Perbandingan Bintang Matahari Dengan Bintang Lain

Hi guys balik lagi sama Bicara. Well, Siapa disini yang belum tahu apa itu matahari? Iya betul matahari adalah pusat tata surya kita, tapi siapa yang belum tahu kalo matahari itu adalah bintang? Wah yang belum tahu kalo matahari itu adalah sebuah bintang artinya kalian belum nonton video tentang Matahari yang lain di channel ini pasti hehehe. nah sekarang kita akan cari tahu Sebesar Apa Matahari dengan Bintang Lain

Well buat yang nggak tahu, matahari adalah Bintang terbesar dan terbaik di Tata Surya kita, ia memiliki ukuran sebesar 696.340 km, dan massa nya sekitar 330.000 kali massa Bumi, berapa tuh? Coba itung sendiri ehhehe. Tapi guys, matahari adalah bintang terbesar di tata surya kita ya, kalo di Alam semesta? Apa ada yang masih berfikir kalo matahari adalah bintangg terbesar di Alam semesta, waduh, kemana aja kalian hmmm.

Matahari bukanlah bintang terbesar di alam semesta guys, di galaksi Bima sakti maupun diluar galaksi Bima sakti masih terdapat banyak sekali bintang lain yang seukuran dengan Matahari, bahkan ada yang lebih besar lagi. Nah kira kira, sebesar apa ya matahari kita kalau dibandingkan dengan bintang lain di luar sana? Kalian penasaran kan?

Proximxa Centauri

Bintang yang pertama yang akan kita bandingkan dengan matahari adalah Proxima Centauri. Proxima Centauri adalah sebua bintang yang memiliki ukuran 107.280 km, yaitu 6 kali lebih kecil dari Matahari, dan massanya adalah 1/8 dari Massa matahari kita. yaa sudah jelas kan bintang ini berukuran lebih kecil dari matahari ehehe.

Proxima Centauri kemungkinan merupakan bagian dari sistem bintang tiga bersama dengan Alpha Centauri A and B. Well kalian pasti bingung dengan kaitan antara Alpha Centauri dengan Proxima Centauri, kalo iya, coba komen dibawah siapa yang penasaran, kalo banyak yg request tar kita bakalan bahas mengenai kedua bintang ini di kesempatan yang lain. Oke?

Ngomong ngomong Proxima Centauri diketahui hampir menyerupai Tata surya guys, setelah diteliti, pada proxima centauri terdapat debu yang ternyata mirip dengan sabuk asteroid dan sabuk kuiper yang ada di tata surya kita. Selain itu, proxima centauri juga di orbit oleh dua eksoplanet yang diberi nama proxima centauri B dan C.

Sirius Stars

Jika proxima adalah bintang yang berukuran lebih kecil dari Matahari, kini ada Sirius atau alpha Canis Majoris yang memiliki massa 2 kali massa Matahari kita guys, dan radius sirius sekitar 1, 19 juta km besarnya. Wah hampir dua kali lipatnya Matahari ya. Selain itu sirius ini 25 kali lebih terang dari Matahari loh guys, ia adalah bintang paling terang di langit malam kita dan akan memegang predikatnya hingga 210.000 tahun kedepan, ia adalah bintang paling terang dalam rasi Bintang.

Sirius ini adalah sebuah sistem bintang biner yang terdiri dari 2 bintang Bernama Sirius A dan Sirius B, Sirius B adalah bintang katai putih redup. Sirius A dan B saling mengorbit satu sama lain dengan waktu 50 tahun. Bintang ini adalah bintang terdekat dari Bumi dan ia akan bergerak mendekat secara bertahap ke arah tata surya, dan pada 60.000 tahun kedepan kecerahannya akan meningkat, sebelum akhirnya ia akan menjauh dan meredup.

Arcturus

lalu sekarang ada arcturus guys, arcturus ini memiliki radius 17,671 juta km, yaitu 26 kali ukuran matahari, wow jelas lebih besar dari ukuran matahari ya guys. Arcturus adalah bintang tua di piringan Bima Sakti, dan tampak bergerak bersama dalam sebuah kelompok 52 bintang sejenis. Massanya sulit untuk diperkirakan, tetapi mungkin sama dengan massa matahari, tetapi tidak lebih dari 1,5 kalinya. Dengan massa tersebut Arcturus berarti lebih tua daripada Matahari, dan menggambarkan rupa Matahari saat mencapai fase raksasa merah.

