Di Bumi kita membutuhkan gravitasi untuk beraktivitas. Dengan adanya gravitasi, kita dapat memijak Bumi, makan dan minum dengan tenang, dan beraktivitas dengan nyaman. Tanpa adanya gravitasi, kegiatan yang kita lakukan bisa saja tidak semenyenangkan sekarang. Kita akan seperti tinggal di luar angkasa, melayang-layang tak tentu arah. Bahkan kita akan kesulitan untuk berkegiatan. Tetapi, ada tidak ya kegiatan menyenangkan tanpa gravitasi?

Ada sebagian orang yang menghuni ISS atau Stasiun Luar Angkasa Internasional. Mereka adalah para astronaut yang sedang menjalani misi. Ternyata, mereka hidup di sebuah pesawat yang minim dengan gravitasi. Sehari-hari mereka terbatas dalam berkegiatan. Para astronaut tersebut berada di dalam ISS dengan waktu aktif selama 9,5 jam per hari untuk berkegiatan seperti meneliti, olahraga, dan lainnya.

Para astronaut hanya memiliki 4 jam waktu bebas selama seminggu kerja, itu sudah termasuk tidur, makan siang, dan bersih-bersih. Meski begitu, mereka masih bisa melakukan kegiatan yang menyenangkan. Berikut ini berbagai kegiatan menyenangkan tanpa gravitasi

Makan dan Minum dengan Atraksi

7 Kegiatan Menyenangkan Tanpa Gravitasi

Di luar angkasa, kita tetap dapat makan dan minum seperti biasa. Makanan di luar angkasa pun tidak kalah lezat. Seiring berjalannya waktu, indra perasa mereka pun jadi tidak peka terhadap makanan. Akhirnya mereka memilih makanan pedas di akhir ekspedisi. Tak jarang mereka melakukan atraksi bersama makanan asal tidak membuat kekacauan di kabin. Astronaut Chris Cassidy misalnya, mereka mencoba memakan makanan dari sendok yang melayang.

Atau astronaut Scott Kelly yang minum espreso dengan cara unik. Cairan saat berada di luar angkasa akan berbentuk cairan bulat yang melayang. Mengetahui hal itu, astronaut Kelly berhasil menangkap bola espreso ke dalam mulutnya.

Terbang dan Salto Di Udara

Salah satu kegiatan yang paling menyenangkan adalah terbang! Dengan minimnya gravitasi di luar angkasa, tubuhmu akan melayang-layang. Di ISS sendiri tidak ada tangga, atau pun lantai. Para astronaut menggunakan rel untuk mendorong tubuh mereka agar tetap seimbang dan dapat bergerak.

Meski tampak menyenangkan, ternyata mereka membutuhkan waktu untuk berlatih dan membiasakan diri. Selama 6 bulan mereka sudah seperti pemain akrobat. Salah satunya adalah astronaut Tim Marshburn yang berhasil melakukan salto.

Tertantang Melakukan Hobi Kecil

7 Kegiatan Menyenangkan Tanpa Gravitasi

Bisa membayangkan rasanya menjahit di luar angkasa? Astronaut Karen Nyberg berhasil melakukannya. Ia berhasil membuat boneka dinosaurus saat melakukan ekspedisi 37. Dia menjahit mainan tersebut dari sisa-sisa kemasan dan kaus. Bahkan ia juga menjahit selimut perca yang juga dibantu oleh timnya.

Cobalah Untuk Bermain Bola di Luar Angkasa

Para awak ISS terkadang juga melakukan kegiatan hiburan di waktu senggang, lho. Seperti membaca buku, menonton film, atau melakukan pemortretan dari jendela Cupola. Tak jarang mereka juga melakukan kegiatan bersenang-senang bersama-sama. Seperti bermain sepak bola seperti yang dilakukan astronaut Alexander Gerst. Atau lomba terbang dari ujung stasiun ke stasiun lainnya.

Membuat Barang-Barang Melayang

7 Kegiatan Menyenangkan Tanpa Gravitasi

Saat di luar angkasa, tangan para astronaut juga sering jahil, lho. Mereka terkadang tidak dapat menahan diri untuk bermain benda-benda acak yang bisa melayang di udara. Seperti Andre Kuipers yang bermain dengan gelembung air dan memotret pantulan dari air tersebut. Atau Julie Payette yang bermain dengan tortila dan kendi mengapung di pesawat Enderavour. Ada juga astronaut Noguchi yang bermain dengan tomat segar yang melayang di udara.

Bermain Musik

Kata siapa kita tidak bisa bermain musik di luar angkasa? Astronaut Cady Coleman membawa 4 instrumen kecil mirip suling dan memainkannya saat istirahat. Ia sering memainkannya sambil melayang-layang. Astronaut Chris Hadfield juga senang bermain gitar ketika berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Jalan-Jalan di Luar ISS

ISS

Tidak hanya di dalam kabin, para astronaut juga melakukan kegiatan di luar angkasa. Mereka biasanya mempersiapkan dan melaksanakan “jalan-jalan” tersebut dengan memakan waktu hampir 8 hingga 12 jam. Mereka juga harus fokus terhadap tugasnya. Tetapi, sesekali mereka bersenang-senang dengan melihat pemandangan Bumi dari luar ISS.

Mereka mengklaim bahwa pemandangan tersebut adalah pemandangan paling indah dalam hidup. Seperti Tery Virts yang mengabadikan momen perjalanannya dengan Barry “Butch” Willmore menggunakan kamera GoPro.

Kesimpulan

Itulah 7 kegiatan menyenangkan tanpa gravitasi. Apakah kalian tertarik menjadi astronaut dan melakukan kegiatan-kegiatan di atas? Meski tampak menyenangkan, ternyata mereka juga sering kesulitan untuk beraktivitas sehari-hari. Tanpa merasa bosan, para astronaut yang sedang menjalankan misi untuk kemajuan ilmu pengetahuan astronomi kita juga melakukan kegiatan menyenangkan selama di ISS.

Sumber :

  • 5 Fun Things To Do Without Gravity – NASA.
  • 8 fun things to do without gravity – Myria.

(Diakses 10 Juni 2020)