Menurut kalian tempat apa sih yang paling menyeramkan di Bumi atau Alam Semesta? Kuburan? Rumah angker? Atau gedung yang sudah lama tidak beoperasi? Hmm kayaknya asik nih kalo kita bahas satu persatu. But wait! Sepertinya kalo kita bahas itu di bicara indonesia ini agak menyimpang sedikit ya? Tapi tenag dulu, Bicara punya hal yang lebih asik untuk di bahas dibandingkan dengan tempat menyeramkan di Bumi, yaitu Tempat Tempat paling Menyeramkan di Alam Semesta! Wow apa aja ya? Kalian penasaran?

Tahan dulu rasa penasaran kalian, biar enak, mending subscribe dulu channel Bicara buat yang belum, dan jangan lupa aktifkan lonceng notifikasinya jug aya guys, biar kalian nggak ketinggalan kalau ada video lain yang seperti ini, oke? Sip kalo udah, yuk simak video berikut ini.

WASP-12b

Wasp 12b dekat Bintang Induknya

yang pertama ada planet WASP-12b, planet ini terletak sekitar 4000 tahun cahaya dari Bumi, tepatnya dalam rasi Bintang Auriga. Apa yang membat planet inimenjai salah satu tempat yang menyeramkan di alam semesta?

WASP-12b mengorbit sebuah bintang induk pada jarak 3,4 juta kilometer, memang terdengar sangat jauh, tapi jarak ini adalah 1/4 dari jarak Bumi dan Matahari kita, tapi karena saking dekatnya dengan bintang induknya, planet ini menjadi sangat tidak karuan guys. Kalau kalian berniat mengunjungi planet ini, sebaiknya urungkan niat kalian semua, karena planet ini tidak lama lagi akan ditelan oleh bintang induknya.

Suhu permukaan planet ini mencapai lebih dari 2.200 derajat celcius, dan akibat dari gaya gravitasi sangat besar yang diterimanya membuat planet ini berbentuk seperti telur. Saat ini ukurannya kira kira tiga kalii lipat ukuran planet Jupiter, tapi setiap detiknya ia kehilanggan massa sebanyak 6 triliun kilogram, dan diperkirakan planet ini hanya akan bertahan selama 10 juta tahun lagi sebelum akhirnya ditelan habis oleh bintang induknya. Wooow!

Super Massive Electric Current

Tempat paling menyeramkan di alam semesta 2 : Electric Current

Selanjutnya ada Arus Listrik Super Massive. Kalian selama ini mungkin berfikir kalau lubang hitam supermasif adalah objek yang paling mengerikan di Alam semesta, karena mereka adalah objek yang belum bisa di jamah atau diteliti secara maksimal, serta tidak ada satupun objek yang dapat lolos darinya, termasuk cahaya.

Tapi selain lubang hitam, di salah satu galaksi pada jarak 2 miliar tahun cahaya terdapat sebuah medan magnet kolosal yang menghasilkan arus listrik terbesar yang diketahui di alam semesta. Galaksi tersebut adalah galaksi 3C303 yang arus pada intinya ditemukan oleh ilmuwan di Universitas Toronto 2011.

Arusnya setara dengan satu triliun petir atau cukup untuk daya semua bola lampu Planet Bumi selama 12 miliar tahun. Arus yang didorong keluar angkasa sejauh 150 ribu tahun cahaya. Bandingkan dengan galaksi bima sakti yang radiusnya hanya 100 ribu tahun cahaya, jauh sekali ya.

The Perseus Cluster

Tempat paling menyeramkan di alam semesta 3 : Perseus Cluster

Jika kalian perhatikan gambar ini adalah gambar asli dan bukan hasil editan, ini adalah gambar “screaming skull”, yaitu gambar sinar X dari gugusan galaksi yang dikenal sebagai perseus cluster, yang berjarak 320 juta tahun cahaya dan berisi ribuan galaksi. Gambar ini diambil oleh teleskop Chandra Obeservatory.

Gambar tengkorak ini adalah gambar awan intracluster gas. Gambarnya yang mengerikan itu diperkirakan merupakn gambar yang tercipa oleh lubang hitam supermasif di pusat gugus tersebut, dan lubang lubang nya tercipta karena ledakan besar besaran partikel partikel energetik. Well, gimana kita mau kesan ya guys, liat bentuknya aja udah serem ehehe.

