Well hallo teman bicara semuanya apakabar lagi, pada cerita baru kali ini channel bicara akan membahas pertanyaan yang pernah di tanyakan kepada channel bicara nih tentang orbit bumi dan matahari, pertanyaan ini cukup seru untuk di bahas karena banyak juga yang menanyakan hal yang sama.

pasti kalian semua akan bertanya tanya nih tentang cerita yang satu ini karena memang banyak sekali yang bertanya mengenai hal ini, nah lantasi bagaimana jika planet yang satu ini benar benar terjdi kemanakah bumi akan pergi? dan kemana tujuan akhir bumi. semua itu akan kita bahas dalam pembahasan berikut ini so simak ceritanya sampai akhir ya guys.

Apa Itu Orbit?

sebelum menjawab pertanyaan tentang orbit bumi sebelumnya kita harus mengetahui apa itu orbit sebenarnya nah Dalam fisika, suatu Orbit atau Garis edar adalah jalur yang dilalui oleh objek, di sekitar objek lainnya, di dalam pengaruh dari gaya gravitasi.

Gravitasi melengkungkan ruang layaknya bola melengkungkan karet dan membuat benda di sekitarnya bergerak lurus di area lingkaran. 

Orbit pertama kali dianalisis secara matematis oleh Johannes Kepler yang merumuskan hasil perhitungannya dalam hukum Kepler tentang gerak planet. Dia menemukan bahwa orbit dari planet dalam tata surya kita adalah berbentuk elips dan bukan lingkaran atau episiklus seperti yang semula dipercaya.

Gravitasi Dan Orbit 

so itu artinya orbit terjadi jika ada tarikan gaya gravitasi dari suatu object, tentunya seperti gaya tarikan yang terjadi antara bumi dan matahari nah sekarang kembali ke pertanyaan bisa kah bumi keluar dari orbit?  tentu jawabanya bisa dalam tanda kutip. 

jika ada sesuatu yang bisa mempengaruhi orbit bumi atau hal yang bisa mempengaruhi kesetimbangan gravitasi, misal bumi ditabrak objek lain yang sangat besar sehingga gaya yang dihasilkannya jauh lebih besar dari gravitasi matahari atau bila tata surya kita suatu saat melewati objek yang memiliki gaya tarik yang sangat tinggi (misalnya terjadi tabrakan antar galaksi) ,atau bisa juga dikarenakn induk bintang utama atau matahari mati maka bumi bisa saja menjadi rough planet.

Kemana Bumi Pergi

so jadi kalo bisa keluar dari orbitnya kemana bumi itu akan pergi? akan kah menjadi rough planet yang berkeliaran di alam semesta yang luas ini dan tidak tahu arah, seperti merpati yang tidak tahu jalan pulang, seperti hati yang tidak memiliki sangkarnya atau seperti jomblo yang tidak tahu kemana lagi harus mencari jodoh hahaha ok bali lagi jadi gimana? hal apa yang akan terjadi sebenarnya.

jadi jawaban sederhananya Bila bumi terlepas dari orbit oleh suatu dan lain hal, yang jelas tidak ada matahari. Bumi akan gelap gulita. Artinya tidak ada energi (sumber utama energi bumi adalah matahari) dan semua kehidupan akan mati.

bumi akan terombang ambing tidak jelas kemana arahnya hingga menemukan energi yang cukup kuat untuk menarik bumi kedalam bintang induknya yang baru, itu jika tertarik dan membuat bentang orbit namun bagaimana jika yang menarik itu adalah lubang hitam? bisa saja bumi langsung terhisap dan musnah seketika oleh lubang hitam itu so yang pasti bumi mati dan kehidupan akan musnah.

nah barusan tadi itu adalah penjelasan bumi dan orbit menurut versi bicara, menurut kalian bagaimana jika bumi keluar dari orbitnya? apa yang terjadi ceritakan menurut versi kalian sendiri di kolom komentar di bawah ini ya, untuk cerita kali ini cukup sampai disini dulu ya guys, jangan lupa stay tune terus di sini dan pantengin video terbaru kita atau cerita terbaru kita ya guys.