Halo Semuanya, Gimana kabarnya hari ini? Kembali lagi bersama channel Bicara yang selalu memberikan informasi menarik tentang astronomi yang sayang kalau dilewatkan. Berbeda dengan video sebelumnya, kali ini channel Bicara akan membahas soal revolusi terpenting yang pernah terjadi sepanjang sejarah.

Seperti yang kita tahu, sebelum masuk ke masa modern yang serba canggih seperti sekarang, dunia punya sejarah yang panjang. Banyak terjadi peperangan, pertempuran, dan perebutan kekuasaan yang melahirkan rezim-rezim baru. Nah, kali ini kita akan belajar tentang sejarah dunia apa saja revolusi terpenting dalam sejarah dunia? Apa dampaknya untuk kehidupan kita hari ini? Daripada penasaran, saksikan video ini sampai habis ok.

10. Revolusi Komunis China

Sebelum menjadi negara komunis, ada 2 partai besar yang berkuasa di China, yaitu Partai Komunis China dan Partai Nasional atau Kuomintang. Sejak tahun 1920-an, kedua partai ini sering terlibat perselisihan. Ketika Perang Dunia II berakhir, kedua partai kembali terlibat perang saudara yang tidak berkesudahan.

Akhirnya, pada tanggal 1 Oktober 1949, pemimpin partai komunis Mao Zedong mendeklarasikan pembentukan Republik Rakyat Cina, seperti yang kita kenal hari ini. Perubahan negara Cina menjadi komunis membuat Amerika Serikat memutuskan hubungan diplomatis selama beberapa dekade.

9. Revolusi Iran

Revolusi Iran juga dikenal dengan nama Revolusi Islam. Revolusi terjadi ketika pada tahun 1978 rakyat Iran menggelar banyak demonstrasi untuk memprotes dinasti Pahlavi yang didukung oleh Amerika Serikat. Protes ini berakhir ketika pemimpin mereka, Reza Shah Pahlavi, lengser pada tahun 1979.

Revolusi Iran menarik perhatian dunia karena banyaknya mahasiswa yang terlibat pada aksi demonstrasi. Setelah dinasti Pahlavi lengser, Iran berubah menjadi negara Islam. Sayyid Ayatollah Ruhollah Khomeini menjadi pemimpin agung pertama negara tersebut.

8. Revolusi Haiti

Revolusi Haiti adalah peperangan melawan perbudakan yang berlangsung selama 12 tahun, mulai 21 Agustus 1791 hingga 1 Januari 1804. Sebelum revolusi,  Haiti bernama Santa Domingo, bagian dari koloni Perancis.

Ratusan nyawa dikorbankan dalam revolusi ini. Revolusi perbudakan di Haiti memicu munculnya gerakan hak sipil pada abad ke 20.

7. Revolusi Industri

Revolusi industri membawa dampak bagi kehidupan manusia secara global. Semua dimulai pada awal abad 19, dimana seluruh industri mulai mengganti tenaga manusia dengan tenaga mesin.

Setelah ditelusuri, revolusi ini dimulai dari negara Inggris. Dampak dari revolusi industri masih dirasakan oleh masyarakat dunia hingga saat ini, sampai sekarang kita sudah berada di revolusi industi 4 di mana perubahan analog menjadi digital dan menuju revolusi industri 5.

6. Revolusi 1848

Revolusi yang terjadi pada 1848 adalah serangkaian pergolakan politik yang terjadi di seluruh Eropa. Revolusi ini adalah yang terbesar di benua biru tersebut karena melibatkan negara-negara besar seperti Perancis, Jerman, Italia, Polandia, Hungaria, dan Austria.

Meski demikian, negara-negara tersebut tidak bekerja sama dalam revolusi ini. Revolusi 1848 adalah titik awal perkembangan demokrasi di Eropa.

5. Revolusi Kuba

Revolusi Kuba berlangsung selama 5 tahun, sejak 26 Juli 1953 sampai 1 Januari 1959. Pemicunya adalah tingginya angka pengangguran, inflasi terus meningkat, dan minimnya ketersediaan air.

