15 Pemandangan Teraneh dari Google Earth

Di internet saat ini, sudah banyak pemandangan teraneh dari Google Earth yang kita ketahui. Mulai dari circle crop, pulau tak teridentifikasi, hingga pangkalan militer rahasia, Google Earth memperlihatkan tempat-tempat aneh dan misterius semacam ini pada kita.

Google Earth mengumpulkan gambar-gambar dari berbagai sumber, mulai dari satelit dalam orbit geosinkronisasi yang mengambil foto resolusi rendah dari puluhan ribu mil di atas Bumi, hingga dari satelit yang lebih dekat dengan Bumi yang mengambil foto resolusi tinggi bahkan foto-foto udara dari pesawat, layangan, drone, dan balon udara.

15 pemandangan teraneh dari Google Earth berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Lingkaran Swastika

Pemandangan Teraneh dari Google Earth : Lingkaran Swastika
Created with GIMP

Lebih dari 50 geoglif yang diduga berusia 2.000 tahun, ditemukan di penjuru utara Kazakhstan, termasuk yang berbentuk swastika. Meskipun simbol swastika terbuat dari kayu, kebanyakan geoglif umumnya terbuat dari gundukan tanah.

Swastika sendiri merupakan simbol religius kuno yang disucikan dalam tradisi Hindu. Diyakini sebagai simbol tertua di dunia, swastika diperkirakan sudah ada sejak 4.000 tahun yang lalu. Berbagai variasi Swastika dapat ditemukan pada peninggalan-peninggalan arkeologis yang tersebar pada wilayah geografis yang amat luas mulai dari  Turki, Yunani, Cina, Jepang, negara-negara Skandinavia dan Slavia, Jerman, hingga Amerika.

Pulau di Tengah Danau atau Danau di Tengah Pulau?

Pemandangan Teraneh dari Google Earth : Pulau di Tengah Danau atau Danau di Tengah Pulau?
Courtesy Google Earth

Pemandangan teraneh dari Google Earth yang ini tampak sangat unik sekaligus menakjubkan; sebuah pulau di tengah danau atau danau di tengah pulau. Atau gabungan keduanya.

Gambar yang diambil oleh Google Earth ini menunjukkan sebuah pulau kecil yang terletak dalam danau kawah di sebuah pulau bernama Pulau Volcano pada Danau Taal di Luzon, Filipina.

Selama bertahun-tahun pulau danau ini (disebut juga subpulau) adalah yang terbesar yang pernah tertangkap oleh Google Earth. Akan tetapi gelar tersebut kini diberikan pada pulau danau seluas 4 hektar yaitu Pulau Manitoulin, Kanada.

Situs Peluncuran Rudal Terbengkalai

Pemandangan Teraneh dari Google Earth : Situs Peluncuran Rudal Terbengkalai
Courtesy Google Earth

Rudal Nike, sebuah misil darat udara supersonik, terlihat siap meluncur di lebih dari 300 situs di penjuru Amerika Serikat selama periode 1954 hingga 1970an. Beberapa rudal bahkan dilengkapi dengan hulu ledak nuklir. Rudal-rudal tersebut lama-kelamaan menjadi usang karena mulai muncul rudal balistik antarbenua.

David Tewksbury, seorang spesialis sistem informasi geografi di Hamilton College, New York, mengusulkan agar dapat melestarikan rekaman visual situs peluncuran rudal Nike yang terbengkalai ini sebelum menghilang, entah karena faktor alam atau karena lokasinya dikembangkan oleh untuk keperluan militer.

Tewksbury memiliki rencana untuk membangun database berbasis geografi sehingga orang-orang dapat meriset sendiri rudal Nike melalui Google Earth.

Roda Misterius

Pemandangan Teraneh dari Google Earth : Roda Misterius
Courtesy Google Earth

Google Earth sering kali menangkap beberapa karya seni kuno yang terpahat di permukaan Bumi. Salah satunya adalah struktur berbentuk roda yang diperkirakan berusia 8.500 tahun. Lebih tua dari geoglif Peru, Nazca Lines.

Beberapa desain bercabang yang menghiasi Azraq Oasis, Yordania ini tampak seperti diposisikan sedemikian rupa sehingga sejajar dengan matahari terbit di titik balik matahari musim dingin.

Sebuah tim ilmuwan bersama Aerial Photographic Archive for Archaeology in the Middle East (APAAME) telah menyelidiki kumpulan struktur yang serupa roda ini melalui citra satelit.

Mereka menemukan beragam variasi desain. Ada yang memiliki jari-jari yang memancar dari pusat seperti roda pada umumnya, ada yang hanya memiliki satu atau dua batang, dan ada pula yang tidak melingkar sama sekali.

