Apa yang akan terjadi jika manusia punah?

Oke semuanya. Gimana kabar kalian hari ini? Channel Bicara kembali hadir ke hadapan kalian semua pastinya dengan video yang sangat menarik dan informatif. Nah, kalau selama ini channel Bicara sering membahas tentang planet planet lain di alam semesta, kali ini channel Bicara akan membahas tentang Bumi.

Well, lebih tepatnya makhluk yang menghuni Bumi yaitu manusia. Selama ini kita sering berandai-andai gimana jadinya kalau manusia punah. Karena jumlah manusia di dunia ini sekitar 7 miliar dan bertambah terus, rasanya ras manusia masih bisa bertahan lama di dunia.

Tapi, kalau tiba-tiba semua manusia yang hidup menghilang dalam waktu bersamaan gimana dong? Apa jadinya Bumi tanpa manusia? Lebih  buruk, atau justru lebih baik. Hmm, menarik juga ya.

nah penasaran kan? apa yang akan terjadi dengan bumi? nah daripada penasaran saksikan video ini sampai habis ya

Bumi gelap gulita

Aliran listrik di Bumi bersumber dari pembangkit yang dikelola manusia. Jika tidak ada manusis, semua pembangkit akan kehabisan bahan bakar dan semua listrik di Bumi akan padam. Akibatnya Bumi akan gelap gulita dan menjadi planet mati.

Langit di bumi cerah kembali

Setelah gelap gulita selama berbulan-bulan, langit Bumi akan kembali cerah 1 tahun setelah manusia punah. Kenapa? Karena semua benda yang pernah dikirim manusia ke luar angkasa seperti satelit dan stasiun luar angkasa akan mulai terbakar dan berjatuhan ke Bumi. jadi cerah dengan kilauan dan jatuhan satelit di angkasa.

Munculnya spesies baru

Semua ciptaan manusia seperti pembangkit yang mengandung bahan kimia akan mengeluarkan gas beracun, stasiun nuklir akan terus memanas hingga meledak. Ledakannya diperkirakan lebih parah dari Chernobyl. Paparan bahan kimia yang berlebihan ini bisa menyebabkan mutasi genetik pada hewan dan tumbuhan hingga tercipta spesies baru.

Bumi punya penghuni baru

Tanpa adanya manusia yang menguasai rantai makanan, hewan menjadi raja baru di Bumi. Kota-kota modern yang terdampar akan dipenuhi tumbuhan liar tanpa terkendali. Hewan yang tadinya bersembunyi mulai merambah ke perkotaan dan bisa bergerak dengan bebas di sana.

Semua bisa normal kembali

Setelah 3-6 bulan sejak kepunahan manusia, kondisi Bumi kembali normal. Tidak ada radiasi kimia berbahaya dan Bumi menjadi ladang yang sangat subur. Hewan liar mulai memasuki gedung bangunan manusia. Ada juga sebagian dari mereka yang punah. Kecoa termasuk hewan yang akan punah karena mereka tidak bisa hidup tanpa panas buatan.

Kota besar menjadi rawa-rawa

15 tahun setelah manusia punah, jalanan akan dipenuhi oleh lumut. Vegetasi menjadi semakin liar dimana-dimana. Pada saat ini, gedung bangunan manusia mulai runtuh perlahan. Kota-kota besar dipenuhi rawa-rawa dan Bumi kembali seperti masa purba sebelum umat manusia mulai berkuasa.

Keajaiban dunia tinggal kenangan

Sekarang kita berada di 200 tahun setelah kepunahan manusia. Bangunan bersejarah seperti menara Eiffel, patung Liberty, dan masih banyak lagi hanya tinggal kenangan. Penghuni bumi adalah hewan-hewan yang bisa hidup dengan damai.

Bumi menjadi indah kembali

500 tahun setelah kepunahan manusia, Bumi benar-benar kembali seperti dahulu kala. Seluruh daratannya berupa hutan yang subur. Namun, meski setengah millenium telah berlalu, jejak manusia masih bisa terlihat di Bumi.

Bumi kembali ke zaman es

Selama ini, Bumi menghadapi ancaman pemanasan global. Jika manusia punah, 25.000 tahun setelahnya Bumi akan kembali ke zaman es atau Ice Age. Kalau kalian pernah lihat kartun berjudul Ice Age, ya kira-kira akan seperti itu kondisi Bumi. Meski suhu Bumi menjadi ekstrim, semua hewan bisa beradaptasi dengan baik.

Bumi menjadi dunia baru

Ketika peradaban manusia sudah benar-benar hilang, Bumi akan menjadi sebuah dunia baru. Seperti di film Jurrassic Park, tidak ada peninggalan modern sama sekali. Bumi kita akan kembali ke zaman purba dan mungkin bisa hidup lebih lama.

Kesimpulan

Sebenarnya sedih juga melihat Bumi justru semakin subur tanpa manusia. Itu artinya, manusia lah yang membuat Bumi semakin tua dan tidak bersahabat. sebagai manusia kita harus mulai berbenah nih. Jangan menjadi perusak di atas Bumi. Manusia lebih membutuhkan Bumi karen manusia tidak bisa hidup tanpa Bumi, tapi Bumi masih bisa hidup tanpa manusia.

semua penejlasan diatas adalah opini pribadi sendiri mungkin ada yang setuju dan tidak itu semua adalah hal yang normal, nah menurut kalian bagaimana jika manusia benar benar punah apa yang akan terjadi yang jelas enggak ada channel bicara ya haha selain itu ya? tuliskan jawaban kalian di kolom komentar ya

Oke sekian dulu video kali ini. ayo klik tombol subscirbe bagi yang belum karena video selanjutnya masih membahs tentang astronomi, so staytune aja terus di channel bicara ok terakhir terimakasih sudah nonton video ini sampai habis dan sampai jumpa kembali di video selanjutnya hanya di channel bicara.

Sumber

10 things that would happen to the planet if humans were to completely disappear – MarketWatch (Diakses pada 5 April 2019)