Bintang arcturus menjadi bintang paling terang ketiga di langit malam dan merupakn bintag paling terang di belahan langit utara. Dan ia berjarak 43,9 tahun cahaya dari Bumi menurut pengukuran satelit Hipparcos.

Hipparcos juga menemukan bahwa arcturus ini sebuah sistem bintang ganda, dengan bintang keduanya yang 20 kali lebih redup dan mengorbit cukup dekat sehingga berada dalam batas kemampuan kita untuk mendeteksinya. Hasil penelitian terkini masih kurang meyakinkan, tetapi mendukung deteksi marginal dari Hipparcos. Hmm menarik juga ya.

Polaris Stars

Siapa yang tidak kenal dengan bintang yang satu ini? Bintang yang paling terang di rasi Bintang Ursa Mayor? Bintang Polaris, biasa di sebut juga sebagai Bintang kutub atau bintang Utara.

Bintang ini diperkirakan memiliki diameter hampir 40 kali lebih besar di banding dengan Matahari dan massanya sekitar 5 kali lebih berat dari Matahari, bisa kalian bayangkan sekecil apa Matahari kita? By the way polaris ini adalah sebuah sistem multi bintang guys, jadi bintang ini tidak hanya terdiri dari satu bintang saja. Polaris ini berjarak kira kira 430 tahun cahaya dari Bumi.

Aldebaran (Alpha Tauri)

Ada juga Aldebaran yang mempunyai ukuran 30,701 juta km, atau sekitar 44.2 kali dari radius Matahari guys, Jika kita menggantikan Matahari kita dengan Aldebaran, maka permukaan bintang ini akan mencapai orbit Merkurius. Aldebaran termasuk kedalam Bintang raksasa jingga yang sering di juluki Mata banteng atau Bull Eye karena posisinya yang berada di kontelasi Taurus berada tepat di mata banteng taurus.

Massa aldebaran sendiri adalah 1.7 kali lebih masif dari matahari. Dalam cahaya tampak, luminositas bintang ini sekitar 153 kali lebih terang dari matahari, meskipun suhu permukaannya lebih rendah (kira-kira 4.000 kelvin sementara Matahari sekitar 5.800 kelvin matahari).

Aldebaran adalah sistim bintang ganda yang memiliki bintang pendamping samar berkelas katai merah yang berjarak 3,5 hari cahaya dari Aldebaran. Dengan kata lain, cahaya dari Aldebaran memerlukan waktu 3,5 hari untuk mencapai bintang pendampingnya, berbeda dengan cahaya Matahari yang hanya membutuhkan waktu 8 menit untuk mencapai Bumi kita. Dan jaraknya dari Bumi adalah sekitar 62-65 tahun cahaya dari Bumi.

Antares Stars

Antares berjarak kurang lebih sekitar 604 tahun cahaya dari Bumi. Ia merupakan bintang raksasa merah yang memiliki radius 850 kali lebih besar dari Matahari. Bintang ini seedang dalam masa sekarat guys. Jika ditempatkan di Tata Surya, tepi bintang ini akan mencapai orbit luar Mars. Ia adalah bintang super raksasa merah di rasi bintang scorpio dalam galaksi Bima Sakti dan bintang paling terang ke-16 pada langit malam, tapi kadang kadang terdaftar juga sebagai bintang paling terang ke-15. Lah kok bisa beda gitu ya? Ada yang tau? Coba komen di bawah.

Antares adalah sistim dengan dua bintang yang terdiri dari bintang supergiant merah Antares A dan bintang yang lebih kecil tapi lebih panas yaitu Antares B. Antares A diperkirakan memiliki massa 18 kali lebih besar dari massa Matahari, sedangkan ukuran Antares B 10 kali lebih besar dari Matahari dan 150 kali lebih terang dari Matahari kita,tetapi karena dia berdampingan dengan bintang induknya yang sangat besar, menyebabkan Antares B tidak dapat dilihat tanpa bantuan teleskop.

Betelgeuse

Selain antares, ada lagi bintang yang sedang berada di masa sekarat guys, yaitu Betelgeuse. Si raksasa merah ini dikabarkan sedang berada dalam masa kritis sejak 10 juta tahun yang lalu, dan diperkirakan akan meledak dalam 100.000 tahun kedepan dan akan menyebabkan supernova.

Oh iya, radius betelgeuse sendiri sekitar 617,1 juta km guys, itu sekitar seperempat ukuran tata surya kita, wadaw besar sekali. Ia merupakan bintang paling terang no 9 di langit malam, dan merupakan bintang yang paling terang di Rasi orion. Kalian tahu kan rasi orion? 3 bintang kembar yang sejajar di langit itu adalah rasi orion, dan salah satunya adalah betelgeuse.

