Halo semuanya. Apa kabar hari ini? Berjumpa lagi dengan channel Bicara yang akan membahas video-video menarik seputar astronomi. Hari ini kita akan membahas badai matahari. Badai ini sempat bikin heboh karena melanda planet bumi di bulan Maret 2019.

Sebenarnya apa sih badai matahari ini? Apa yang terjadi selama badai matahari berlangsung? Apakah badai matahari berbahaya bagi manusia? Nah, untuk mencari tahu jawabannya, saksikan video ini sampai habis ya.

Intermezzo

Kalau kalian mendengar kata badai, pasti yang ada di pikiran adalah hempasan angin yang kadang disertai hujan hebat. Badai yang terjadi di bumi adalah badai angin dan air, yang dampaknya bisa sangat fatal bagi kehidupan manusia. Kalau badai matahari kira-kira apa ya?

(Apa Itu Badai Matahari?) Badai Matahari, Erupsi dari Permukaan Matahari

Menurut NASA, badai matahari atau solar storms adalah variasi erupsi massa dan energi dari permukaan matahari. Lidah api, letupan lava, dan sunspots atau bintik matahari adalah sebagian dari aktivitas di matahari.

Badai matahari terjadi ketika ada pelepasan energi magnet yang mempercepat laju gas panas di permukaan matahari atau yang disebut korona. Partikel-partikel energi yang terlepas bisa mencapai bumi dan planet-planet lainnya dengan membawa gelombang magnetik dari matahari.

Badai Matahari Mirip dengan Angin Topan

Badai matahari disebut juga badai geomagnetik. Badai matahari mirip dengan badai angin topan yang terjadi di bumi, namun angin yang dibawanya mengandung banyak partikel energi. Matahari memang memiliki radiasi yang sangat besar, namun tidak pernah mencapai bumi karena tertarik gaya gravitasi matahari sendiri.

Badai Matahari Mempengaruhi Medan Magnet Bumi

Badai matahari membawa banyak partikel magnetik yang lepas dari permukaannya. Jika badai matahari sampai mengenai bumi, maka bentuk medan magnet bumi akan berubah. Hal ini tentu membawa berbagai pengaruh pada kehidupan di Bumi

Pengaruh Badai Matahari Terhadap Kehidupan di Bumi

Ketika badai matahari menyerang, maka yang paling terkena dampak adalah saluran komunikasi. Lancarnya sambungan internet, komunikasi, dan navigasi selama ini disebabkan kestabilan medan magnet Bumi. Semua sambungan komunikasi akan terganggu ketika badai matahari datang. Bahkan, jika badai yang menyerang bumi sangat dahsyat, satelit yang mengudara di luar angkasa bisa hancur dan terjatuh ke bumi!

Badai Matahari Sangat Berbahaya untuk Pesawat Terbang

Satu lagi nih, bahaya badai matahari yang harus diwaspadai. Badai yang membawa bayak gelombang magnetik dan radiasi ini bisa berakibat buruk untuk penerbangan. Tingginya radiasi yang menyerang pesawat terbang bisa berbahaya bagi para penumpang yang ada di dalamnya, selain itu juga badai matahari bisa menganggu system navigasi pesawat terbang.

Bahaya Badai Matahari untuk Manusia

Meski sangat berbahaya, badai matahari tidak akan berdampak buruk bagi manusia yang hidup di bumi. Radiasi yang dibawa langsung dari permukaan matahari akan ditangkal oleh atmosfer sehingga tidak sampai jatuh ke permukaan bumi.

Namun badai ini bisa sangat berbahaya bagi manusia yang ada di luar angkasa, yaitu astronot. Para astronot yang sedang melakukan misi bisa terkena radiasi badai matahari yang membahayakan kesehatan bahkan nyawa mereka.

Datangnya Badai Matahari Bisa Diprediksi

Melihat semua dampak yang ditimbulkan badai matahari memang mengerikan, ya. Tapi tenang saja, datangnya badai matahari bisa diperkirakan. Beberapa minggu sebelum sampai ke bumi, pemerintah dan pihak terkait biasanya sudah memperingatkan datangnya badai dan persiapan apa saja yang harus dilakukan untuk menghadapi badai tersebut, nah ini merupakan salah satu keuntungan kita sebagai manusia mempelajari luar angkasa, oh iya channel bicara juga pernah membuat video tentang haruskah luar angkasa di jelajahi bagi yang ingin menonton linknya ada di deskripsi di bawah ini ya.

Berbahaya, Tapi Keren

Kalian pasti sudah banyak mendengar tentang aurora, pendaran cahaya di langit yang disebabkan partikel matahari yang tertarik medan magnet. Nah, badai matahari menghadirkan pemandangan yang tidak kalah indah dari Aurora. Jadi selama badai datang, manusia di seluruh bumi akan disuguhi pemandangan semburat merah yang sangat indah di langit.

Kesimpulan

Badai matahari memang sangat berbahaya, namun sebatas bagi kehidupan di luar angkasa dan menyebabkan gangguan komunikasi di bumi. Untungnya, bumi kita punya lapisan atmosfer yang sangat kuat sehingga makhluk hidup di dalamnya terlindungi dari dampak badai matahari, dengan melindungi dan melestarikan bumi kita ini kita dapat hidup di bumi dengan nyaman. jadi mulai dari sekarang mari kita bersama sama menjaga bumi ok.

Nah, itu dia bahasan mengenai badai matahari dan dampak yang ditimbulkannya. Gimana, menarik sekali kan? Sekian dulu ya, video kali ini. Ikuti terus channel Bicara untuk video-video lain yang nggak kalah menariknya. Terima kasih sudah menonton video sampai habis. Sampai jumpa di video berikutnya ya!

Sumber

Are solar storms dangerous to us? (Diakses pada 13 Maret 2019)