Halo guys, ketemu lagi dengan channel Bicara, gimana kabar kalian semua? Udah siap buat nonton video kali ini? Kalian pasti tahukan di video ini kita bakalan bahas apa? Yap betul, kita akan bahas mengenai fakta menarik teleskop hubble. Teleskop ini sering di sebut sebut dalam video video Bicara yang lain, viral banget ya teleskop yang satu ini.

Tapi sebelum kita lanjutin video ini, channel bicara mau ingetin kalian untuk subscribe channelnya sekarang juga bagi yang belum, dan jangan lupa juga untuk aktifkan lonceng notifikasinya agar kalian nggak ketinggalan info mengenai video terbaru kita.

Buat yang udah bicara mau ngucapin terimakasih yang sebesar besarnya ya, karena dengan mensubscribe channel ini artinya kalian mendukung kita untuk selalu menyajikan video dan informasi yang lebih baik lagi mengenai sains dan astronomi. Nah sip kalo gitu, skuy langsung aja simak videonya, dan ingat, jangan di skip skip ya.

Teleskop Hubble

Teleskop Hubble

Sebelumnya kita kenalan dulu sedikit yuk dengan teleskop hubble.

Teleskop hubble adalah sebuah teleskop luar angkasa yang pada saat ini berada pada orbit Bumi. Teleskop ini adalah teleskop milik NASA yang diluncurkan pada tanggal 24 April 1990, dan masih beroperasi hingga saat ini. Total waktu misi Hubble sampai saat ini adalah 19 tahun 9 bulan 7 hari, waaah lama sekali ya waktu operasi hubble ini.sekarang mari kita bahas fakta menarik dari hubble.

Nama Teleskop Hubble Berasal dari Seorang Ahli Astronomi

Powell Hubble

Faktapertama dari teleskop ini adalah namanya yang diambil daridari seorang ilmuwanantariksa terkenal asalMissouri, Amerika Serikat yaituEdwin Powell Hubble, yangmerupakan penemu hukum hubble yang pertama kali dirumuskan pada tahun1929. Hubble adalah seorangastronom yang mendedikasikan hidupnya untuk sains terutama astronomi.Hukum hubble sendiri adalahsalah satu hukum dalam astronomi yang menyatakan bahwa pergeseranmerah dari cahaya yang datang dari galaksi yang jauh adalah sebandingdengan jaraknya.

Peluncuran Teleskop Hubble Sempat Tertunda

space launch

Pada tahun1985 pengkonstruksian teleskop hubble telah berhasil diselesaikan,dan teleskop hubble direncanakan untuk mulai dioperasikan pada tahun1986. Tapi pengoperasiannya ditunda sementara akibatdaribencana pesawat angkasa challenger yangmeledak ketika peluncuran pada 28 Januari 1986, sebelumakhirnya Hubble resmi diluncurkan pada april 1990.

Lensa Hubble Bergeser

Beberapa tahun setelah dioperasikan, teleskop ini mengirim gambar yang buram dan tidak jelas, ternyata lensa hubble bergeser sebanyak 1/50 ketebalan rambut manusia. Pada desember 1993 NASA mengirimkan pesawat ulang alik Endeavor untuk memodifikasi Hubble dangan menambahkan kamera baru untuk memperbaiki kesalahan pada lensa primernya.

Sempat Mati Selama 3 Minggu dan Mengalami Beberapa Kerusakan

Dilansirdari laman resmi NASA pada 5 oktober 2018,Hubble mengalami kerusakan pada salah satu sensor lensa giroskopnya,yang menyebabkan Hubble harus berada dalam keadaan safe mode atauseperti mati suri. Sensorgiroskop ini berfungsi untuk mengukur atau mempertahankan orientasidan kecepatan angular, alat ini juga mampu mengukur seberapa cepatsebuah pesawat luar angkasa ketika berbelok, dan lensa ini jugamembantu teleskop hubble untuk mengunci pandangan terhadap targetbaru di antariksa.

Untuk menangani kerusakan ini, NASA merestart giroskop yang ada pada hubble, tapi tidak ada perkembangan. Hingga pada akhirnya tim operasional Hubble membuat teleskop tersebut menjalankan sebuah manuver yang dilakukan selama beberapa hari dan Hubble pun berhasil diperbaiki. Perbaikan ini memakan waktu hingga 3 minggu sebelum akhirnya hubble kembali beroperasi pada tanggal 26 Oktober 2018.

