Halo semua! Gimana kabarnya hari ini? Channel Bicara kembali lagi untuk menghadirkan video-video menarik untuk kalian semua. Enaknya bahas apa ya hari ini? Hmm, gimana kalor membahas tentang Quasar, salah satu obyek yang ada di jagat raya ini? soalnya bintang atau object quasar ini banyak banget yang request.

Sebagian besar dari kamu mungkin belum kenal dengan Quasar. Apa sih Quasar itu? Dimana letak Quasar? Apakah Quasar adalah planet, atau bintang ya? Nah, daripada penasaran terus, mending tonton video ini sampai habis oke.

Quasar Bukan Bintang, Komet atau Planet

Pertanyaan pertama yang muncul di benak kalian begitu mendengar Quasar pasti tentang apa sebenarnya Quasar ini. Well, Quasar ini bukan bintang dan bukan planet. Mengapa disebut demikian?

Quasar adalah obyek luar angkasa yang dibentuk oleh lubang hitam supermasif yang ukurannya 1 miliar kali lipat lebih besar dari matahari. Jadi, Quasar memang lebih tepat disebut sebagai obyek luar angkasa. Quasar sendiri menarik minat para astronom untuk menelitinya lebih jauh.

Quasar Adalah Obyek Paling Terang di Luar Angkasa

Quasar dikenal sebagai obyek di alam semesta yang paling terang. Saking terangnya, Quasar sampai menciptakan gerhana di galaksi yang menaunginya. Quasar paling terang pernah ditemukan manusia melalui Teleskop Hubble, dan sinarnya diperkirakan 600 triliun kali lebih terang dari matahari.

Quasar Disebut Juga Bintang Radio

Para astronom pernah menyebut Quasar sebagai bintang radio karena mengirimkan gelombang radioaktif yang sangat besar pada benda luar angkasa lain yang terdekat, termasuk Bumi.

Pada tahun 1930-an, seorang ilmuwan bernama Karl Jansky pernah menerima adanya gangguan statis pada sinyal telepon yang datangnya dari galaksi Bima Sakti. Sinyal gangguan ternyata berasal dari sebuah obyek yang mirip dengan bintang, nah di perkirakan itu terjadi karena adanya gelombang dari quasar.

Quasar Adalah Asal Mula Dari Alam Semesta

Quasar dipercaya sebagai salah satu obyek yang paling tua di alam semesta, dan menjadi bagian dari cikal bakal alam semesta itu sendiri. Salah satu Quasar yang pernah ditemukan manusia diperkirakan berusia sama tuanya dengan alam semesta itu sendiri, dan merupakan awal dari terbentuknya benda luar angkasa lain yang bersinar seperti bintang dan galaksi.

Quasar Hanya Bisa Hidup di Lubang Hitam

Quasar bukanlah benda langit yang bisa ditemukan dengan mudah. Quasar hanya bisa hidup di galaksi yang memiliki lubang hitam supermasif, yaitu lubang hitam yang memiliki massa milyaran kali lipat dari matahari.

Meski cahaya tidak bisa menembus padat dan gelapnya lubang hitam, ada sinyal-sinyal tertentu yang bisa meloloskan diri dari tepi lubang hitam.

Nah, sementara gas dan debu tersedot oleh kekuatan lubang hitam yang super besar, partikel tertentu justru bergerak menjauhi pusat lubang hitam dengan kecepatan cahaya. Partikel ini bergerak dengan sangat cepat dengan membawa energi yang luar biasa hingga ia bisa mengeluarkan cahaya yang luar biasa terang.

Kesimpulan

Quasar bisa disebut sebagai bagian dari lubang hitam yang berhasil meloloskan diri. Yang membuat Quasar bersinar terang adalah energi yang dibawanya ketika bergerak secepat cahaya yang melebihi energi bintang manapun di seluruh jagat raya. Dibandingkan dengan sinar galaksi Bima Sakti, Quasar bisa mengeluarkan cahaya 10 kali hingga 100,000 kali lebih terang.

Nah, itu tadi pembahasan tentang Quasar, obyek yang paling terang di alam semesta jadi sekarang tau dong quasar itu bukan planet. Masih banyak benda-benda lain di jagat raya ini yang bisa jadi belum ditemukan oleh manusia dan masih menjadi misteri. Mempelajari ilmu astronomi memang selalu menarik, ya? oke Sekian dulu ya video kali ini. bagi yang belum klik tombol subscribenya silahkan klik karena video selanjutnya akan ada video astronomi lainya yang pastinya menarik terakhir Terima kasih telah menonton sampai habis dan jumpa lagi di video selanjutnya!

Sumber

Quasars: Brightest Objects in the Universe | Spaces (Diakses pada 18 Maret 2019)