Halo Semuanya Kembali Lagi Bersama Channel Bicara. Gimana kabarnya hari ini? Berjumpa lagi di Channel Bicara yang selalu memberikan pengetahuan baru dengan cara yang unik dan asyik banget. Kali ini kita masih membahas soal astronomi.

Kalian semua pasti pernah dengar tentang Blackhole atau lubang hitam, kan? Konon, lubang hitam ini punya kekuatan dahsyat yang bisa menyedot seluruh isi alam semesta ini! Duh, ngeri bangetya? Daya gravitasi black hole yang sangat luar biasa ini benar-benar membahayakan semua komponen alam semesta yang nggak sengaja melewatinya.

Ilustrasi Blackhole

selain blackhole ada juga wormhole tapi pembahasan kita kali ini akan lebih fokus kepada fakta fakta menarik mengenai blackhole ini berikut ini adalah fakta fakta mengenai blackhole

Blackhole Tidak Kasat Mata

Black hole atau lubang hitam yang berwarna hitam ini nggak bisa dilihat langsung secara kasat mata. Tidak ada setitik pun cahaya yang bisa menembus kegelapan di dalamnya. Satu-satunya cara untuk mengetahui ada tidaknya black hole adalah dengan merasakan kehadirannya.

Misalnya nih, kalau ada satu bintang yang tidak sengaja berada di dekat black hole, secara otomatis bintang tersebut akan tersedot dan hancur berantakan. Bintang yang dihancurkan oleh black hole akan memanas dan bersinar sangat terang.

Hati-hati! Ada Black Hole di Galaksi Kita

Pernahkah kalian membayangkan, gimana ya kalau Bumi kita ini nggak sengaja melewati black hole? Apa kita akan ikut tertelan juga? Untungnya, lokasi Bumi sangat jauh dari black hole. Menurut para astronom, di galaksi kita memang ada black hole, tapi jaraknya jauh dari Bumi. Meski demikian, kita masih bisa mengamati efek dari black hole ini. Ukuran black hole di galaksi Bima Sakti 4 juta kali lebih besar dari Matahari lho!

Bintang yang Mati Bisa Menjadi Black Hole

Sama seperti manusia, bintang juga ada umurnya lho. Bintang yang diambang kematian akan berubah menjadi white dwarf atau bintang kerdil sebelum akhirnya meledak dan menjadi supernova. Nah, sisa-sisa ledakan ini akan berkumpul dan menyatu. Tempat bersatunya serpihan bintang ini punya kepadatan yang luar biasa dan tidak bervolume, sama seperti black hole.

Black Holes Punya Ukuran Berbeda-Beda

Menurut NASA, ada 3 ukuran black holes di alam semesta ini. Yang paling kecil bernama Primordial Black Holes yang besarnya sama seperti gunung. Yang lebih besar lagi ada Stellar Black Holes. Jenis ini adalah yang paling banyak ditemukan di alam semesta. Ukurannya 20 kali lebih besar dari Matahari dan tersebar di berbagai sudut galaksi kita.

Yang paling besar adalah Supermassive Black Holes. Ukurannya lebih dari 1 juta kali lipat dari Matahari! Bagaimana Supermassive Black Holes bisa terbentuk masih menjadi misteri hingga saat ini.

Black Hole Terdekat Berjarak 1.600 Tahun Cahaya dari Bumi

Kamu pasti penasaran kan, ada nggak ya black hole yang dekat dengan Bumi? Ada! Jaraknya sejauh 1.600 tahun cahaya. Dengan hitungan 1 tahun cahaya sama dengan 10 triliun tahun, black hole ini tidak termasuk berbahaya untuk Bumi. Namun jarak ini ternyata lebih dekat dari perkiraan para ilmuwan lho!  Penelitian mengenai jarak Bumi dengan black hole terdekat ini terus dilakukan dan hasil terbaru menunjukkan bahwa ada selisih 20.000 tahun cahaya lebih jauh dari temuan awal.

Black Hole Cuma Bahaya Kalau Didekati

Black hole bisa diibaratkan seperti singa yang ada di dalam kandang. Selama kita tidak mendekat, singa tersebut tidak berbahaya. Black hole bisa diamati dari kejauhan dan tidak berbahaya. Tapi kalau kita mendekat, maka seketika kita akan merasakan dampaknya. Jadi, mitos bahwa black hole bisa menyedot seluruh alam semesta ini bisa dikatakan mustahil.

Black Hole Jadi Topik Menarik Film Sci-Fi

Misteri black hole yang tidak terpecahkan ini ternyata menarik pada pelaku seni. Banyak film yang secara khusus mengambil tema black hole dan dunia luar angkasa. Misalnya seperti Interstellar dan Star Trek. Kamu yang penasaran seperti apa rupa black hole bisa menonton film-film itu.

Nah, itu dia fakta-fakta menarik tentang black hole. Ngeri ya? Black hole sendiri masih jadi misteri hingga saat ini. Di masa depan pasti ada lebih banyak lagi fakta unik tentang lubang hitam raksasa ini. Sekian dulu ya, video dari Channel Bicara. simak terus dan pantengin terus cerita dari bicara dan jangan lupa subscribe juga youtube channel bicara supaya enggak ketinggalan video terbaru

Sumber:

Nasa Science Gov. Black Holes | Science Mission Directorate (diakses 6 Maret 2019)