Pada 8 Januari lalu, NASA menyebutkan kamera teleskop hubble tidak dapat beroperasi karena mengalami kerusakan lagi pada Wide Field Camera 3, tapi tidak disebutkan kerusakannya seperti apa.

Waktu Operasinya di Perpanjang

Hubble telah menjalankan beberapa misi yang bisa dibilang berhasi. Dua misi terakhirnya adalah pada tahun 2001 dan 2003.

Hubble seharusnya sudah tidak di gunakan pada akhir tahun 2005 lalu, namun pada tahun 1997, NASA memutuskan untuk memperpanjang pengoperasian Hubble sampai tahun 2010 hingga sekarang karena para ilmuan masih optimis dengan kinerja hubble. Namun nanti pada tanggal 30 Maret 2021 , Teleskop James Webb akan diluncurkan dan akan menggantikan Hubble.

Hubble Dapat Melihat Masa Lalu Alam Semesta

waktu dan antariksa

Nah ini adalah fakta paling keren dari teleskop hubble yangmenjadikannya teleskop legendaris dan teleskop yang sangat berjasabagi ilmu pengetahuan di Bumi. Hubble dapat melihat masa lalu alamsemesta, eits tapi jangan salah paham dulu, hubble tidak mempunyaikekuatan magis atau bukan alat ajaib yang bisa melihat masa lalu.Maksud dari kata kata ini adalah, dalam penelitian hubble di luarangkasa, ia telah membantu ilmuwan dalam mempelajari, mengobservasidan memahami tentang jagat raya, dan objek luar angkasa lainnyaseperti lubang hitam, galaksi, bintang bahkan bagaimana caranya tatasurya kita bisa terbentuk melalui penemuannya. Ia banyak mengirimkangambar gambar yang menakjubkan dari luar angkasa seperti supernova,lahirnya bintang dan tabrakan bintang.

Hubble telah berhasil menangkap sebuah kosmos dalam gugusan galaksi, kosmos tersebut diberi nama Abell s1063 . Gugusan ini diperkirakan berjarak sekitar empat miliar tahun cahaya dari Bumi. Dengan jarak empat miliar tahun cahaya dari Bumi, berarti lokasi tersebut dapat ditempuh selama empat miliar tahun dengan kecepatan cahaya. Sehingga jika teleskop Hubble dapat menagkap cahaya galaksi yang berjarak empat miliar tahun cahaya, itu artinya cahaya atau objek yang ditangkap hubble merupakan cahaya atau objek dari empat miliar tahun lalu. Dengan kata lain, hubble sebetulnya sudah melihat masa lalu alam semesta. Waduh hebat banget ya hubble ini bisa menangkap objek pada jarak sejauh itu.

Kesimpulan

Nahguys, itu semua adalah fakta menarik hubble yang bisa kita beritahuke kalian. Pantas saja ya hubble ini viral sekali dikalanganastronomi. Dan untuk kalianketahui, setiaptahun NASA akan mengabadikan gambar nebula laguna yang ditangkap olehteleskop hubble sebagai bentuk perayaan ulang tahun teleskop ini.Waah saking berjasanya bagi para ilmuwan sampe dirayain ya ulangtahunnya, ada yang mau nitip kado? Wkwkwk.

Bythe way anyway busway, videonya cukup menarik ya guys, dan kami harapbisa menambah wawasan kalian semua. Oh iya, kalau kalian suka denganvideo kali ini, kalian boleh tekan tombol like dan share videonya yaguys, dan jangan lupa juga isi kolom komentar kalo ada yang maukalian sampaikan mengenai topik dan video kali ini.

Well,kayaknya sampai disini dulu pertemuan kita kali ini, makasih banyakya buat kalian yang udah nonton videonya sampai habis, tetep staytune terus di channel bicara dan tunggu video terbaru kita oke?.Baiklah kalau begitu, channel bicara mau pamit undur diri, sampaiketemu di video lainnya ya guys, see you!.

Sumber :

  • The Extraordinary Hubble Space Telescope – Youtube
  • Teleskop luar angkasa Hubble – Wikipedia
  • Bisa “Lihat” Masa Lalu Alam Semesta, Ini 5 Fakta Teleskop Hubble NASA! – IDN Times
  • Sempat ‘Mati Suri’, Begini Nasib Teleskop Hubble Sekarang – Detik News