Halo, Semuanya. Channel Bicara kembali lagi ke hadapan kalian semua, tentunya dengan video seru yang sudah ditunggu-tunggu. Kali ini channel Bicara akan membahas tentang Mariana Trench atau Selat Mariana. Mungkin sebagian besar dari kalian belum pernah mendengar tentang tempat ini ya? Oke, nggak masalah. Setelah nonton video ini dijamin kalian pasti langsung paham tentang apa itu Selat Mariana.

Nah, kalian semua pasti sudah tahu kalau tempat tertinggi di dunia adalah Gunung Everest. Tapi pernahkah kalian berpikir, dimana tempat terdalam di dunia? Pastinya adalah lautan. Tapi lautan sebelah mana ya? Selat Mariana adalah tempat yang paling dalam di dunia.

Selat Mariana menyimpan ribuan misteri yang berusaha ditemukan oleh para ilmuwan. Gimana, kalian penasaran juga? Yuk, kita bahas bersama-sama.

Lokasi Selat Mariana

Selat Mariana berada di sebelah barat Samudera Pasifik, tepatnya di dekat kepulauan Mariana. Selat Mariana adalah palung curam berbentuk huruf V dengan panjang 1.500 km. Kedalamannya lebih dari 11.000 meter. Sebagai perbandingan, dalamnya Selat Mariana melebihi tinggi Gunung Everest!

Pernahkah manusia menyelam di Selat Mariana

Dikenal sebagai tempat yang sangat misterius di Bumi, tentu tidak semua orang bisa dan berani untuk mengeksplorasi Selat Mariana. Karena perairan yang begitu dalam dengan tekanan yang sangat tinggi dan sangat berbahaya.

Hal inilah yang membuat para ilmuwan penasaran. Dari semua ekspedisi yang pernah dilakukan, yang paling terkenal adalah tahun 1960. Seorang peneliti Swiss bernama Jacques Piccard dan seorang rekan menyelami kedalaman Selat Mariana hingga ke dasarnya menggunakan kapal selam.

Hmm, saat itu hal ini sulit dipercaya karena pada kedalaman tersebut besi pun bisa bengkok dengan mudah karena tingginya tekanan.

Makhluk Penghuni Selat Mariana

Semua ekspedisi yang dilakukan ke dalam Selat Mariana adalah untuk membuktikan adanya kehidupan di sana. Selama bertahun-tahun, para peneliti telah melihat berbagai macam makhluk laut aneh yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Mulai dari bakteri dan mollusca yang jenisnya belum diketahui, hingga sesosok makhluk aneh yang sempat menghampiri kapal selam peneliti. Makhluk ini berbentuk lingkaran sangat besar, dan berusaha menyerang kapal sepanjang jalan menuju kedalaman Selat Mariana. Namun tiba-tiba saja makhluk ini menghilang sebelum sempat diteliti lebih jauh. Hingga saat ini, para ilmuwan belum bisa men emukan spesies makhluk apa yang mereka temui.

Ada monster laut di Selat Mariana?

Namanya juga tempat yang penuh misteri, Selat Mariana membuat para ilmuwan berspekulasi tentang kehidupan yang ada di dalamnya. Mereka berpendapat, mungkin monster laut yang selama ini cuma ada di film-film itu benar adanya dan mereka hidup di Selat Mariana.

Kesimpulan ini didapat setelah adanya peristiwa di tahun 1985. Peneliti Amerika menggunakan kapal Glomar Challenger mengirimkan alat kecil bernama Hedgehog ke dalam lautan. Alat ini dihubungkan dengan kabel ke kapal utama. Setelah beberapa meter, alat tersebut mendeteksi suara-suara asing. Lebih aneh lagi karena kabel Hedgehog tertarik semakin dalam ke lautan.

Kru kapal kemudian berusaha menarik alat tersebut kembali ke kapal. Namun seperti ada kekuatan besar yang menahannya. Setelah beberapa jam, alat tersebut berhasil diangkat kembali, namun dalam kondisi “cacat”.

Pada alat ditemukan bekas gigitan makhluk asing yang tidak dikenal dan beberapa bagian kabel bahkan terputus.

Hiu raksasa Megalodon hidup di Selat Mariana

Kalian pernah nonton film Meg? Film tersebut membahas hiu terbesar yang pernah ada di dunia, yaitu Megalodon. Konon, Megalodon adalah hewan purba yang tidak ditemukan lagi di zaman modern ini. Karena tidak pernah ditemukan wujudnya, banyak orang meragukan bahwa hiu raksasa ini pernah ada.

Menurut para ilmuwan, kemungkinan besar monster yang menghuni Selat Mariana tidak lain adalah Megalodon itu sendiri. Hiu sepanjang 22 meter dengan berat 50 ton ini dipercaya sudah punah lebih dari 1.5 juta tahun lalu. Nah, kalau asumsi ini benar, berarti Megalodon sebenarnya belum punah, tapi sembunyi di dalam Selat Mariana.

Penemuan gigi hiu di dalam Selat Mariana

Pendapat para ilmuwan tentang Megalodon tentu punya dasar yang kuat. Yaitu penemuan gigi yang besarnya sama dengan telapak tangan orang dewasa. Melalui beberapa kali pengamatan, disimpulkan bahwa gigi tersebut memang benar berasal dari Megalodon.

Kesimpulan

Bumi dan seisinya, terutama lautan adalah obyek yang menarik untuk dipelajari. Misteri yang tersembunyi di bawah perairan kita tidak kalah dengan luar angkasa. Jadi, mempelajari lautan dan astronomi sama pentingnya. Karena di lautan sendiri ada banyak makhluk hidup asing yang belum pernah ditemui sebelumnya.

Nah, sampai di sini dulu pembahasan tentang Selat Mariana. Gimana? Kalian sudah paham dong tentunya? dengan selat mariana ini. Jangan lupa tonton video-video lain dari channel Bicara yang pasti menarik. Biar nggak ketinggalan, jangan lupa tekan dulu tombol subscribe-nya. Terima kasih sudah menonton video sampai habis dan sampai jumpa di video selanjutnya ya!

Sumber

Who Lives At The Bottom Of The Mariana Trench?|Youtube (Diakses pada 1 April 2019)