6 Planet Paling Gelap dan Mengerikan di Alam Semesta

Di alam semesta ternyata terdapat planet paling gelap dan juga mengerikan. Planet ini tidak seperti Bumi yang bisa ditinggali manusia. Siapa sangka terdapat sederet planet yang cukup gelap dan juga memiliki karakteristik yang cukup mengerikan di alam semesta.

1. Planet Paling Gelap dan Mengerikan, TrES-2b

Banyak yang menyebut planet ini sebagai planet gas raksasa. Tak hanya banyak gas yang terkandung dalam planet ini.

Tak hanya itu saja, planet TrES-2b memiliki sebutan sebagai planet tergelap di alam semesta. Padahal planet ini tidak melakukan orbit yang terlalu jauh dari bintangnya. Namun, planet ini malah sangat gelap sehingga ia tidak memantulkan cahaya sama sekali.

2. Planet Paling Gelap dan Mengerikan, Ogle-2005-Blg-390lb

Ogle-2005-Blg-390lb

Salah satu penyebab planet Ogle-2005-Blg-390lb menjadi planet dingin karena memang posisi planetnya yang terlalu jauh dari bintang. Planet inipun dijuluki sebagai planet yang paling dingin di alam semesta.

Suhu permukaan dari planet ini bisa mencapai minus 220 derajat celcius. Semua permukaan planet tertutup oleh lapisan es yang tebal. Gunung es raksasa serta gletser dari dataran yang luas memenuhi permukaan planet ini.

Tentu saja tidak mungkin ada kehidupan di planet yang terletak dalam rasi Sagitarius ini. Namun, planet ini juga bisa punya suhu yang hangat. Gravitasi bulan menyebabkan pemanasan pasang surut sehingga planet lebih hangat.

3. Planet Paling Gelap dan Mengerikan, 55 Cancri e

Julukan yang cocok untuk planet ini adalah planet berlian. Mengapa demikian? Berlian membalut sebagian besar dari planet ini. Bahkan, jumlah granitnya lebih banyak daripada granit dan juga air.

Planet ini terletak 40 juta tahun cahaya dari Bumi. Planet 55 Cancri e mempunyai ukuran yang dua kali lebih besar dari Bumi.

Coba membayangkan betapa mengerikan planet yang besar serta memiliki banyak berlian. Tak heran bila massa dari planet ini delapan kali lebih berat daripada bumi.

4. Hd 189733b

Hd 189733b
Hd 189733b

Planet ini memiliki ukuran sedikit lebih besar daripada Jupiter dan terletak sekitar 62 tahun cahaya dari Bumi.

Karakteristik dari planet ini bisa dibilang cukup mengerikan. Sebut saja dari suhunya yang bisa mencapai lebih dari 900 derajat celcius. Sementara itu, kecepatan angin mencapai 2 kilometer per detik.

Uniknya, planet ini mengalami hujan kaca. Biasanya akan diikuti dengan kecepatan angin yang begitu cepat. Kondisi inilah yang membuat planet Hd 189733b ini masuk ke dalam kategori planet yang mengerikan.

Bila dilihat dari luar, planet ini memiliki warna biru. Warna tersebut terdiri dari atom dan juga partikel silikat.

5. Hat-P-7b

Planet yang memiliki jarak dari bumi sekitar 1.000 tahun cahaya ini berada di rasi Cygnus. Pada sisi malam harinya terdapat endapan aluminium oksida yang cukup tinggi pada bagian atmosfer. Kondisi ini yang membuat permata korundum menghujani planet.

Pada malam hari akan terjadi hujan rubi dan safir. Badai yang hebat bisa membuat rubi dan safir tersebut benar-benar berada di seluruh planet. Bahkan dapat menyerang planet yang sedang dalam kondisi siang hari sekalipun.

6. Wasp-12b

Wasp-12b
Wasp-12b

Ilmuwan menyebut ini sebagai planet paling gelap dan mengerikan. Apalagi, posisinya ada di bagian luar. Di siang hari, planet ini justru akan menyerap cahaya ke inti planet.

Umumnya, planet akan memantulkan cahaya ke angkasa supaya memberikan cahaya bagi planet itu sendiri. Namun, sebanyak 94% cahaya bintang yang jatuh ke atmosfer justru diserap oleh planet ini.

Tak heran jika permukaan planetnya memiliki suhu tinggi. Temperatur atmosfer planet di siang hari berada di suhi 8.312 derajat celcius. Sementara malam hari, suhunya turun menjadi 3.992 derajat celcius. Apakah kamu bisa membayangkan panasnya?

Kesimpulan

Ternyata alam semesta menyimpan begitu banyak misteri. Tak heran jika ada planet paling gelap dan mengerikan seperti deretan planet di atas. Apalagi tentu tidak terbayang tinggal di berbagai planet yang punya karakteristik mengerikan.

Nah, kamu bisa mengetahui lebih jauh mengenai berbagai karakteristik planet di alam semesta. Di Bicara Indonesia akan mengulas berbagai kondisi planet beserta fakta menarik seputar alam semesta. Jangan sampai ketinggalan ya! 

Sumber :

  • 5 Planet di Luar Tata Surya yang Aneh dan Mengerikan – Kumparan
  • 5 Planet Paling Mengerikan di Alam Semesta – Liputan 6