5 Kisah Perjalanan Luar Angkasa yang Paling Misterius

Kisah perjalanan luar angkasa menjadi hal yang menarik. Teknologi terkini memungkinkan manusia melaksanakan perjalanan panjang ke luar angkasa. Namun, ada beberapa perjalanan yang justru menimbulkan misteri bahkan memakan korban. Penasaran apa saja?

1. Kisah Perjalanan Luar Angkasa, Soyuz MS-14

Tak ada yang aneh dengan perjalanan Soyuz MS-14 yang diluncurkan NASA. Roket ini adalah penerbangan percobaan guna mempersiapkan misi astronot pada Agustus 2019. Soyuz MS-14 melakukan pendaratan di International Space Station (ISS) dan melakukan berbagai percobaan.

Namun, ada hal yang menarik dalam perjalanan ini. Salah satunya adalah teriakan dari astronot asal Italia, Samantha Cristoforetti. Dalam rekaman tersebut tampak Samantha tiba di ISS  dan ingin melakukan pendaratan. Dalam video tersebut tampak kapsul yang membawa mereka melakukan prosedur untuk bisa menempel pada ISS.

Kisah perjalanan luar angkasa
Peluncuran roket

Namun di akhir pendaratan, Samantha tampak menjerit seperti ketakutan. Shkaplerov, rekannya mencoba untuk menenangkan dengan mengatakan ‘tiho, tiho,tiho’ yang artinya ‘tenang,tenang, tenang’. Berbagai spekulasi muncul dan salah satunya  melihat objek misterius di luar angkasa.

Ditambah lagi beberapa orang meyakini bahwa ada dua benda kecil yang tampak jelas melewati kamera. Mantan penyelidik UFO untuk Kementerian Pertahanan Amerika Serikat, Nick Pope mengatakan bahwa nampaknya benda tersebut bukan ilusi optik maupun efek kamera.

Spekulasi ini sempat dibantah oleh Samantha yang mengatakan bahwa dirinya melepaskan tali bahu sedikit dan terkejut saat melayang di atas kursi. Menurut ahli, hal ini tidak bisa diterima akal sehat karena astronot seharusnya memahami dan menyiapkan diri untuk hal tersebut terjadi.

2. Kisah Perjalanan Luar Angkasa, Jatuh dari Luar Angkasa

Apa jadinya jika ada manusia yang terjatuh dari luar angkasa? Hal ini dialami oleh Vladimir Komarov. Kala itu, ia menjadi astronot dari Uni Soviet yang pergi keluar angkasa lebih dari satu kali. Sayangnya, ia pun menjadi manusia pertama yang meninggal dunia karena perjalanan keluar angkasa.

Ia meninggal saat Soyuz, kapsul ruang angkasa yang membawanya jatuh ke tanah pada 24 April 1967 karena kegagalan parasut. Peristiwa ini dimulai dari perjalanan yang dilakukan sebagai peringatan 50 tahun berdirinya Uni Soviet. Leonid Brezhnev, pemimpin Uni Soviet kala itu ingin membuat aksi dengan dua pesawat ruang angkasa milik Soviet.

Uni Soviet membuat rencana dengan meluncurkan dua kendaraan luar angkasa dan melakukan docking orbital dramatis yang akhirnya memungkinkan astronot bergerak antar kapal. Vladimir Komarov pun dikirim untuk menjalankan rencana ini.

Setelah berhasil meluncur ke orbit, sayangnya pesawat ruang angkasa mengalami masalah di salah satu panel surya dan menyebabkan kekacauan pada alat navigasi. Masalah menjadi kompleks sehingga sistem kontrol termal pun mendadak merosot. Komunikasi dengan bumi pun menjadi tidak teratur.

Pusat kontrol memutuskan untuk membawa pulang Vladimir Komarov. Selama kurang lebih lima jam, Komarov berjuang untuk menyelamatkan diri. Akhirnya ia pun sukses memasuki atmosfer bumi. Saat melewatinya, parasut utama maupun cadangan sama sekali tidak keluar.

Soyuz 1 kemudian jatuh dengan kecepatan tinggi dari atmosfer bumi menuju sebuah padang rumput di Orenburg. Tubuhnya pun hancur tak bersisa begitu pula dengan pesawatnya. Banyak orang yang menduga bahwa pesawat yang dibawa oleh Komarov memang dalam kondisi rusak.

Sayangnya pemerintah tidak mau mengakuinya karena mengklaim bahwa pesawat tersebut adalah yang paling canggih. Hingga saat ini masih banyak peneliti yang mencoba memahami kecelakaan misterius ini sebab kerusakan yang dialami dianggap tak masuk akal.

