Halo Semuanya! Apa kabar hari ini? Semoga selalu sehat supaya kalian nggak ketinggalan video terbaru dari channel Bicara. Seperti biasa, channel Bicara tidak pernah kehabisan topik-topik menarik untuk kalian semua. Di video kali ini, channel Bicara akan membahas tentang matahari. Apa yang akan terjadi jika matahari menghilang selama 24 jam? Pernahkah kalian membayangkannya?

Seperti yang kita ketahui, matahari adalah sumber kehidupan di seluruh alam semesta. Jadi nggak hanya di Bumi saja. Planet lain yang ada di galaksi Bima Sakti membutuhkan matahari agar tetap hidup. Kalau sampai matahari menghilang, apa yang akan terjadi pada umat manusia ya?

Matahari Bisa Menghilang dengan Cepat

Sinar matahari yang sampai ke permukaan Bumi adalah partikel kecil yang terbawa oleh angin matahari. Ketika matahari berhenti berfungsi, manusia tidak akan menyadarinya. Mereka masih bisa beraktivitas dengan normal.

Baru 8 sampai 9 menit setelahnya, langit mendadak berubah menjadi gelap. Seketika itu, Bumi diselimuti oleh kegelapan. Sekalipun saat itu sedang siang hari, manusia akan bisa merasakan perbedaannya. Pokoknya, tidak seperti langit malam deh.

Bintang-Bintang Bersinar dengan Sangat Terang

Matahari adalah bintang yang sinarnya paling terang di galaksi kita. Jadi, tidak ada bintang lain yang bisa menandingi cahayanya. Nah, setelah matahari menghilang, semua bintang di langit bisa menampakkan cahayanya. Kita yang ada di Bumi akan menyaksikan secara langsung jutaan bintang terang berlatar belakang langit gelap gulita. Sebaliknya, Bulan tidak akan terlihat sama sekali karena sudah tidak ada lagi cahaya matahari yang bisa dipantulkan.

 Semua Makhluk Hidup Akan Sulit Bernapas

Menghilangnya matahari berarti terhentinya proses fotosintesis oleh tumbuhan. Itu artinya, tidak ada lagi produksi oksigen di Bumi. Jika sudah begini, oksigen yang tersisa akan cepat habis dan seluruh makhluk hidup akan sulit bernapas.

Kekacauan Terjadi Dimana-Dimana

Tanpa matahari, seluruh komunikasi akan terganggu. Dalam waktu sekejap saja setelah matahari menghilang, dunia akan dilanda kepanikan karena semua sumber daya, termasuk listrik akan ikut mati. Kehidupan pun menjadi kacau.

Permukaan Bumi Membeku

Matahari memberikan panas untuk menjaga agar suhu di Bumi tetap stabil. Bayangkan apa yang terjadi tanpa adanya matahari? Suhu Bumi akan terus menurun, dan seluruh permukaannya menjadi sangat dingin. Penurunan suhu Bumi tanpa adanya matahari bisa mencapai 15 hingga 20 derajat celcius, dan akan terus menurun seiring berjalannya waktu.

Malam Yang Panjang Tiada Akhir

Ketika matahari menghilang selama 24 jam, kalian tidak akan tahu apakah 24 jam telah berlalu atau tidak. Pagi hari tidak akan pernah datang karena tidak ada sinar matahari yang menandakan hari telah berganti. Seluruh dunia akan menjadi panik tanpa terkendali.

Bagaimana Jika Matahari Tidak Pernah Kembali?

Mungkinkah matahari menghilang selama 24 jam lalu kembali seperti sedia kala? Tentu tidak. Yang mungkin terjadi adalah matahari akan menghilang dan mati untuk selamanya. Makhluk hidup yang pertama kali merasakan dampak menghilangnya matahari adalah tumbuhan dan mikro organisme. Mereka tidak dapat bertahan hidup karena kehilangan sumber kehidupan.

Di hari ketujuh menghilangnya matahari, suhu di Bumi mencapai -17 derajat celcius. Sementara itu di wilayah pegunungan vulkanis, suhu Bumi masih terasa hangat berkat energi geotermal yang mencegah permukaan tanah membeku. Sebagian besar hewan di dunia meninggal, termasuk hewan yang hidup di perairan dangkal. Ketika permukaan laut mulai membeku, barulah manusia menyadari bahwa matahari telah menghilang.

Siapa yang Bisa Bertahan Hidup?

Nah, satu bulan setelah matahari menghilang, sebagian besar makhluk hidup di Bumi telah punah. Namun ada beberapa yang bisa bertahan hidup yaitu mikro bakteri dan makhluk yang hidup di perairan dalam. Pada Samudera yang terletak di atas lempeng tektonik, suhu airnya masih hangat, sehingga hewan di dalamnya bisa hidup dengan normal. Pada saat ini, seluruh permukaan Bumi sudah tertutup oleh es.

Tabrakan Planet Mungkin Terjadi

Jika matahari menghilang, maka tidak ada lagi gaya gravitasi yang menahan planet untuk melintas pada orbit masing-masing. Tabrakan planet antar planet dan serangan asteroid dapat terjadi kapan saja. Bahkan, Bumi bisa tertelan oleh lubang hitam raksasa!

Kesimpulan

Mengerikan sekali ya jika matahari sampai menghilang. Untungnya, usia matahari diperkirakan masih 5 miliar tahun lagi. Hmm, untungnya masih lama banget ya.

Nah, itu tadi pembahasan tentang bagaimana jika matahari sampai menghilang selama 24 jam. gimana seru kan? nah kMatahari alo seru jangan lupa pantengin terus channel Bicara untuk video-video lain yang tidak kalah menarik.

Supaya tidak ketinggalan video selanjutnya ayok tekan tombol subscribenya ya, selain kamu dapat notifikasi video baru kamu juga mendukung channel bicara agar tetap terus memberikan informasi yang menarik, terakhir terimakasih sudah menonton video ini sampai habis dan sampai jumpa lagi di video selanjutnya hanya di channel bicara bye-bye.

Sumber

  • If The Sun Goes Out for 24 Hours – Youtube (Diakses pada 24 Maret 2019)