8 Kota yang Paling Misterius di Dunia

Tahukah kamu bahwa ada kota yang paling misterius di seluruh penjuru dunia? Deretan kota ini memiliki banyak rahasia yang cukup membuat orang bertanya-tanya hingga menguak berbagai misteri yang cukup menyeramkan.

1. Kota yang Paling Misterius, Garnet

Kota Garnet berada di Amerika Serikat. Garnet merupakan tempat tinggal bagi para penambang emas yang cukup ramai. Siapa sangka kota ini menjadi kota hantu yang berada di bagian Montana. Kota ini ditinggalkan oleh para penghuninya sekitar tahun 1900-an di saat emas sudah tidak ditemukan lagi.

Hingga saat ini kota menjadi misterius karena tidak ada orang yang mau tinggal di sana. Orang yang mengunjungi kota ini sering mendengarkan suara misterius yaitu suara piano yang tidak jelas dari mana. Sementara banyak orang yang bertemu dengan penampakan misterius atau suara aneh.

Kota yang paling misterius
Garnet

Ahli sejarah Ellen Baumler mengungkapkan bahwa makhluk misterius dalam kota ini bersembunyi dalam bayangan dan keluar di saat tidak terduga. Meski dijuluki sebagai kota yang misterius, Garnet masih memiliki banyak pengunjung hingga 16 ribu orang setiap tahunnya.

2. Kota yang Paling Misterius, Roanoke

Sebuah kota di Pulau Roanoke memiliki berbagai kisah misterius. Kisah ini bermula dari sekelompok orang Inggris yang membangun koloni baru dan dipimpin oleh Kapten Jhon White pada 1587. White kembali ke Inggris untuk membeli berbagai perbekalan.

Setelah ia kembali ke pulau tersebut, siapa sangka tempat itu dalam kondisi runtuh dan tidak ada jejak satupun dari keluarganya. Kemudian ia menemukan ukiran di pohon yang bertuliskan “Croatoan”. Sampai saat ini tidak ada orang yang mengetahui arti sebenarnya dari tulisan tersebut.

3. Kota yang Paling Misterius, Poveglia

Kota berikutnya berada di Italia. Dahulu, tempat ini dihuni oleh ratusan keluarga yang terhitung makmur. Namun kondisi berubah ketika ada penyebaran penyakit menular dan wabah pes yang cukup menelan banyak korban jiwa. Kota ini pun langsung berubah menjadi tempat berkumpul para penderita wabah.

Demi keamanan bersama, tempat ini ditinggalkan sejak 1968. Tempat tersebut sudah ada tidak ada penghuninya sampai sekarang. Maka tak heran jika tempat itu disebut tempat paling berhantu di Eropa. Banyak orang percaya bahwa tempat itu masih menyimpan banyak penyakit.

Kota yang paling misterius
Wittenoom

4. Kota yang Paling Misterius, Wittenoom

Wittenoom merupakan kota kecil di Australia yang harus ditinggalkan oleh penghuninya. Pemerintah menutup kota ini karena warga yang tinggal sakit-sakitan. Hal ini disebabkan oleh udara yang kotor. Disisi lain, Wittenoom sangat terkenal dengan tambang asbes. Pada tahun 1950-an kota ini merupakan satu-satunya pemasok asbes biru di Australia.

5. Timbuktu, Mali Utara

Pada 2012 sebuah kejadian tak terduga terjadi yaitu konflik bersenjata. Konflik ini melibatkan Mali di bagian utara dan selatan. Para pasukan bersenjata ini menyerang Timbuktu dan merusak makam sakral di sana. Pasukan tersebut bahkan merusak dan meledakkan pintu di Masjid Sidi Yahya.

Legenda setempat mengatakan bahwa jika pintu di masjid tersebut terbuka maka tanda dunia akan berakhir. Pintu yang dianggap sakral tersebut sudah berusia 600 tahun. Sejak saat itu, penduduk setempat langsung mengalami berbagai kekacauan. Sebab kota tersebut juga dipercaya menjalani hidup dalam kutukan.

6. Centralia di Pennsylvania

Kota yang terletak di Amerika Serikat ini ternyata sudah 60 tahun diabaikan. Kota ini mendadak menjadi kota yang paling misterius karena kebakaran tambang batubara. Pada 2017, kota ini ditinggali oleh tujuh orang. Uniknya ketujuh orang ini berjuang dengan keras untuk tetap tinggal di kota tersebut sampai ujung hayat.

Kota yang paling misterius
Butugychag

7. Butugychag, Rusia

Salah satu alasan mengapa Butugychag menjadi kota yang paling misterius karena sering disebut lembah kematian. Banyak orang yang datang ke kota ini dan menemukan banyak tulang manusia. Bahkan sempat ada masa di mana semua kawanan rusa mati setelah memakan rumput di kota tersebut.

Sekitar tahun 1945 sampai 1955, kota ini sempat dijadikan kamp penjara. Para tahanan di sana dipaksa untuk menambang uranium yang ternyata banyak ditemukan di kota mematikan itu. Kurang lebih 400 ribu tahanan meninggal dunia dengan kondisi mengenaskan

Kematian mereka dipercaya karena radiasi yang ada di dalam kota tersebut. Banyak orang percaya bahwa kota ini juga menjadi tempat riset medis yang rahasia milik pemerintah. Hingga saat ini tidak ada orang yang boleh masuk ke Butugychag karena level radiasinya yang amat membahayakan.

8. Oradour-sur-Glane, Perancis

Pada zaman Nazi, sebanyak 600 orang di kota ini dibunuh secara kejam. Para korbannya dikunci dalam gudang dan lumbung. Tentara Nazi pun langsung membakar bangunan tersebut. Saat itu banyak yang mencoba kabur namun naas malah langsung ditembak mati.

Dari peristiwa yang mengerikan itu, hanya ada tujuh orang penduduk desa selamat. Bahkan enam di antaranya bersembunyi di balik tubuh tetangga yang sudah tidak bernyawa. Desa ini menjadi misterius karena tidak pernah dibangun kembali. Bahkan, kini ia menjadi memorial permanen bagi para korban. Selain itu, kota ini juga menjadi saksi sejarah untuk kekejaman Nazi.

Kesimpulan

Berbagai kota yang paling misterius mengalami berbagai peristiwa aneh. Mulai dari karena penyakit, tindak kekerasan oleh penjajah hingga lokasinya yang memang membahayakan. Sejarah memang memberikan kisah tersendiri yang menarik untuk disimak.

Masih ada banyak kisah misterius seputar sejarah atau kejadian masa lalu. Semua informasi dan kisah tersebut bisa kamu dapatkan hanya di Bicara Indonesia. Jangan sampai ketinggalan informasinya!

Sumber :

  • 15 Tempat Misterius di Dunia, Kota Terkutuk sampai ‘Pembuangan’ Orang Sakit – Kompas
  • Misteri 8 Tempat Paling Aneh di Dunia, Unik dan Bikin Penasaran – Grid Kids
  • 10 Kota Hantu yang Benar-Benar Ada di Dunia – Boombastis
  • 8 Kota Mati Paling Menyeramkan di Dunia, Ada di Indonesia? – Liputan 6