Pemberontakan ini dipimpin oleh Fidel Castro, Raul Castro, dan Che Guevara. Mereka memulai gerakan sporadis melawan pemerintah dan berhasil mengambil alih kendali negara pada 1 Januari 1959.

4. Revolusi Xinhai

Revolusi Xinhai yang terjadi tahun 1911 di China menandai runtuhnya dinasti kerajaan terakhir, Dinasti Qing. Revolusi ini menjadi tonggak sejarah penting dalam pembentukan masyarakat China yang lebih modern, sekaligus menjadi saat paling brutal dalam sejarah negara tersebut.

Semua bermula dari ketidaksukaan publik yang semakin menjadi karena kebijakan Dinasti Qing yang kuno dan tidak bisa membawa China ke arah yang lebih modern. Tuduhan ini muncul setelah China kalah dari peperangan melawan Jepang tahun 1895. Revolusi ini sangat penting, karena menandai berakhirnya dinasti yang telah turun temurun berkuasa selama ratusan tahun.

3. Revolusi Perancis

Revolusi Perancis berlangsung selama 10 tahun, mulai 1789 sampai 1799. Peristiwa ini membawa perubahan besar pada sejarah modern Perancis dan Eropa.

Kesenjangan sosial dan ekonomi disebut-sebut sebagai pemicunya. Krisis tersebut akibat keterlibatan Perancis dalam peperangan mancanegara seperti Perang Revolusioner Amerika dan Perang Tujuh Tahun. Akibat dari revolusi ini, Perancis berubah dari kerajaan menjadi negara demokrasi.

2. Revolusi Amerika

Revolusi Amerika terjadi antara tahun 1765 dan 1783. Dimulai dari penolakan masyarakat kolonial Amerika untuk mengakui kekuasaan Raja Inggris. Keputusan Parlemen Inggris yang memaksakan pajak membuat para koloni kesal.

Sebagai bentuk pemberontakan, mereka menghancurkan kiriman teh dari East India Company di Pelabuhan Boston.

Akibat pemberontakan ini, kaum kolonis terpecah menjadi dua: mereka yang menentang dan memihak Inggris. Pertikaian ini mengundang pemain internasional seperti Perancis, Belanda, dan Spanyol untuk ikut serta. Terjadilah Perang Revolusi Amerika mulai tahun 1775-1783.

Setelah memenangkan peperangan ini, Amerika berdiri sebagai negara independen hingga saat ini.

1. Revolusi Rusia

Revolusi Rusia meliputi 2 peristiwa yang terjadi pada bulan Februari dan Oktober tahun 1917. Revolusi pertama di bulan Februari berpusat di ibukota lama, Petrograd, dan menyebabkan runtuhnya kekaisaran Rusia. Penguasa saat itu, Kaisar Nicholas II mengundurkan diri dari jabatannya. Setelah itu, pemerintahan sementara dibangun untuk mengatur kehidupan negara.

Revolusi tahap kedua pada bulan Oktober dipimpin oleh Vladimir Lenin. Perubahan besar pada tahap ini adalah penunjukan Moscow sebagai ibukota yang baru dan bentuk negara menjadi negara komunis.

Kesimpulan

Nah, itu dia revolusi terpenting dalam sejarah yang membentuk dunia yang kita kenal hari ini. Gimana pembahasan barusan? Pasti sangat menambah wawasan kamu dong, semoga informasi barusan bisa bermanfaat ya.

enggak kerasa kita sudah di akhir video ya, jangan lupa pantengin terus channel Bicara untuk video-video lain yang tidak kalah menarik. Supaya tidak ketinggalan video selanjutnya ayok tekan tombol subscribenya ya, selain kamu dapat notifikasi video baru kamu juga mendukung channel bicara agar tetap terus memberikan informasi yang menarik, terakhir terimakasih sudah menonton video ini sampai habis dan sampai jumpa lagi di video selanjutnya hanya di channel bicara bye-bye

Sumber

  • The 10 Most Important Revolutions In History – World Hitory (diakses pada 19 Maret 2019)