Bola lampu salah satu penemuan terbaik

Halo teman bicara selamat datang kembali di website Bicara Indonesia yang selalu menyuguhkan berita-berita menarik untuk kamu simak. Kali ini kita mempunyai cerita tentang beberapa penemuan yang berhasil mengubah dunia, wah kira-kira apa saja ya?

Dari mulai Paku hingga Internet, ternyata benda-benda ini membawa perubahan yang besar di dunia. Tanpa penemuan benda-benda tersebut, peradaban Manusia belum tentu sehebat sekarang. Penemuan-penemuan ini juga terus dikembangkan seiring dengan kemajuan teknologi.

Penasaran dengan benda-benda apa saja yang menjadi penemuan zaman dulu, namun membawa perubahan lebih baik untuk zaman sekarang? Yuk kita simak cerita selengkapnya berikut ini:

Internet

Siapa yang masih belum bisa menggunakan internet di zaman sekarang ini? Ya, mayoritas penduduk kita juga sudah memahami internet dan ini merupakan penemuan yang memang berhasil mengubah dunia. Internet bisa dikatakan sebagai penemuan terbaik, untuk mempercepat informasi dengan cara berbagi lewat social media.

penemuan internet salah satunya sistem HTML

Teman bicara, penemuan ini berawal sejak tahun 1960, dimana Advance Research Projects Agency (ARPA) yang merupakan bagian dari Departemen Pertahanan AS menciptakan jaringan yang disebut ARPANET. Jaringan tersebut memungkinkan komunikasi terjadi diantara komputer seluruh jaringan.

Kemudian di akhir tahun 1980-an, situs WWW (World Wide Web) ditemukan dan diawali dengan CERN yang menelepon tim Berners- Lee untuk mengembangkan HTTP (Hyper text transfer protocol). Dengan begitu, komunikasi dapat dilakukan antar server jaringan dengan komputer. Setelah itu hadir web browser di tahun 1992, dan internet mengalami kemajuan hingga saat ini.

Telepon

penemuan telepon banyak berjasa dalam komunikasi sejak dulu

Alexander ketika itu terus meningkatkan hasil penemuannya selama bertahun-tahun, agar bisa tampil berbeda dibandingkan para penemu lainnya yang serupa. Jauh sebelum Alexander menciptakan telepon, melansir dari laman Wikipedia, ternyata alat komunikasi ini lebih dulu diciptakan oleh Antonio Meucci di tahun 1849. Namun, hak paten atas penemuan dan penciptaan telepon lebih dulu dipublikasikan oleh Alexander graham bell.

Mesin Cetak

Jika dulu Mesin cetak tidak ditemukan, mungkin zaman modern ini menjadi serasa kurang berwarna ya? Zaman dulu, pencetakan buku dan berbagai jenis lainnya dilakukan dalam proses yang sangat rumit. Namun, Johannes Gutenberg berhasil menemukan solusi untuk masalah tersebut dengan  menciptakan mesin cetak di tahun 1450-an.

mesin cetak zaman dulu menjadi penemuan dalam dunia publikasi

Bukan saja membuat proses pencetakan lebih cepat, namun membuat harga buku yang dijual saat itu menjadi lebih murah. Hal ini ternyata memberikan kontribusi yang positif bagi ilmu pengetahuan, dimana buku pelajaran dengan cepat menyebar dan mengubah hampir seluruh wilayah Eropa Barat, karena masyarakatnya sudah mengenal berbagai topik dalam bentuk teks buku.

Penemuan Paku

Bisa kita bayangkan, jika saat itu Paku tidak ditemukan, peradaban kita bisa hancur loh teman bicara. Pasalnya, penemuan ini ternyata berhasil mengubah dunia. Dimulai dengan periode Romawi Kuno, sekitar 2.000 tahun yang lalu. Saat itu, struktur kayu dibangun dengan papan-papan yang jaraknya berdekatan secara geometris. Proses kontruksi saat itu tentu sangat sulit.

Paku beton dalam industri konstruksi dan bangunan

Hingga memasuki tahun 1790-an dan di awal tahun 1800-an, Paku tempa akhirnya ditemukan. Saat itu, para pandai besi memanaskan batang besinya, kemudian di palu di keempat sisinya agar tercipta satu titik. Sejak saat itu, menurut University of Vermont, Amerika, teknologi paku terus berkembang hingga saat ini.

