5 Pusaran Maelstrom Terkuat di Dunia

Pusaran air raksasa dan kuat sering disebut dengan malestrom. Biasanya pusaran air kecil dan tidak kuat disebut dengan whirlpool. Malestrom memiliki vortex, sebutan bagi pusaran air yang memiliki downdraft atau aliran ke bawah veritikal. Berikut ini 5 pusaran air berbahaya di dunia.

Pusaran air di lautan atau daerah laut disebabkan adanya pasang surut. Jika kita sering melihat pusaran air di wastafel, maka pusaran di laut disebabkan karena fenomena alam. Pusaran air kecil sebetulnya sering ada di dasr air terjun. Maelstrom biasanya ditemui di pusaran air yang terbentuk di selat sempit tetapi air yang mengalir sangat cepat.

Tidak hanya itu, maelstrom juga terkenal lewat karya-karya sastra klasik. Karya sastra tersebut menggambarkan adanya kekuatan dahsyat di lautan yang masih menjadi misteri bagi sebagian orang.

Terjadinya Maelstrom

Pusaran air tercipta adanya pertemuan arus yang kuat dan saling berlawanan. Gesekan ombak dari berbagai sisi dapat terjadi. Gesekan itu akan terhempas ke satu titik kumpul yang dapat menyebabkan pusaran.

Selain itu, pusaran juga terjadi akibat adanya pasang surut ombak laut yang tidak konsisten. Pasang surut itu dapat terjadi secara besar dalam selisih waktu yang tidak jauh. Tekanannya besar, dan jika terjadi tabrakan ombak dapat menyebabkan pusaran air besar atau maelstrom.

Pusaran air besar atau maelstrom sangat berbahaya. Maelstrom dapat melempar benda ke sisi lain yang dengan kondisi yang sudah hancur. Maelstrom dapat membawa benda hingga kedalaman 300 menter lebih. Itulah mengapa kita perlu berhati-hati ketika berada di laut.

Maelstrom Saltstraumen

5 Pusaran Maelstrom Terkuat di Dunia Saltstraumen

Maelstrom Saltstraumen terletak di dekat Norwegia, dekat lingkar Arktik. Di situ, kita mudah menemukan pusaran air terkuat di dunia, karena arus pasang surutnya sangat kuat. Setiap 6 jam, kecepatan arusnya sebesar 40 km per jam atau 25 mil per jam. Hal itu disebabkan lebih dari 105.668 galon gelombang air melewati selat tersebut. Selat itu menghubungkan Skjerstadfjord dengan Saltenfjord.

Jika arus pasang surutnya berbalik, maka jika ada kapal yang lewat, kita dapat mendengar suara yang berada maelstrom tersebut. Arus tersebut sangat besar tetapi juga sangat tenang sehingga setiap kapal yang melewatinya harus berhati-hati. Arus tersebut dapat kita lihat saat pasang surut melalui tur perahu saat air tenang dan Jembatan Salstraumen.

Maelstrom Moskstraumen

5 Pusaran Maelstrom Terkuat di Dunia Moskstraumen

Maelstrom Mosktraumen merupakan pusaran air yang kuat dan terkenal di dunia. Ketenarannya berkat sastrawan Edgar Allan Poe dan Jules Verne. Edgar Allan Poe menulis karya berjudul A Descent into The Malestrom. Sedangkan Jules Verne menulis 20.000 Leagues Under The Sea. Tidak lupa, ada Herman Melville yang menulis tentang Maelstrom Mosktraumen lewat karakter Kapten Ahab di novel babonnya berjudul Moby Dick.

Moskstraumen merupakan maelstrom terkuat yang pernah ada. Bahkan, keberadaannya sering digambarkan sebagai “pusaran akibat monster laut yang marah”. Kecepatan arusnya sekitar 17,37. Arus pasangnya sangat kuat. Lebar pusaran air dapat mencapai 4 mil. Moskstraumen Maelstrom berada di sepanjang aliran laut antar pantai Norwegia dengan laut terbuka.

