Halo, semuanya. kembali lagi bersama channel bicara kali ini Channel Bicara hadir lagi untuk kalian. Hmm, kira-kira apa yaa yang akan dibahas kali ini? Masih seputar topik astronomi, nih. Channel Bicara akan membahas 7 fenomena astronomis yang langka dan menakjubkan, fenomena fenomena ini pernah terjadi dan kejadinya sangat langka namun beberapa ada yang berhasil di abadikan momentnya penasaran kan dengan fenomena astronomi apa saja? yang di maksud dari pada penasaran mari kita saksikan video ini selengkapnya ok.

  1. Penampakan Komet Churyumov-Gerasimenko

Komet yang satu ini melintasi Matahari setiap 6 tahun sekali. Pertama kali ditemukan pada tahun 1969, komet ini memulai perjalanannya dari planet Neptunus. Bentuk awal komet ini adalah bongkahan es. Dalam perjalanannya melintasi Jupiter hingga Bumi, komet Churyumov-Gerasimenko terpengaruh oleh gaya gravitasi 3 planet yang besar.

Ketika ia semakin dekat dengan Matahari, semua partikel es-nya menyublim karena panas. Komet ini meninggalkan jejak debu tebal selama pada ruang yang dilewatinya.

  1. Hujan Meteor Leonid

Hujan meteor bukan Cuma ada di film, tapi sungguhan terjadi lho. Hujan meteor Leonid terjadi ketika Bumi melintasi orbit komet Tempel-Tuttle. Komet ini melintasi Matahari setiap 33 tahun sekali. Ketika hujan terjadi, ada sekitar 1000 meteor yang melintas setiap jam-nya, nah penampakan ini juga sangat keren dan indah di langit bumi.

  1. Komet Halley

Komet Halley ditemukan oleh Edmund Halley pada tahun 1531. Komet ini termasuk sangat langka karena melintasi bumi setiap 75 tahun sekali. Orbit komet berbentuk elips yang sangat indah. Jarak terdekat Komet Halley dengan Matahari adalah 46 juta mil, sementara jarak terjauhnya adalah 35 unit astronomis. (unit astronomis adalah satuan yang menunjuakn suatu jarak di antariksa 1 unit astronomi berjakara 1.496e+8 KM atau setara 150 juta Kilometer)

Ukuran komet ini cukup besar, dengan panjang mencapai 9 mil dan lebar 5 mil, serta dapat dilihat dari Bumi dengan mata telanjang! Kunjungan terakhir komet Halley ke bumi pada tahun 1986, dan akan muncul lagi di tahun 2061. Wah, masih lama ya.

  1. Planet yang Berjajar

Fenomena beberapa planet yang berjajar membentuk garis lurus sangat langka terjadi di alam semesta. Saat planet berjajar, itu artinya orbit mereka bertemu saat sedang melintasi Matahari. Diprediksi orbit Mars, Merkurius, Venus, Jupiter, Saturnus, dan Bulan akan bertemu pada tahun 2040 nanti.

Fenomena seperti ini pernah terjadi pada tahun 2000, dimana orbit 5 planet yaitu Mars, Saturnus, Venus, Merkurius, dan Jupiter bertemu. Sementara pada 2011 dan 2015, ditemukan Jupiter, Merkurius, dan Venus berjajar.

  1. Badai Putih Besar Saturnus

Dalam setiap 30 tahun Bumi, akan terjadi badai besar di sisi Utara hemisfer planet Saturnus. Peristiwa ini sangat langka, sehingga menjadi fenoma astronomi yang mengejutkan. Badai putih tersbentuk amoniak yang membentuk awan, menyebabkan petir dan kilat. Besar awan yang terbentuk saat badai mencapai separuh dari diameter Bumi!

Ketika badai terjadi, terbentuk lebih dari 10 benang kilat setiap detik di langit Saturnus dengan panjang mencapai 10 ribu mil. Semua kilat ini menyebabkan kadar air yang ada di Saturnus menguap. Badai putih besar di Saturnus memiliki kekuatan 10 ribu kali lipat disbanding kan badai di Bumi.

  1. Blue Moon

Fenomena lain yang belakangan ini ramai dibicarakan adalah Blue Moon atau bulan biru yang terjadi tiap 2 tahun sekali. Namun kejadian ini sangat jarang terjadi. Warna Bulan yang berubah menjadi biru dipengaruhi oleh partikel warna yang ada di atmosfer Bumi. Misalnya saja saat terjadi ledakan gunung Krakatu di Indonesia pada tahun 1883, atmosfer Bumi dipenuhi abu gelap dan tebal, menyebabkan warna Bulan menjadi biru selama sehari penuh.

  1. Gerhana Matahari Total

Gerhana Matahari bukan fenomena langka di Bumi, namun gerhana matahari total sangat jarang terlihat. Gerhana matahari terjadi saat bulan menutup matahari secara menyeluruh selama beberapa menit saja. Fenomena ini terjadi terakhir kali pada November 2012 dan tidak akan terjadi lagi selama 138 tahun ke depan. nah kejadian gerhana matahri total ini di minati oleh masyarakat indonesia karna memang pada saat itu gerhana matahari total melintasi negara indonesia, banyak orang ber bondong bondong memawa teleskop dan berbagai macam peralatan untuk melihat ini nah Kalian sempat lihat tidak?, bagi yang tidak sempat mari kita tunggu 138 tahun kedepan ya untuk melihat gerhana matahari total itu seperti apa.

Nah, itu tadi bahasan tentang 7 fenomena astronomi yang sangat langka di alam semesta. Menarik sekali bukan?  nah menurut kalian bagaimana? apakah kalian pernah melihat salah satu fenomena barusan? jika pernah tuliskan cerita kalian di kolom komentar di bawah ini ya dan terus ikuti video lain dari channel Bicara yang masih membahas tentang astronomi, bagi yang belum subscribe klik tombol subscribe ya karna video selanjutnya masih tentang astronomi lagi loh dan terakhir  Terima kasih sudah menonton video ini sampai habis dan sampai jumpa di video channel Bicara lainnya ya!

Sumber:

10 Rarest And Amazing Astronomical Events (Diakses pada 13 Maret 2019) – The Mysterious World