Robot NASA Terbaru Sudah Mendarat di Mars! Apakah Mereka Menemukan Alien?
Robot Terbaru Nasa Sudah Mendarat di Mars!

Robot NASA Terbaru – Well, pernahkah sahabat Bicara berpikir bahwa ada kehidupan lain selain di Bumi? Atau mungkin, kamu berkeinginan untuk menjelajah alam semesta suatu saat nanti?

So, buat kalian yang yang belum mendapatkan kesempatan untuk menjelajah alam semesta, baca artikel ini sampai habis, oke? Karena kita akan bercerita tentang penjelajahan salah satu planet di alam semesta, Mars, yang sedang dilakukan oleh NASA.

Hingga saat ini, Sains masih belum dapat menjawab berbagai pertanyaan mengenai apakah ada kehidupan lain selain di Bumi. Sebenarnya hal ini disebabkan karena ada sebuah batasan yang membuat kita tidak bisa mengetahui secara pasti tentang kehidupan lain di luar Bumi.

Bahkan, sampai sekarang fakta belum dapat mengungkap jawaban tentang alam semesta berujung atau tidak, memiliki batas dengan alam semesta lain atau tidak.

Namun, hal tersebut tidak membuat masyarakat Bumi menyerah. Bahkan, malah membuat kita semakin semangat untuk mengeksplorasi alam semesta. Salah satunya dibuktikan dengan pendaratan robot NASA yang terbaru.

Perseverance, Robot NASA Terbaru yang Berhasil Mendarat di Mars

Perseverance, Robot NASA Terbaru yang Berhasil Mendarat di Mars

Bagi kamu yang belum tahu, Perseverance merupakan sebuah helikopter yang didesain secara khusus untuk menjelajah planet merah tata surya. Robot tersebut turun dengan kecepatan 20 ribu km per jam dari angkasa. Berbekal parasut dan berbagai mekanisme pendaratan membuat kecepatannya berkurang hingga 3 km per jam.

Akhirnya, Perseverance mendarat dengan menggunakan enam ban yang dimilikinya di kawah Jezero, bagian utara ekuator Mars, tepatnya di wilayah yang disebut Isidis Planitia. Wilayah tersebut menjadi target favorit misi NASA, termasuk juga robot Curiosity yang masih aktif sampai sekarang.

Namun, sayangnya posisi Curiosity kini telah menjauh 3.700 km di sekitar Kawah Gale. Perseverance adalah robot terbesar NASA yang memiliki misi untuk mencari air dan tanda-tanda kehidupan yang ada di bawah permukaan planet.

Selain itu, robot ini juga bertugas untuk mengumpulkan sampel batu dan tanah lalu menempatkannya dalam penyimpanan khusus yang nantinya akan diambil untuk misi gabungan AS dan Eropa.

Kemudian, dalam jangka waktu 10 tahun akan dibawa ke Bumi. Hal tersebut juga didukung oleh alat bernama Ingenuity.

Apa Itu Ingenuity?

Ingenuity adalah alat eksperimental NASA berebntuk helikopter yang digunakan untuk mempelajari berbagai benda yang terbang dan mendarat vertikal di atmosfer Mars.

Hal tersebut pastinya dapat dijadikan sebagai informasi penting lantaran atmosfer di Mars yang jauh lebih tipis dibanding Bumi dan berpotensi untuk mempengaruhi penerbangan,

Nantinya, helikopter yang mengudara di Mars akan menjadi uji penerbangan pertama kali yang dilakukan di luar Bumi. Keberhasilan misi ini kemungkinan akan menjadi masa depan baru untuk mendukung misi selanjutnya.

Tiga Misi Besar ke Planet Merah

Tiga Misi Besar ke Planet Merah

Sebenarnya, terdapat tiga misi besar yang ingin diwujudkan saat menuju ke planet merah yang meluncur mulai bulan Juli 2020 nih, sahabat Bicara. Selain NASA, ada juga misi Uni Emirat Arab (UEA) dan China, lho!

Namun, bedanya misi UEA dan China lebih berfokus untuk mengorbit di Mars, tetapi misi China, Tianwen-1, juga berencana untuk mendaratkan robot di permukaan pada akhir tahun ini.

Misi UEA juga melibatkan satelit bernama Hope yang telah mengorbit mulai 9 Februari silam. Nantinya, Hope dijadwalkan akan mengitari Mars selama kurang lebih dua tahun dengan melakukan pengujian terhadap berbagai ketinggian untuk mengambil data yang dibutuuhkan komunitas sains global.