Maelstrom Corryvreckan

5 Pusaran Maelstrom Terkuat di Dunia : Corryvreckan

Maelstrom Corryvreckan merupakan pusaran air terbesar ketiga di dunia. Hal itu dikarenakan topografi bawah lautnya yang tidak biasa dengan pegunungan termasuk puncak pegunungan Hag.

Selain itu, kenaikan aliran pasang surutnya sangat besar. Gelombangnya sangat besar dan menurut cerita-cerita rakyat Celtic, pusaran air besar dapat menenggelamkan sebuah kapal besar. Pusaran ini terletak di Selat Corryvreckan yang sempit yang menyambungkan dua pulau di pantai barat Skotlandia.

Penulis George Orwell pernah melewati pusaran tersebut dan membuatnya terdampar. Film berjudul “Sea Twister” juga menayangkan pusaran berbahaya. Dalam film tersebut, ada adegan manekin dengan jaket pelampung yang dilemparkan ke Corryvreckan. Manekin itu tergores karena adanya kemudian ditemukan jauh dari pusaran tersebut.

Old Sow

5 Pusaran Maelstrom Terkuat di Dunia : : Old Sow

Malestromn Old Sow terletak di antara Pulau Dee dan Pulau Moose. Nama Old Sow juga berasal dari suara babi yang seperti menghisap makanan ketika air pusaran sedang bergejolak. Nama itu juga didapat dari pusaran kecil disekitar Old Sow, sama dengan pusaran kecil itu disebut babi karena suaranya yang memekakkan telinga seperti babi.

Old Sow sangat berbahaya jika air sedang pasang. Kapal-kapal kecil dapat hilang karena terperosok ke dalam Old Sow. Pusaran air tersebut sangat ganas dan dapat menciptakan gelombang pasang yang sanggup melawan angin kencang. Maelstrom tersebut terbentuk di antara teluk Fundy dan Passamaquoddy. Kecepatan Old Snow mencapai 17,15 mph, dengan diameter sekitar 250 kaki dan dapat membesar 20 kaki.

Maelstrom Garofalo

5 Pusaran Maelstrom Terkuat di Dunia : Garofalo

Malestrom Garofalo dikenal dengan nama lain yakni Messina Whirlpool. Maelstrom ini terkenal lewat kisah Odysseus, seorang tokoh mitologi Yunani. Dalam kisah tersebut, Odyssesus dalam sebuah pleayaran yang berbahaya. Ia bertemu dengan makhluk abadi yang disebut Syclla dan Charybdis. Mereka bukan monster tetapi ia hidup di Selat Messina yang saat ini disebut Garofalo

Air pasang dalam laut tersebut dapat membuat pusaran air yang kuat. Selat Messina memiliki lebar 1,9 mil dengan kedalaman 830 kaki. Pusaran tersebut terjadi dari anatar ujung selatan Calabria dan ujung timur Sisilia, Italia. Laut berombak itu dapat membuat kapal kecil terbalik. Sedangkan, kapal besar dapat terganggu navigasinya akibat maesltrom yang besar tersebut.

Kesimpulan

Itulah 5 pusaran air berbahaya di dunia. Kelima maelstrom tersebut dianggap merupakan pusaran yang besar di lautan. Terjadinya maelstrom diakibatkan adanya pusaran air tercipta adanya pertemuan arus yang kuat dan saling berlawanan.

Selain itu, pusaran juga terjadi akibat adanya pasang surut ombak laut yang tidak konsisten. Pusaran air yang memiliki tekanan besar akan membentuk maelstrom. Untuk itulah kita perlu berhati-hati ketika sedang berenang di laut. Jangan sampai kita bertemu dengan pusaran air besar, ya!

Sumber :

  • Seberapa Dalam Pusaran Terkuat di Dunia? – Youtube Sisi Terang.
  • 10 Magnificent Maelstroms – Web Ecoist.

(Diakses 26 April 2020)