persilangan kuda zebra dan keledai menjadi seperti ini

Hewan hibrida Aneh -Halo teman Bicara semua, selamat datang kembali di website Bicara Indonesia ya. Bagi yang baru pertama kali berkunjung ke website ini, selamat datang juga dan pastikan kamu selalu update informasi dan berita menarik hanya di website ini.

Teman bicara, apakah kalian pernah melihat hewan yang secara fisik mengalami keanehan? Atau hewan yang jenisnya sama tetapi tampak berbeda dari species umumnya? Nah, hewan-hewan tersebut disebut hewan hibrida. Apakah hewan hibrida adalah hewan-hewan yang terlahir cacat?

Hewan hibrida adalah hewan yang unik dan merupakan hasil persilangan antara dua binatang yang sejenis. Fenomena biologi seperti ini umumnya tidak terjadi secara disengaja, tetapi untuk keperluan penelitian atau eksperimen khusus. So, penasaran kan Hewan apa saja yang menjadi kelompok hewan ini? Yuk kita simak ceritanya berikut ini:

Lumba-lumba dan Paus Pembunuh

Kita mulai dari dunia laut dulu, yaitu kehadiran Wholphin. Hewan hibrida ini merupakan hasil dari kawin silang antara lumba-lumba hidung botol (betina) dengan paus pembunuh (jantan).

hewan hibrida persilangan mamalia laut

Wholpin tentunya sangat langka, meskipun ada yang bilang kalau hewan ini terlahir murni di bawah samudera yang luas. Kamu ingin melihat hewan ini? Saat ini Wholpin yang hidup kabarnya hanya ada dua dan berada di penangkaran khusus di pulau Hawaii.

Hewan Hibrida Jaguar dan Singa

Hewan Jaguar itu sering kita lihat ada di kemasan snack favorit saat masih kecil dulu. Jaguar merupakan hewan omnivora yang dikenal dengan kecepatan larinya ketika menangkap mangsanya. Hewan ini juga bisa menjadi hewan persilangan, yaitu ketika Jaguar (jantan) dikawin silang dengan Singa (betina) maka menjadi Jaglion.

hewan hibrida persilangan Jaguar dan Singa

Perkawinan silang ini terjadi di suatu suaka marga satwa di Ontario, Kanada. Sang Jaguar Jantan yang bernama Diablo dikawin silangkan dengan Lola sang singa Betina. Hewan hibrida yang terlahir adalah anak-anak mereka yang memiliki corak unik, dengan warna hitam yang mendominasi. Mereka bernama Jaglion dan Jahzara.

Beruang Kutub dan Beruang Grizzly

Apa jadinya kalau dua beruang dengan jenis berbeda di kawin silangkan? Seperti itulah yang dialalami hewan persilangan, si Beruang Grolar. Uniknya, bukan merupakan hasil penelitian Manusia, hal ini kabarnya bisa terjadi secara alami di alam liar yang menjadi habitat mereka masing-masing.

hewan hibrida persilangan dua jenis beruang

Grolar merupakan hasil persilangan diantara beruang cokelat Grizzly biasa dengan beruang kutub. Di habitatnya, kedua jenis beruang ini sebenarnya kurang akrab. Namun, Beruang kutub terpaksa harus bermigrasi ke Selatan, ke habitat beruang cokelat.

Hewan Hibrida dari Zebra dan Kuda Keledai

Hewan hibrida berikutnya bernama Zebroid, yang ternyata lahir dari kawin silang kuda Zebra dengan jenis kuda lainnya seperti Keledai misalnya. Tidak hanya dengan keledai, Kuda zebra yang disilangkan dengan kuda poni juga melahirkan hewan hibrida yang bernama Zony.

persilangan Kuda zebra dengan kuda biasa menjadi Zebroid

Keunikan muncul dari corak yang ada pada kulit mereka, dimana perpaduan corak kuda Zebra dengan kuda persilangannya tampak secara fisik pada hewan ini. Keunikan corak warna tubuh ini tentunya menjadi suatu hal yang alami dan indah.

Hewan Hibrida dari Harimau dan Singa

Si Raja hutan Singa juga bisa menjadi objek untuk menghasilkan hewan hibrida yang unik. Kira-kira apa yang terlahir dari persilangan seekor Singa dan Harimau ya? Ternyata lahirlah Liger, seekor kucing terbesar yang pernah ada. Ukuran tubuh liger ini bahkan lebih besar dari Singa dan Harimau kebanyakan.

Inilah sosok liger hewan hibrida hasil persilangan Singa dan Harimau

Persilangan hewan hibrida ini hanya bisa dilakukan secara buatan, jadi ini bukan hasil persilangan alami. Liger juga memiliki sifat yang merupakan kombinasi dari kedua orang tuanya. Liger bisa berenang seperti Harimau dan mudah berbaur seperti hal nya Singa.

Lebah Madu Afrika dan Lebah Madu Eropa

Bukan hanya mamalia laut, hingga hewan Omnivora, hewan jenis serangga juga ternyata bisa dipersilangkan. Seperti yang terjadi pada Lebah madu dari Afrika dan Eropa ini. Hewan persilangan yang tercipta adalah Killer Bee, yang merupakan hewan pembunuh yang agresif dan mematikan loh teman bicara.

lebah pembunuh ternyata persilangan dari lebah madu Afrika

Hati-hati dengan Killer bee ini, faktanya, lebah ini bahkan berhasil melarikan diri dari sangkarnya di wilayah Brazil. Setelah itu, kemungkinan lebah ini berkembang biak ke berbagai penjuru Amerika Serikat, Amerika tengah dan Utara. Lebah ini akan menyengat musuhnya secara membabi buta, jadi waspadalah.

Kucing Domestik dan Kucing Serval

Sepertinya, hewan hibrida yang satu ini bakalan banyak digemari. Pasalnya, persilangan antara kucing domestic dan jenis kucing serval ternyata melahirkan Kucing Savannah yang cantik. Kucing ini lahir dari persilangan antara kucing liar Afrika dengan kucing rumahan.

kucing cantik Savannah yang lucu

Hal ini terjadi karena keinginan dari para pecinta kucing, yang mungkin ingin memiliki kucing yang eksotis dengan corak kucing liar, namun bisa dipelihara sebagai kucing rumahan. Wah, teman bicara ada yang memelihara kucing ini juga?

Kesimpulan

Dalam ilmu Biologi, perkawinan silang antar hewan dan tumbuhan biasa dilakukan dengan tujuan pengetahuan atau untuk sebuah eksperimen khusus. Di luar kepentingan itu, sebaiknya kita jangan dengan sengaja melakukan hal tersebut ya teman bicara. Kita harus menjaga kelestarian hewan-hewan yang hidup di lingkungan sekitar agar terjadi keseimbangan alam.

Kemungkinan lahirnya hewan hibrida lain bisa terjadi loh teman bicara. Misalnya saja, antara orang utan dengan panda yang akan menjadi Organgupanda, hehe.. ada-ada saja ya. Demikian artikel kali ini tentang hewan hibrida yang aneh tapi nyata. Sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya ya!

Sumber :

  • Hewan Hibrida Langka Unik – Boombastis
  • 21 Hewan Hibrida ini Dijamin Bikin Kamu merinding Serem ya – BrilioNet