7 Hal Teraneh yang Pernah Ditemukan di Benua Antartika

Well Well Well Halo semuanya kembali lagi bersama channel ilmu pengetahuan paling kece se antero youtube apa lagi kalo bukan channel bicara, Kali ini channel bicara hadir dengan topik yang menarik yaitu tentang benua Antartika, yes benua paling ujung di bumi.

Nah, kalian semua pasti tahu dong Antartika adalah salah satu tempat paling misterius yang pernah ditemukan di Bumi. Antartika adalah sebuah benua yang keseluruhan daratannya berupa es! Hmm, tidak heran Antartika dijuluki tempat paling dingin di dunia. Rata-rata temperatur di Antartika mencapai -50 derajat celcius. Sementara suhu terdingin di benua itu bisa mencapai -89.2 derajat celcius.

Antartika bisa dibilang benua yang sangat unik. Saking dinginnya, tempat ini tidak banyak dijelajah oleh manusia. Tidak ada negara di sana dan tidak ada zona waktu. Itulah mengapa segala hal berbau Antartika selalu menarik untuk dibahas. mulai dari penemuan tengkorak manusia sampai penemuan berahu misterius berikut ini adalah 7 Hal Teraneh Yang Pernah di temukan di antartika.

7.  Tengkorak Manusia Berbentuk Lonjong

Penemuan yang satu ini sangat mengejutkan bagi para ilmuwan. Pada tahun 2014, arkeolog menemukan 3 tengkorak lonjong di benua Antartika. Tengkorak ini adalah jejak manusia pertama yang pernah ditemuka di sana. Yang paling aneh adalah, bentuk tengkorak yang tidak biasa.

Bentuk tengkorak yang ditemukan di Antartika mirip dengan yang ditemukan di dalam Piramida Mesir dan tempat lain di dunia yang memiliki peradaban masa lampau. Penemuan ini membuktikan bahwa pernah ada hubungan antara Afrika, Amerika Utara, dan Antartika.

6. Fosil Dinosaurus

Sejak tahun 1980-an, para ilmuwan telah banyak menemukan fosil hewan purba di Antartika yang rata-rata berusia lebih dari 71 juta tahun. Kebanyakan fosil yang ditemukan adalah burung dan hewan laut purba seperti ikan raksasa Mosasaurus dan Plesiosaurus.

Dengan ditemukannya fosil tersebut, diketahui dinosaurus hidup di Bumi sekitar 70 hingga 200 juta tahun lalu. Saat itu, suhu di Bumi masih lebih hangat dari sekarang sehingga memungkinkan hewan purba itu untuk hidup. Selain itu, semua daratan di Bumi masih bersatu dan Antartika terletak di sebelah selatan Samudera Pasifik.

5. Air Terjun Berdarah

Di Antartika, terdapat ada sebuah gletser unik bernama Taylor. Tidak seperti gletser lain yang berwarna putih, gletser Taylor berwarna merah! Tidak heran gletser Taylor sering disebut air terjun berdarah.

Setelah diteliti, aliran air yang membeku pada gletser ini mengandung banyak besi oksida yang menyebabkan warnanya menjadi merah. Sumber dari air terjun ini adalah sebuah danau yang airnya sangat asin. Kadar garam di danau tersebut 4 kali lipat lebih banyak dari kadar garam di lautan. Hal ini juga menyebabkan suhu danau dan air terjun berdarah sangat dingin, mencapai -10 derajat celcius.

4. Lembah Paling Kering di Dunia

Namanya juga benua es, kalian pasti berpikir di Antartika tidak akan kekurangan air. Nyatanya, di Antartika ada satu tempat yang dijuluki tempat paling gersang di dunia, yaitu Dry Valley atau Lembah Kering. Ditemukan pada tahun 1903, lembah ini punya tingkat kelembaban yang sangat rendah, dan hamper tidak ada atau salju sama sekali di sana!

Selama lebih dari 2 juta tahun, tidak pernah turun hujan di Lembah Kering karena kondisi angina yang sangat ekstrim. Keringnya wilayah ini setara dengan kondisi yang sama seperti di planet Mars.

3. Makhluk Menyeramkan di Dalam Es

Seorang arkeolog asal Amerika pernah menemukan fosil makhluk menyeramkan di kedalaman 335 meter benua Antartika. Bentuknya sangat aneh dan belum pernah dijumpai di Bumi. Makhluk dengan panjang 20 cm ini dipenuhi dengan tulang-tulang yang menonjol di seluruh tubuhnya.

Hingga sekarang, penemuan ini masih menjadi misteri yang tidak terpecahkan.

2. Danau Cair di Bawah Lautan Es

Di Antartika, terdapat lebih dari 400 danau yang ajaibnya tidak menjadi es. Danau yang ditemukan ini semua berada di bawah lapisan es tebal. Namun karena terpengaruh inti bumi yang suhunya sangat panas, danau ini tidak membeku meski temperatur di Antartika berada di bawah 0 derajat celcius.

1. Perahu yang Membeku

Di masa lalu, tepatnya tahun 1914, dimulai sebuah ekspedisi menyeberangi Antartika. Ada 2 perahu yang ikut dalam pelayaran ini, yaitu Endurance dan Aurora. Namun, perahu pertama yaitu Endurance menabrak gunung es. Semua awak kapal yang berjumlah 28 orang selamat dari tragedi tersebut dan berhasil bertahan hidup hingga 17 bulan sampai sekelompok penyelamat dating.

Namun, kapal Endurance tetap membeku di atas es hingga kini.

Kesimpulan

nah barusan tadi itu adalah 7 hal aneh yang pernah di temukan di benua antartika ini. Hingga hari ini, para ilmuwan masih terus berusaha menyingkap misteri yang tersembunyi di balik benua putih itu. Di masa depan, bukan tidak mungkin akan ada penemuan-penemuan lain yang menakjubkan di balik es benua Antartika.

nah jadi gimana pembahasan tentang misteri benua antartika ini seru banget kan?. kalau seru jangan lupa pantengin terus channel Bicara untuk video-video lain yang tidak kalah menarik. Supaya tidak ketinggalan video selanjutnya ayok tekan tombol subscribenya ya, selain kamu dapat notifikasi video baru kamu juga mendukung channel bicara agar tetap terus memberikan informasi yang menarik, terakhir terimakasih sudah menonton video ini sampai habis dan sampai jumpa lagi di video selanjutnya hanya di channel bicara bye-bye

Sumber

10 Strange Things Found Frozen In Ice Antarctica (Diakses pada 19 Maret 2019)