Bisakah Manusia Membuat Replika Matahari?

Well Halo Semuanya. Kembali lagi bersama channel astronomi paling seru se antero youtube hahah, . Topik video kali ini adalah tentang Matahari. Matahari adalah sumber kehidupan bagi semua yang ada di Bumi. Tanpa Matahari, alam semesta kita bisa hancur dan punah. Tapi Matahari sendiri bukan bintang yang abadi. Suatu saat nanti ketika seluruh energinya sudah habis,energi Matahari pun akan habis dan mati.

Nah, gimana ya kalau manusia berusaha menciptakan replika matahari? Apakah mereka akan berhasil? Bisakah Matahari ciptaan manusia menjadi sumber kehidupan juga? Hmm, untuk menemukan jawabannya yuk tonton video yang berikut ini ok.

Matahari adalah sumber energi nuklir terbesar

Sebagai pusat tata surya, Matahari dikenal sangat panas dan memancarkan energi luar biasa. Setiap detik, Matahari bisa memancarkan 620 juta ton hidrogen dan 606 juta ton helium dari intinya. Dari aktivitas kedua gas ini, Matahari menghasilkan energi nuklir yang sangat besar sampai sampai energi ini bisa menerangi setidaknya 7 sampai 8 planet yang ada di tata surya kita ini.

Bisakah manusia membuat replika Matahari

Membuat replika matahari sebenarnya bukan hal mustahil. Tapi tentu saja Matahari buatan manusia tidak bisa seperti Matahari aslinya. Energi matahari bisa dihasilkan dari atom hidrogen yang diberi tekanan kuat hingga melebur.

Butuh temperatur yang sangat ekstrim

Sekilas, membuat replika matahari mungkin terdengar mudah. Tapi tunggu dulu guys. Peleburan atom hidrogen hanya bisa terjadi pada suhu yang sangat panas.

Peleburan gas di matahari sangat mungkin terjadi karena suhunya yang luar biasa panas. Di titik terdingin saja, suhu matahari bisa mencapai 5.500 derajat celcius.

Untuk menciptakan energi sebesar itu, para ilmuwan menggunakan mesin konduktor super. Namun metode ini masih terus dikembangkan.

Replika matahari membawa banyak manfaat

Jika manusia sampai berhasil membuat replika sendiri, Bumi akan punya sumber energi. Yah, meskipun tidak sebesar energi matahari, tapi lumayan untuk menjadi sumber tenaga listrik dan air.

Sebesar apa ukuran matahari mini?

Oke, jika kita berbicara tentang matahari mini, jangan kira mininya super kecil ya. Replika matahari mini buatan manusia membutuhkan mesin seukuran 60 kali lipat lapangan sepakbola untuk mengelola energinya. Berat mesin ini kira-kira 3 kali menara Eiffel.

Replika matahari bisa jadi solusi pemanasan global

Suhu bumi yang terus naik masih menjadi fokus utama pemerhati lingkungan. Menurut para ilmuwan, jika ada matahari buatan, bumi akan punya sumber energi bersih yang bersumber dari hidrogen. Dengan begitu, tidak ada lagi polusi udara yang membuat perubahan iklim semakin tidak menentu.

Eksplorasi luar angkasa bisa lebih mudah

Replika matahari sebagai sumber energi baru bisa digunakan untuk menggantikan bahan bakar roket yang selama ini dipakai. Dengan bahan bakar baru ini, astronot bisa mendarat di Mars dalam waktu lebih cepat, yaitu 30 hari saja.

Saat ini, astronot membutuhkan waktu 9 bulan perjalanan menuju planet Mars. Hmm, kemajuan yang sangat baik bukan?

Kesimpulan

Sampai saat ini memang belum ada miniatur matahari di dunia. Tapi para ilmuwan di seluruh dunia sedang berusaha untuk mengembangkan mesin replika matahari agar bisa di gunakan energinya. Bagaimana hasilnya? Well, kita tunggu saja di masa depan, semoga energi baru yang terbarukan ini menjadi solusi permasalahan besar yang ada di bumi ini.

Nah, sekian dulu ya guys video kali ini. Semoga bisa menambah pengetahuan kalian semua. jangan lupa tekan tombol subsrbienya ya dengan menekan tombol subsbscribe itu artinya kalian mendukung channel ini untuk terus membagikan video video bermanfaat dan Pantengin terus channel Bicara karena masih ada banyak video lain yang nggak kalah menarik. Terakhir terimakasih sudah menonton video ini sampai habis dan sampai jumpa lagi di video selanjutnya hanya di channel bicara.

Sumber

What If We Could Build a Replica of the Sun on Earth – Youtube (Diakses pada 3 April 2019)