Halo semuanya! Channel Bicara hadir kembali ke hadapan kalian. Kalau ada channel Bicara berarti ada apa hayo? Pastinya ada informasi menarik seputar… hmm, apalagi kalau bukan topik favorit kalian semua yaitu astronomi. Well, channel Bicara emang nggak pernah kehabisan bahasan deh kalau soal astronomi. Channel Bicara gitu lho!

Oke, di video kali ini kita akan bahas planet Mars. Dalam hati pasti deh kalian bilang “Planet Mars lagi?” Eits, jangan salah sangka ya. Dijamin video ini ga akan ngebosenin karena yang akan kita bahas adalah sungai di planet Mars.

Selama puluhan tahun Mars emang jadi obyek luar angkasa yang paling banyak dieksplorasi dan diobservasi. Selain lokasinya paling deket, Mars juga diproyeksikan menjadi pengganti Bumi di masa depan. Karena itu tuh, para ilmuwan sangat terobsesi menemukan air di planet Mars.

Tapi, apa bener pernah ada sungai di planet Mars? Berarti Mars bisa ditempati manusia dong? Apakah sungai di Mars membeku atau masih mengalir sampai sekarang? Daripada penasaran terus, tonton aja video ini sampai habis.

Bekas Sungai di Mars, Hasil Observasi Terbaru Ilmuwan

Misi observasi dan eksplorasi planet Mars memang sudah dilakukan sejak puluhan tahun yang lalu. Pada tanggal 26 November 2018, NASA mendaratkan pesawat misi terbaru bernama InSight untuk meneliti lebih jauh tentang permukaan planet Mars, termasuk aliran panas dan evolusi geologisnya.

Kali ini obyek yang diobservasi adalah sebuah lembah kuno yang selama ini hanya tampak melalui teropong dan satelit saja. Di lembah kuno ini adalah bekas aliran sungai kering yang dicurigai sebagai salah satu sumber air di planet Merah ini. Akhirnya setelah misi bertahun-tahun, observasi ini membuahkan hasil juga ya.

Penemuan Alur Sungai di Mars, Mengejutkan!

Penemuan yang sangat mengejutkan di planet Mars adalah jaringan aliran sungai di seluruh permukaan lembah di Mars. Benarkah ini dibuat oleh air yang dulu pernah mengalir di Mars? Para ilmuwan percaya jaringan yang ditemukan di Mars ini sangat mirip dengan aliran sungai yang ada di planet Bumi. Hmm, apakah berarti dugaan bahwa Mars memiliki sumber air ini mulai menjadi kenyataan?

Jaringan Sungai di Mars Ternyata Tidak Langka

Kalau kalian mengira cabang-cabang aliran air di planet Mars adalah sesuatu yang langka, kalian salah besar. Nyatanya, penemuan jaringan aliran air ini ada di seluruh permukaan. Jaringan-jaringan ini adalah bukti bahwa di masa lampau Mars adalah sebuah planet subur yang dialiri air melimpah.

Mars Juga Punya Lumpur dan Kerikil

Asumsi bahwa pernah ada sungai mengalir di planet Mars semakin kuat setelah ditemukan juga lembah-lembah kosong yang penuh dengan lumpur dan serpihan kerikil yang hancur karena tenggelam di dalam air. Lembah-lembah besar ini kering karena semua airnya telah habis.

Lebih jauh lagi, ilmuwan juga berpendapat bahwa Mars nggak hanya memiliki sungai, tetapi juga samudera yang besar seperti planet Bumi hingga 1/3 bagiannya! Wah, subur banget dong ya Mars jaman dulu?!

Sungai Mars Lebih Besar Dari Bumi

Penelitian untuk menemukan sumber air di planet Mars ternyata nggak berhenti sampai disitu aja guys. Penemuan terbaru nih menunjukkan bahwa ada ratusan aliran sungai di Mars yang jauh lebih lebar dari sungai di Bumi. Sungai-sungai ini konon punya arus yang kuat dan mengalir dalam waktu yang sangat lama.

Darimana Sumber Air Mars?

Eksplorasi penemuan air di Mars ini kayaknya masih panjang banget nih. Setelah menemukan bukti-bukti kuat kalau memang ada jaringan sungai di sana, kalian pasti bertanya-tanya, darimana asalnya semua air itu?

Hal ini sebenarnya aneh karena atmosfer di planet Mars yang sangat tipis. Namun banyak ilmuwan percaya bahwa ratusan juta tahun lalu Mars punya atmosfer yang lebih tebal, sehingga sangat memungkinkan untuk menghasilkan air seperti di Bumi.

Nah, menurut kalian sendiri gimana? Apakah penemuan ini merupakan titik terang manusia yang terobsesi menjadikan Mars sebagai tempat tinggal kedua selain Bumi?

Kesimpulan

Penemuan jaringan sungai di planet Mars memang titik terang yang sudah dinantikan banyak orang, terutama mereka yang setia menyimak misi planet Mars sejak awal. Tapi tetap saja, melihat kondisi planet Mars hari ini, rasanya masih mustahil manusia bisa bertahan hidup di sana. Meskipun demikian, kita tetap harus berterima kasih pada para ilmuwan dan astronom yang selalu memberikan penemuan-penemuan baru seputar luar angkasa.

Apa pendapat kalian tentang penemuan ini? Share di kolom komentar ya! Nggak usah malu-malu, gratis alias nggak dipungut biaya kok.

Oke guys, nggak kerasa kita udah ada di akhir video. Sebelum cabut, jangan lupa untuk menekan tombol subscribe ya. Karena dengan men-subscribe channel Bicara, kalian terus mendukung kita untuk menghadirkan topik-topik menarik seputar astronomi dan pengetahuan lainnya. Terima kasih sudah nonton video ini sampai habis dan sampai jumpa di video selanjutnya! Bye!