Tepat sehari setelah Hope, Tianwen-1, mengorbit di Mars dengan misi yang serupa. Dalam tiga bulan misi ini diperkirakan dapat mengutus robot pertama China mendarat di Mars untuk mengikuti jejak Perseverance guna mencari air dan tanda-tanda kehidupan di Mars.

Penampakan Permukaan Mars dari Robot NASA Terbaru Bikin Merinding

Penampakan Permukaan Mars dari Robot NASA Terbaru Bikin Merinding

Setelah pendaratanya nasa telah mendokumentasikanya dalam bentuk foto. Dari foto tersebut tampak planet yang memiliki kecenderungan berwarna merah yang menjadi karakteristik dari planet tersebut. Bahkan, juga terlihat debu menyembul dari permukaan Mars saat Perseverance melakukan pendaratan.

Selain itu, juga terlihat cakrawala yang luas dengan bebatuan kecil di bagian permukaannya. Batuan tersebut memiliki karakteristik yang berlubang-lubang sehingga membuat para peneliti semakin penasaran.

Sebenarnya kondisi apa yang sebenarnya melatarbelakangi semua penemuan ini. Apakah hal tersebut disebabkan karena aktivitas vulkanik atau sedimentasi di planet merah.

Lantas, Apakah Kehidupan Lain di Luar Bumi Benar-Benar Ada?

Lantas, Apakah Kehidupan Lain di Luar Bumi Benar-Benar Ada?

Berbicara perihal kehidupan lain di luar Bumi pastinya tidak akan jauh dengan yang namanya misteri. Sudah tidak asing lagi kalau tujuan utama manusia mengeksplorasi alam semesta adalah untuk mencari kebenaran tentang statement adanya kehidupan selain makhluk hidup di Bumi.

Hal ini juga telah dibuktikan dengan penemuan terakhir NASA yang dikenal sebagai Blueberry Mars. Pada saat itu, para peneliti sedang mengambil gambar dan tidak sengaja melihat tanah yang tertutup oleh butiran bulat kecil yang aneh. Berbagai pertanyaan pun muncul karena penemuan misterius ini.

Apa sebenarnya benda itu? Dari mana benda tersebut berasal? Mengingat warna planet mars yang cenderung merah, para astronaut menganggap warna benda misterius itu berwarna biru. Kehadiran bebatuan bulat dengan warna yang berbeda ini menimbulkan berbagai pandangan unik dari para astronaut yang melihatnya.

Salah satu pertanyaan paling unik yang timbul adalah tentang apakah bebatuan tersebut merupakan sumber buatan? Kita juga belum tahu secara pasti, tetapi yang jelas telah terjadi sesuatu yang dahsyat dan membuat kerak Mars meledak.

Selain itu, Allan Treiman, pakar meteor menjelaskan fakta bahwa planet merah itu memiliki tanah yang aktif dan itulah yang manusia butuhkan di Bumi untuk kehidupan. Oleh sebab itu, keberadaan air di Mars semakin memperbesar peluang kemungkinan Mars dijadikan sebagai lingkungan tempat kehidupan bisa berkembang.

Kesimpulan

Seiring berjalannya waktu, semangat manusia untuk mencari kehidupan lain di luar Bumi semakin digencarkan. Hal ini dibuktikan dengan berbagai terobosan yang dilakukan oleh negara-negara maju yang semakin baik dari waktu ke waktu.

Tentunya, terobosan seperti ini tidak dapat dilakukan dengan cepat dan tepat, mengingat biaya dan risiko yang ditimbulkan sangat besar. Maka dari itu, dibutuhkan estimasi yang tepat dan sesuai agar dapat meminimalisasi berbagai permasalahan yang akan muncul nantinya.

Oleh sebab itu, diharapkan Robot Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat, Perseverance, diharapkan dapat menjadi terobosan terbaik untuk saat ini agar dapat menemukan keberadaan kehidupan lain di luar Bumi. Lantas, kalau menurut sahabat Bicara, apakah kehidupan di luar Bumi itu benar-benar ada?

Sumber :

  • Robot NASA Mendarat di Mars, Langsung Kirim Foto Pertama – CNN Indonesia
  • NASA Temukan Bukti Adanya Bekas Kehidupan di Planet Mars – Bisnis.com