Kisah perjalanan luar angkasa
Challenger Astronot

3. Kisah Perjalanan Luar Angkasa, Challenger

Ini merupakan salah satu kisah yang cukup terkenal. Mengapa disebut misterius? Sebab, Challenger meledak setelah 73 detik lepas landas. Jutaan warga dunia dan khususnya Amerika Serikat menyaksikan secara langsung tragedi dari peluncuran pesawat luar angkasa ini.

Kala itu, semua awak di dalamnya tewas seketika. Kecelakaan ini menjadi misteri karena seluruh awak tewas dalam hitungan detik setelah mereka melambai dan mengucapkan selamat tinggal. Ronald Reagan, presiden Amerika Serikat kala itu menyampaikan pidato khusus untuk ketujuh kru dengan mengutip puisi “High Flight”

Butuh waktu yang lama untuk mengungkapkan penyebab misterius dari kejadian ini. Kala itu para penyidik menyimpulkan bahwa segel ‘O-ring’ mengalami sebuah kegagalan fungsi karena hari tersebut sangat dingin. Banyak orang yang mengatakan bahwa NASA seharusnya mengetahui risiko tersebut.

Kejadian yang cukup misterius ini akhirnya sempat mengubah teknis dari lembaga antariksa tersebut. Bahkan kejadian ini sempat menghentikan program pesawat luar angkasa sampai dua tahun lamanya.

4. Misi Apollo yang Ternyata Memakan Korban

Seperti yang kita tahu, misi Apollo menjadi misi yang cukup terkenal dan membanggakan bagi warga dunia. Meski tidak memakan korban selama berada di luar angkasa, namun misi ini sempat menimbulkan kecelakaan fatal di bumi. Pada 27 Januari 1967, tiga astronot Apollo kala itu sedang melakukan tes modul komando. Sayangnya, terjadi kebakaran pada kokpit.

Para ahli menilai terdapat sejumlah kekeliruan seperti pemakaian oksigen murni di kabin, struktur fisik pesawat yang menjebak kru hingga strip Velcro yang mudah terbakar. Banyak orang berpendapat bahwa kisah perjalanan luar angkasa Apollo bisa berjalan lancar karena kebakaran ini. Jika tidak ada, bisa jadi tidak ada manusia yang menginjakkan kaki di bulan.

Kisah perjalanan luar angkasa
Peluncuran roket

5. Roket Diketuk oleh Sesuatu

Seorang astronot asal China sempat mengalami pengalaman aneh dan juga misterius ketika pergi ke luar angkasa. Perjalanan pada 2003 ini menimbulkan pengalaman tak biasa yaitu ia mengaku bahwa suara roketnya diketuk oleh sesuatu.

Astronot yang bernama Yang Liwei itu mengaku kisah perjalanan luar angkasa yang ia lakukan diwarnai hal aneh. Ia mendengar seseorang mengetuk badan pesawat. Bunyinya seperti besi yang sedang diketuk dengan palu. Ia pun sempat mengaku ketakutan dan mengintip ke luar pesawat.

Sayangnya ia gagal untuk melihat benda misterius tersebut. Namun, ia meyakini bahwa suara tersebut datang dari luar pesawat. Kehampaan di luar angkasa seharusnya membuat suara tidak bisa muncul. Perjalanan ke luar angkasa diyakini akan berjalan sangat sunyi sebab gelombang suara tidak memiliki media untuk bisa terdengar telinga manusia.

Kesimpulan

Kisah perjalanan luar angkasa memang tak selamanya berjalan mulus. Bisa jadi para astronot mengalami kejadian misterius yang bahkan bisa mengancam nyawa seseorang. Misteri ini akan terus dialami karena mungkin keterbatasan manusia memahami alam semesta.

Begitu banyak hal tak terduga terjadi di alam semesta. Kamu bisa mendapatkan informasi terkini seputar luar angkasa, ilmu astronomi dan alam semesta hanya di Bicara Indonesia.

Sumber :

  • 8 Kisah Horor Perjalanan ke Luar Angkasa – Liputan 6
  • Misterius! Rekaman Saat Astronot NASA Tiba-tiba Berteriak, Benarkah Melihat ‘Sesuatu’? – Tribunnews
  • Kisah Vladimir Komarov, Kosmonot yang Jatuh dari Luar Angkasa – Suara
  • Yang Liwei, Astronaut China yang Dengar Suara Ketukan Misterius di Luar Angkasa – Kumparan