanapun kalian berada, apa kabarnya hari ini? Oia, apakah kalian tahu apa itu Mikroskop? Ya, benda ini memiliki kelebihan karena dapat menjadikan objek kecil yang tak kasat mata, menjadi besar dan terlihat jelas. Apakah kamu pernah mencoba menggunakan Mikroskop?

Mikroskop sering digunakan ketika para Saintis ingin melakukan sebuah penelitian. Hal unik yang terjadi adalah, suatu benda kecil yang diperbesar dengan mikroskop akan tampak berbeda dibandingkan aslinya. Tidak sedikit dari benda-benda kecil tersebut malah tampak lebih indah di bawah Mikroskop.

Mikroskop dapat melihat benda-benda kecil menjadi sangat jelas karena memiliki dua macam lensa di dalamnya dengan fungsi berbeda. Lensa tersebut adalah lensa okuler dan lensa obyektif. Mata kita akan terhubung dengan lensa okuler, sedangkan lensa obyektif langsung berhubungan dengan Mikroskop itu sendiri.

So, teman bicara, Yuk kita melihat bagaimana sih penampakan beberapa benda-benda ini jika diperbesar dengan Mikroskop:

Alkohol

Alkohol tidak selalu identik dengan yang berupa minuman keras ya teman bicara. Alkohol memang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari kebutuhan medis hingga campuran parfum, biasanya membutuhkan campuran zat kimia ini.

Alkohol di bawah Mikroskop memiliki pola yang indah

Selintas, kita melihat Alkohol seperti air putih bening biasa. Namun, jika kita cium baunya, maka Alkohol memiliki bau yang lebih menyengat dibandingkan Air bening biasa. Mau tahu seperti apa penampakan Alkohol Cair setelah diperbesar dengan Mikroskop? Begini jadinya:

Butiran Debu

Debu setelah diperbesar di bawah Mikroskop

Apalah artinya Butiran debu? Ya, Debu sering kita artikan sebagai suatu yang kotor dan ingin cepat-cepat dibersihkan. Tapi di bawah Mikroskop, ternyata Debu tidak seremeh yang kita bayangkan. Setelah diperbesar, partikel yang disebut debu ini ternyata berwarna – warni loh teman bicara. Seperti ini penampakannya, Indah bukan?

Virus Polio

Polio merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dan merusak banyak hidup orang. Orang yang terkena virus ini bisa mengalami kelumpuhan hingga kematian loh teman bicara. Kabar baiknya, Vaksin virus ini telah ditemukan sekitar tahun 1955 silam.

ternyata virus juga memiliki warna ya di bawah mikroskop

Jika diperbesar dengan Mikroskop, ternyata virus ini tidak seseram yang dibayangkan. Bentuk Virus polio dibawah lensa pembesar tampak seperti tumpukan daun dengan beberapa warna yang indah dipandang.

Benda Berupa Kertas Rokok

Merokok merupakan kegiatan yang tidak sehat, Ok, sebagian orang pasti akan setuju dengan hal ini. Rokok berasal dari tembakau yang dilapisi oleh kertas khusus. Sederhana sekali komposisinya ya.

warna biru ini adalah kertas rokok di bawah mikroskop

Namun, ketika kertas rokok tersebut disimpan di bawah Mikroskop dan diperbesar, alhasil munculah suatu penampakan benda yang Indah loh teman bicara. Lihatlah perpaduan warna Biru dan Putih itu, tampak mewah.

Pasir Seperti Berbagai Benda Indah

Ada yang pernah pergi ke gurun pasir atau sekedar bermain pasir di Pantai? Pasir itu memiliki tekstur yang halus dan berkilau ketika terkena sinar Matahari ya.

Pasir diperbesar di bawah Mikroskop tampak berbagai jenis benda kecil

Ketika sampel pasir dibawah Mikroskop dan diperbesar, ternyata penampakannya lebih indah. Di bawah Mikroskop, pasir itu terdiri dari kumpulan pecahan segala benda, mulai dari mineral, karang, batuan kecil hingga pecahan hewan yang sudah kering.  