Selain screaming skull ditemukan juga sebuah objek yang nggak kalah mengerikan bernama “tangan Tuhan”. Yaitu sebuah tangan hijau bercahaya yang menjangkau keluar angkasa meraih awan cahaya merah. Tangan ini sebenarnya adalah nebula angin pulsar, yang diproduksi oleh sisa-sisa bintang yang meledak dalam supernova jutaan tahun yang lalu.

Extreme Pumpkin Stars

Tempat paling menyeramkan di alam semesta 4 : Pumpkin Stars

Kalian mungkin familiar dengan ikon ikon hari Hallowen seperti tengkorak dan tangan zombie serta labu, nah kali ini berbeda, ada sebuah objek bernama bintang labu ekstrem. Ada 18 bintang labu ekstrem yang ditemukan oleh satelit Kepler milik NASA pada tahun 2016, di konstelasi Cygnus dan Lyra, sekitar 6,000 tahun cahaya dari Bumi.

Walaupun namanya yang unik, tapi bintang ini ternyata sangat ekstrem guys, Bintang ini dapat berotasi rata rata hanya dalam beberapa hari saja, itulah yang menyebabkan bentuknya menjadi seperti labu. Jika dibandingkan dengan Matahari kita, matahari dapat melakukan rotasi dalam waktu 1 bulan guys.

Selain itu bintang ini juga mnenghasilakn sinar X. Ke 18 bintang labu ini ditemukan menghaislkan sinar X 100 kali lebih besar dari tingkat puncak sinar yang di berikan oleh Matahari. Salah satu dari bintang labu ini yaitu Ksw71, memiliki massa 10 kali lebih besar dari Matahari dan menghasilkan emisi sinar X yang 4000 kali lebih besar dari Matahari, wah ekstreme banget ya. Kalo kita kesan sudah pasti hangus terbakar wkwkwk.

TrES-2b

Tempat paling menyeramkan di alam semesta 5 : TrES-2b

Tres 2b adalah sebuah planet tergelap yang pernah ditemuakan oleh NASA. Planet ini terletak sekitar 750 tahun cahaya di rasi Bintang Draco. TrES-2b mengorbit sebuah bintang bernama GSC 03549-02811, yang dikenal sebagai kepler 1. Ia adalah sebuah raksasa gas dengan komposisi yang mirip dengan planet Jupiter dan mengorbit bintang kepler-1 pada jarak yang relatif intim, yaitu 5 juta kilometer.

TrES-2b memantulkan kurang dari 1% dari semua cahaya yang diterimanya, tapi itulah yang menjadi misteri mengapa planet ini menjadi sangat gelap. Satu penjelasan yang potensial adalah bahwa gas gas yang membentuk permukannya seperti natrium , dan kalium atau gas titanium oksida menyerap semua cahaya yangditerimanya.

Atau bisa juga kegelapan di TrES-2b disebabkan oleh kurangnya awan reflektif di atmosfernya. Cukup mengerikan juga ya planet ini, tapi kalau menurut kalian kegelapan di planet ini tidak cukup mengerikan, kalian harus tau kalo sebenarnya ia bercahaya dari dalam berwarna merah tua yang sangat pekat, menurut para ilmuwan temperaturnya mencapai 1100 derjat celcius. Wow, walaupun gelap tapi planet ini sangat panas ya guys.

Kesimpulan

Well, itu adalah beberapa tempat tempat paling menyeramkan di Alam semesta, memang cukup menyeramkan ya guys, dan pastinya kalo ada manusia yang kesana sudah dipastikan yang pulang ke Bumi tinggal nama ehehe. Dan kalo mau kesana juga kayaknya mikir 2 kali deh, ke wc malem malem aja masih minta ditemenin nonton horor aja masih nutup mata, so nggak usah coba coba deh ya ehehe.

By the way, video ini bakal ada lanjutan part 2 nya, kalian tunggu aja ya next day bakal kita post videonya, so jangan bosen bosen pantengin channel bicara dan tungguin notif dari kita oke? Dan ngomong ngomong sekarang bicara mau pamit dulu, see you in the next video dan nantikan part 2 nya ya guys, bye!

Sumber :

  • 10 Most Terrifying Places In The Universe – Youtube