Hmm kalo betelgeuse meledak berarti gaada 3 bintang kembar lagi dong? Hmm bisa kita bahas nih lain waktu ehehe. Any way, betelgeuse ini memiliki cahaya yang lebih terang dari Matahari, yaitu sekitar 10.000 kali terangnya dibandingkan matahari kita, wow!

VY Canis Majoris

Siapa yang nggak tau si mantan? VY Canis Majoris adalah mantan bintang yang paling besar di alam semesta guys. Ia ini adalah sebuah bintang maharaksasa merah yang terletak di rasi canis Majoris. Ia memiliki jari jari 1800 sampai 2100 kali jari jari matahari.

Radiusnya sekitar 987,89 juta km. Jika matahari di ganti oleh VY Canis Majoris maka radiusnya bisa melampaui orbit saturnus. Wah ukurannya lebih dari setengah ukuran tata surya kita guys, yaitu sekitar 1.420 kali radius matahari.

VY Canis Majoris juga tergolong kedalam bintang yang sedang sekarat, dan diperkirakan akan meledak dalam kurun waktu 100.000 tahun kedepan dan akan menyebabkan ledakan hipernova.

Secara teoretis, hipernova akan menyebabkan ledakan sinar gamma yang dapat merusak isi sistem tata surya terdekat (2-5 tahun cahaya). Tetapi, ledakan VY CMa diharapkan terlalu jauh untuk mempengaruhi Bumi.

UY Scuti

Bintang yang satu ini sekarang tercarar sebagai bintang terbesar di Alam semesta kita guys, ia memiliki radius 1,516-1,900 kali radius matahari, yaitu sekitar 1,1883 miliar km, Inilah dia, UY Scuti. Ukurannya yang sebesar itu membuat matahari tampak seperti sebuah debu, ia adalah red supergiant star. Massanya sendiri diperkirakan 21 miliar kali lebih berat dari Matahari kita.

Jarak UY Scuti ke Bumi adalah sekitar 5.219 – 9.500 tahun cahaya. Jika Matahari di ganti oleh UY Scuti, maka diameter dari bintang satu ini akan mencapai jalur revolusi planet Jupiter guys, dan artinya planet lain yang berada lebih dekat ke matahari selain Jupiter akan dilahap habis, wow ngeri juga ya. Dan ngomong ngomong, UY scuti ini adalah perebut gelar VY Canis majoris guys ehehe.

Kesimpulan

Nah sekarang kalian paham kan kalau matahari bukanlah bintang paling besar di Alam semesta kita ini, dan bukan juga yang terkecil. Sebenarnya masih banyak lagi bintang lain di Alam semesta ini yang belum bisa kita jabarkan satu satu, kalian boleh browsing sendiri dan pasti kalian bakal menemukan ribuan bintang lainnya, dan mungkin akan kita bahas dikesempatan berikutnya ya guys.

By the way, walaupun UY Scuti sekarang menjadi bintang terbesar di Alam semesta yang ditemukan oleh para astronom, di luar sana pasti masih ada bintang lain yang lebih besar dari UY Scuti loh guys, hanya saja belum bisa ditemukan oleh para astronom.

Dan ukuran serta massa setiap bintang yang tadi Bicara sebutkan sewaktu waktu bisa berubah, karena bintang itu akan selalu berkembang menjadi lebih besar guys. So, kalau ada perbedaan ukuran Bicara minta maaf ya, mungkin ada beberapa sumber yang memiliki update info yang berbeda beda.

Dan anyway, itu semua adalah info yang bisa kita kasih mengenai perbandingan matahari dengan bintang lain, cukup menambah wawasan kalian bukan?Sepertinya kita akhiri dulu pertemuan kali ini, karena sepertinya Bicara sudah telalu lama dan cerita ini sudah sangat panjang sekali. Well tetap stay tune dan nongkrong disinia ya, dan nantikan cerita dan video terbaru dari channel bicara okay!.

Sumber :

  • Universe Size Comparison 3D 2019 – Youtube
  • Proxima Centauri – Wikipedia
  • Sirius – Wikipedia
  • Arcturus – Wikipedia
  • Polaris – Wikipedia
  • Aldebaran – Wikipedia
  • Antares – Wikipedia
  • Betelgeuse – Wikipedia
  • VY Canis Majoris – Wikipedia
  • UY Scuti – Wikipedia