Benda berupa Tablet Aspirin

Ada yang tahu, benda yang disebut Aspirin ini obat untuk apa? Ya, Aspirin dalam bentuk tablet biasanya dianjurkan untuk dikonsumsi orang yang sedang mengalami sakit kepala ringan.

Wah Tablet sakit kepala di bawah mikroskop tampak seperti kain berwarna ya

Jika kita biasanya melihat bentuk obat Aspirin yang bulat, maka setelah dihancurkan dan di perbesar di bawah Mikroskop, bentuknya tampak Indah. Bentuk obat Aspirin menjadi seperti bentuk bunga dengan pola lingkaran dan berwarna-warni, wah cantik sekali ya!

Tetesan Air Laut

Air laut mengandung banyak garam yang membuat rasanya menjadi asin. Tetesan air laut akan terlihat seperti tetesan air pada umumnya, tidak ada keindahan yang lebih dari itu. Namun, ketika benda berupa tetesan ini dilihat melalui Mikroskop, maka ada banyak hal yang muncul dalam satu tetes air laut saja.

tetes air ternyata mengandung banyak partikel kecil di bawah mikroskop

Coba perhatikan gambar tersebut di bawah mikroskop ini, dalam tetesan air ternyata ada bermacam-macam bentuk serta warna. Hal tersebut bisa jadi merupakan plankton atau amoeba yang hidup di Air. Bagaimana menurutmu?

Butiran Merica

Merica merupakan salah satu bumbu dapur yang wajib ada untuk menambah rasa makanan menjadi lebih enak. Sebuah benda Merica yang sering digunakan akan yang berbentuk bulat untuk kemudian dihaluskan.

Butiran Merica

Nah, bagaimana penampakan Merica di bawah Mikroskop? Setelah diperbesar, tampak bagian putih dan hitam seperti batu kecil. Bagaimana menurut teman bicara, penampakan Merica ini cukup indah dipandang mata bukan?

Salju dan Rontokan Es dari Freezer

Penampakan benda lainnya yang juga tak kalah Indah di bawah Mikroskop adalah butiran Salju dan rontokan es dari Freezer lemari Es. Salju tampak seperti gumpalan putih sementara rontokan es Freezer tidak menggumpal.

nampak seperti lukisan ya es yang membeku ini

Lalu bagaimana penampakannya jika diperbesar hingga ukuran Mikroskopik ya? Ternyata dalam ukuran yang sangat kecil, pola Salju dan e situ sangat Indah ya dengan warna Biru nya.

Tetesan Kecap Seperti Benda Padat

seperti bongkahan emas padahal hanya tetesan kecap di bawah mikroskop

Kecap identik dengan warna yang hitam kelam dan rasanya manis. Kecap umumnya terbuat dari kacang kedelai. Kita akan melihat seperti apa penampakan benda tetesan kecap manis di bawah Mikroskop. Ternyata, tampilan dalam bentuk diperbesarnya begitu Indah. Keliatannya seperti banyak bongkahan emas di dalamnya. Wah, cantik sekali ya.

Kesimpulan

Setelah melihat beberapa penampakan di bawah Mikroskop tadi, kita jadi tahu ya teman bicara, bahwa benda-benda tersebut ternyata terdiri dari partikel yang paling kecil, yang berkumpul sehingga menjadi sebuah benda yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Sekian dulu ya cerita kali ini teman bicara, jika kalian punya Mikroskop, kalian juga bisa membuat percobaan lain untuk melihat keindahan suatu benda. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya!

Sumber :

  • 20 Benda Ini Terlihat Sepele tapi Jika Dilihat di Bawah mikroskop hasilnya Menakjubkan – IDNTimes
  • Benda Sehari-hari yang terlihat Indah di bawah Mikroskop – IDNTimes

(Diakses pada 10 Juli 2020)