Halo, semuanya! Kembali lagi di channel favorit kalian semua, channel Bicara. Kali ini channel Bicara kembali lagi dengan topik yang sangat menarik. Pada video ini channel Bicara akan mengulas tentang alasan mengapa manusia hanya bisa tinggal di bumi.

Kalian pasti sudah sering mendengar bahwa bumi adalah satu-satunya planet di alam semesta yang layak dihuni manusia. Yah, setidaknya belum ada planet lain yang bisa ditinggali seperti bumi. Mengapa hanya bumi yang cocok untuk tempat tinggal manusia? Mengapa manusia tidak bisa bermigrasi ke Mars atau ke bulan saja yang paling dekat dengan bumi? Temukan jawabannya dengan menonton video ini sampai habis.

  • Bumi Punya Lokasi yang Strategis

Di antara 8 planet yang ada di tata surya, cuma bumi yang lokasinya strategis. Maksudnya? Jadi begini, jarak bumi dengan matahari sebagai pusat tata surya dan sumber kehidupan sangat ideal. Tidak terlalu dekat seperti Merkurius atau terlalu jauh seperti Jupiter dan Saturnus.

Selain itu, posisi bumi ini juga aman dari marabahaya yang mengancam semua planet di alam semesta. Para ilmuwan memperkirakan jarak bumi dengan supernova atau ledakan bintang terdekat sekitar 25 sampai 50 tahun cahaya. Jadi, tinggal di bumi ini sangat aman dan nyaman guys.

  • Adanya Matahari, si Sumber Kehidupan

Seperti yang dikatakan tadi, jarak matahari dan bumi sangat pas. Tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat. Ini artinya, bumi masih bisa menikmati panas matahari tanpa harus merasakan sensasi terbakar.

Tidak bisa dipungkiri manusia tidak akan bisa hidup tanpa matahari. Tidak salah kan kalau matahari disebut sebagai sumber kehidupan? Ada alasan lain yang membuat bumi sangat tergantung pada matahari.

Tidak seperti bintang besar lain yang mudah meledak dan menghancurkan semua planet di sekitarnya, Matahari punya pembakaran yang stabil dan berumur panjang. Karena inilah panas matahari masih bisa diterima oleh manusia. Kalian juga tidak perlu khawatir karena matahari akan berumur panjang dan bisa dijadikan sumber kehidupan selamanya.

  • Bumi Berada di Zona Emas

Zona dimana orbit bumi berada adalah zona emas yang disebut dengan “Goldilocks”. Disebut zona emas karena berkat posisinya ini bumi bisa menerima energi alam yang memungkinkan adanya air di permukaan bumi.

Lokasi zona Goldilocks juga sangat ideal, sehingga bumi bisa menerima suhu hangat matahari agar air di bumi tetap berwujud cair. Nah, seluruh keseimbangan ini membuat kehidupan di bumi bisa berjalan dengan baik.

Sekarang coba bayangkan kalau bumi ada di posisi yang dekat dengan matahari seperti Merkurius atau Venus. Tidak akan ada air yang mampu bertahan karena akan langsung menguap oleh panas matahari. Begitu juga jika bumi terlalu jauh dengan matahari, maka semua airnya langsung membeku menjadi es.

  • Bumi Punya Bulan Sebagai Penyeimbang

Bumi tidak mungkin menjadi planet yang bersahabat untuk manusia jika tidak ada pendamping setianya, bulan. Bulan punya peran penting untuk menyeimbangkan kehidupan di bumi. Tanpa adanya bulan, pergantian musim bisa terjadi 41 ribu tahun sekali! Kok bisa?

Saat melakukan rotasi, bumi akan cenderung miring menghadap matahari, nah pergerakan yang ekstrim inilah yang mempengaruhi pergantian musim. Dengan adanya bulan, derajat kemiringan bumi dapat dikendalikan. Bulan memiliki daya tarik yang dapat mencegah agar sumbu bumi tidak berubah dengan cepat.  Berkat daya tarik bulan, pergantian musim di bumi menjadi lebih teratur.

  • Bumi Punya Pelindung yang Hebat

Siapa pelindung bumi yang paling hebat? Hmm, kita nggak bicara soal pahlawan super ya. Bumi memiliki lapisan pelindung bernama ozon, gas tidak berwarna yang mencegah radiasi berbahaya agar tidak masuk ke bumi. Ozon mencegah sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker kulit dan mengganggu pertumbuhan tanaman.

Sayangnya, lapisan ozon terus menipis karena tergerus oleh teknologi. Polusi udara dan panas bumi yang semakin meningkat menyebabkan lapisan ozon semakin berkurang.

Nah, itu dia alasan mengapa hanya bumi planet yang bisa ditinggali manusia. Bumi telah diciptakan dengan sangat sempurna dan bisa dibilang tiada duanya. Terbukti hingga kini tidak ada yang mampu menemukan planet manapun yang bersahabat seperti bumi kita tercinta ini. Yuk, sama-sama kita jaga bumi kita tercinta agar terus nyaman sebagai tempat tinggal kita semua.

Sekian dulu video kali ini ya sobat Bicara semuanya. Gimana infonya? Menarik sekali bukan? Terus pantengin channel Bicara karena akan ada banyak video lain yang membahas tentang astronomi dan topik menarik lainnya. Terima kasih sudah menonton sampai habis dan ketemu lagi ya di video selanjutnya!

Sumber

Why is the Earth habitable? (Diakses pada 20 Maret 2019)

https://www.amnh.org/exhibitions/permanent-exhibitions/david-s.-and-ruth-l.-gottesman-hall-of-planet-earth/why-is-the-earth-habitable