Hai, hai, hai semua. Apa kabar hari ini? Selamat datang kembali di channel Bicara yang selalu menyajikan pengetahuan penting dengan cara menarik. Kali ini channel bicara akan membahas tentang planet 55 Canri e. Kira-kira manusia bisa nggak ya hidup di sana? Apa sih plane 55 Canri e ini? Dimana tempatnya? Apa dia punya atmosfer yang sama dengan bumi? Yuk, temukan jawabannya di video berikut ini.

Apa itu Planet 55 Canri e?

55 Canri e adalah sebuah exoplanet yang ada di konstelasi bintang Cancer. Planet ini berjarak sekitar 40 tahun cahaya dari bumi. Nah, sama seperti bumi, 55 Canri e juga mengelilingi sebuah bintang induk besar mirip matahari.

55 Canri e ditemukan oleh McArthur dkk dari NASA pada tanggal 30 Agustus 2004. Ukuran planet ini 2 kali lebih besar dari bumi dengan massa 8.63 kali lipat dari planet kita ini. Itulah mengapa planet ini juga disebut planet “super earth”.

55 Canri e, Planet Berlian yang Bikin Heboh

Penemuan 55 Canri e menghebohkan dunia astronomi. Para ilmuwan pun tertarik untuk meneliti planet ini lebih jauh. Meski julukannya adalah Super Earth, komposisi planet ini benar-benar berbeda dari bumi. 55 Canri e sebagian besar tersusun dari karbon, besi, silicon karbida, dan silikat. Permukaan planet terdiri dari batu grafit dan batu berlian! Penelitian lebih jauh menunjukkan bahwa dua pertiga massa planet ini adalah berlian murni.

 Bisakah Manusia Tinggal di Planet Ini?

Seperti biasa, setiap kali ditemukan planet baru, para ilmuwan selalu meneliti kemungkinan manusia bisa tinggal di sana. Apakah manusia bisa tinggal di planet berlian 55 e Canri? Ini dia penjelasannya.

Atmosfer di Planet 55 Canri e

Sebuah planet dikatakan dapat ditinggali manusia jika ada cukup oksigen dan air di sana. Nah, plent 55 Canri e sendiri berada di luar galaksi Bima Sakti. Planet ini juga mengitari bintang induknya sendiri. Waktu yang dibutuhkan untuk mengitari bintang induk adalah 18 jam. Itu artinya, 1 tahun di 55 Canri e hanya 18 jam saja, sedangkan 1 tahun di Bumi sepanjang 365 hari.

Waktu rotasi yang singkat juga membuktikan bahwa jarak planet ini dengan bintang induk sangat dekat. Hal ini berpengaruh pada suhu planet. Di permukaannya saja, panasnya bisa mencapai  2.100 derajat celcius. Hmm, terlalu panas untuk ditinggali manusia bukan?

Dekatnya jarak planet dengan bintang induk tidak hanya berdampak pada suhunya saja, lho. Planet ini juga mengalami penguncian gravitasi. Akibatnya, di planet 55 Canri e tidak ada pergantian hari. Sisi yang menghadap bintang induk mengalami siang abadi, sementara sisi yang tidak menghadap bintang induk akan terus gelap dan mengalami malam abadi.

Selain itu, suhu di antara kedua sisi yang berbeda ini juga sangat ekstrim. Kita bisa mengibaratkannya seperti ini: sisi siang pada planet ini menyemburkan lava karena hawanya yang begitu panas. Namun jika lava ini sampai ke sisi malam abadi, maka akan membeku seketika karena suhunya yang sangat dingin.

Adakah Oksigen di Planet 55 Canri e?

Oksigen adalah kebutuhan utama makhluk hidup. Tanpa oksigen manusia tidak akan mamupu bertahan hidup. Sejauh ini, bumi adalah satu-satunya planet di alam semesta yang kaya akan oksigen. Bagaimana dengan planet 55 Canri e?

Udara di planet ini didominasi oleh karbon dan senyawa hidrogen sianida.  Padahal kedua senyawa tersebut sangat mematikan untuk manusia.

Kesimpulan

Dari uraian di tadi, planet 55 Canri e bisa disebut sebagai planet terkaya. Namun jika melihat kondisi alamnya, tentu sangat mustahil bagi manusia untuk hidup di sana. Selain ketiadaan oksigen, suhu planet yang ekstrim juga tidak bersahabat dengan manusia. Jangankan ditinggali, logam pun bisa mencair karena suhu yang sangat panas.

Nah, gimana guys? Menarik banget kan bahasan planet 55 Canri e tadi? Para ilmuwan memang tidak henti-hentinya mencari planet lain yang bisa dihuni selain bumi. Namun hingga saat ini, tidak ada planet yang layak ditinggali manusia karena udara dan komposisinya tidak seperti bumi. Contohnya adalah planet 55 Canri e tadi. Kaya akan berlian, namun penuh zat berbahaya yang justru mematikan buat manusia.

Sampai disini dulu pembahasan kita kali ini. Jangan lupa saksikan terus video-video lain dari chanel Bicara yang akan membahas tentang banyak topic pengetahuan menarik lainnya. Terima kasih telah menonton video ini sampai habis. Sampai jumpa di video selanjutnya!

Sumber

55 Cancri e: Super-Hot Super-Earth | Space

https://www.space.com/37654-exoplanet-55-cancri-e-facts.html (diakses pada 10 Maret 2019)