Penemuan Roda

Penemuan tercipta dengan teknologi, untuk mempermudah kehidupan Manusia. Begitu juga dengan penemuan roda yang ternyata sangat membantu Manusia untuk bisa berpindah dengan mudah. Di tahun 3500 SM, manusia sangat sulit untuk bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain, terkecuali dengan menunggangi kuda.

penemuan roda menjadi awal pembuatan roda kendaraan saat ini

Penemuan roda yang tertua kabarnya ada di Mesopotamia. Berlanjut dengan penemuan roda kayu pertama dari tahun 3150 SM di Slovenia tahun 2002. Uniknya, sejak zaman dulu hingga sekarang ini, Roda lebih sering digunakan untuk keperluan rumah tangga atau memindahkan barang dalam jumlah banyak.

Kompas

penemuan kompas sebagai awal kebangkitan dunia bahari

Kompas ternyata menjadi salah satu penemuan yang juga mengubah dunia, terutama dalam dunia Kelautan. Kompas yang dijadikan alat navigasi ini, pertama kali ditemukan orang Cina sekitar abad ke-9 hingga 11. Alat penunjuk arah mata angin ini ditemukan dalam bentuk batu lodestone serta bijih besi magnet yang alami. Setelah itu, teknologi kompas kemudian beralih ke Eropa dan Arab untuk keperluan bahari hingga saat ini.

Penemuan Plastik

Meskipun isu sampah plastik cukup meresahkan, faktanya, plastic adalah salah satu penemuan yang paling berdampak besar pada kehidupan di dunia, hingga saat ini. Penemuan plastic menjadikan banyak produk yang awalnya cukup mahal menjadi lebih murah dan praktis. Pembungkus berwarna bening ini pertama kali ditemukan oleh Alexander Parkes di tahun 1862.

sampah plastik namun banyak manfaatnya juga untuk keseharian kita

Berlanjut ke Amerika, dimana John Wesley Hyatt berhasil mengembangkan teknologi plastic buatan manusia sintetis pertama. Hingga saat ini, jika kamu tahu, ada berbagai jenis plastic beserta karakteristiknya yang banyak digunakan untuk industri.

Penemuan Bola Lampu

Bola lampu juga sangat dibutuhkan manusia di zaman sekarang ini. Penemuan benda ini sangat diperlukan setiap orang terutama menjelang malam hari. Berawal di tahun 1800-an, dimana Thomas Edison berhasil menciptakan sistem pencahayaan yang benar-benar bersifat fungsional.

bola lampu yang dipotret dengan latar blur penemuan terbaik dunia

Dia juga membuat generator dan kabel hingga bola lampu filament di tahun 1879. Kabarnya, lebih dari 20 orang berperan penting dalam penemuan benda yang bisa menerangi ini.

Mesin Pembakar Internal

Entah mesin apa ini, tetapi faktanya mesin ini juga ikut andil dalam perubahan dunia saat ini. Mesin pembakaran ini melepaskan gas dengan suhu tinggi. Mesin ini juga dapat mengubah energy kimia menjadi pekerjaan mekanik, namun masih berupa bentuk dasar.

mesin pembakar internal salah satu penemuan terbaik mengubah dunia

Seiring dengan kemajuan teknologi, para ilmuwan ikut melakukan rekayasa dan merancang kembali mesin pembakaran internal ini. Hingga saat ini, ternyata mesin yang tadinya hanya konsep dasar ini menjadi awal dari penemuan berbagai mesin lainnya, termasuk mesin pada pesawat dan mobil.

Penemuan Penisilin

Penemu penisilin adalah Alexander Fleming. Wah, jasa orang ini sangat besar ya khususnya di dunia kedokteran. Dia melakukan percobaan dan riset, hingga menemukan jamur penghancur bakteri yang kita kenal dengan Penisillin.  

jamur penghancur bakteri penicillin ditemukan Fleming

Sejak ditemukan di tahun 1928, Penisillin telah menjadi gerbang penggunaan antibiotic di dunia kesehatan saat ini. Atas jasanya serta kecerdasan beliau menemukan zat tersebut, Beliau meraih penghargaan Nobel di tahun 1945.

Kesimpulan

Nah teman bicara, ternyata hal-hal yang kita ketahui sangat canggih hari ini, datang dari penemuan –penemuan zaman dulu yang bahkan sulit untuk bisa menjadi sebuah teknologi. Dengan kerja keras para ilmuwan yang menemukan serta mengembangkan penemuannya. Kita sebagai manusia modern tinggal menikmatinya saja juga, menjadikan penemuan tersebut agar lebih bermanfaat lagi di masa depan.

Sekian dulu cerita kita kali ini, sampai jumpa lagi di artikel menarik berikutnya!

Sumber :

  • Penemuan Sebelum internet yang Mengubah Dunia – Grid ID
  • Penemuan Hebat – Saintif
  • Alexander Fleming Penemu Penisillin sebagai Antibiotik Modern – IDN Times
  • Top 10 Inventions That Changed the World – Astronomy Passangers