Anomali Piramida

Pemandangan Teraneh dari Google Earth : Anomali Piramida
Courtesy Google Earth

Pemandangan teraneh dari Google Earth ini menunjukkan anomali yang diyakini sebagian orang sebagai piramida yang belum pernah digali. Masih banyak lagi anomali di Mesir telah terdeteksi lewat Google Earth dalam lima tahun terakhir. Akan tetapi, ada perdebatan apakah piramida ini adalah fitur geologis yang terbentuk secara alami di masa peradaban kuno atau merupakan buatan manusia.

Diperlukan lebih banyak penggalian untuk mengidentifikasi piramida misterius ini, tetapi sayangnya karena alasan keamanan dan situasi ekonomi, Mesir telah membatasi jumlah serta ukuran penggalian.

Pulau Bayangan

Pemandangan Teraneh dari Google Earth : Anomali Piramida
Courtesy Google Earth

Selain Palung Mariana, ada tempat misterius lain yang terdapat di badan air, yaitu pulau bayangan yang tidak teridentifikasi ini.

Pada 2012, sekelompok peneliti Australia menemukan sebuah pulau seukuran Manhattan di Pasifik Selatan. Pulau misterius bernama Sandy Island ini terlihat di peta, tepatnya di barat laut Kaledonia Baru. Terlihat sebuah poligon hitam memanjang melalui hasil tangkapan visual Google Earth.

Namun ketika para ilmuwan berlayar ke sana pada November 2012, mereka malah menemukan area perairan terbuka dan tidak ada tanah atau daratan apapun.

Para peneliti kemudian menjelaskan mengapa bisa ada daratan tak teridentifikasi yang tercantum di peta selama lebih dari 100 tahun. Hal ini adalah karena adanya human error dalam proses perekaman serta kemungkinan adanya rakit batu apung.

Danau Berdarah

Pemandangan Teraneh dari Google Earth : Danau Berdarah
Courtesy Google Earth

Di luar Kota Sadr, Irak, pada koordinat 33.396157 ° N, 44.486926 ° E, terletak sebuah danau berwarna merah darah. Sampai sekarang belum ada penjelasan resmi tentang warna badan air yang aneh ini.

Namun, ada banyak spekulasi yang beredar mengenai sebab warna merah pada danau tersebut, mulai dari limbah darah dari tempat penjagalan, ganggang merah, hingga polusi kimiawi.

Instalasi Seni Semut Padang Pasir

Pemandangan Teraneh dari Google Earth : Instalasi Seni Semut Padang Pasir
Courtesy Google Earth

Sebuah pola polkadot aneh ditemukan dekat kerucut abu vulkanik gunung berapi yang dijuluki Vulcan’s Throne di tepi utara Grand Canyon. Sebabnya ternyata hanyalah kumpulan semut.

Ternyata, gurun di sekitar Grand Canyon adalah sarang para semut merah pemanen atau red harvester ant (Pogonomyrmex barbatus). Menurut fisikawan Italia, Amelia Carolina Sparavigna, serangga kecil ini dapat membuat gundukan sarang yang membentang sekitar 120 cm dan biasanya dikelilingi oleh tanah kosong hingga setinggi 10 m2. Menurutnya, gundukan tersebutlah yang membentuk pola polkadot itu. Namun, Sparavigna mengatakan masih diperlukan konfirmasi di lapangan untuk memastikan hal ini.

Pulau di Tengah Danau atau Danau di Tengah Pulau? (2)

Pemandangan Teraneh dari Google Earth : Pulau di Tengah Danau atau Danau di Tengah Pulau? (2)
Courtesy Google Earth

Pemandangan teraneh dari Google Earth berikutnya adalah satu lagi pulau di tengah danau mirip dengan yang ada di Filipina. Subpulau ini adalah daratan sempit berukuran 4 hektar di Danau Huron, Ontario, Kanada yang berlokasi tepat di 69.793° N, 108.241° W.

Pulau ini menjulang di tengah-tengah danau kecil yang dengan sendirinya terbungkus oleh pulau yang lebih besar. Pulau yang ada dalam salah satu rangkaian danau memanjang ini terletak 12,7 km ke daratan dari pantai selatan Pulau Victoria, Kanada Utara. Dipercaya belum pernah ada manusia yang benar-benar menginjakkan kaki di subpulau ini.

Tipografi Raksasa

Pemandangan Teraneh dari Google Earth : Tipografi Raksasa
Courtesy Google Earth

Tulisan raksasa ini adalah milik Hamad bin Hamdan al Nahyan, miliarder Sheikh dan anggota keluarga yang berkuasa di Abu Dhabi. Ia mengukir namanya di permukaan berpasir di Pulau al Futaisi, sebuah pulau pribadi miliknya di Teluk Persia.

Dengan lebar 800 m dan panjang 3,2 km, huruf-huruf HAMAD ini tampak sangat jelas dari luar angkasa. Biasanya, apapun yang diukir di atas pasir lama-kelamaan akan hanyut terbawa air, tetapi huruf-huruf ini dibuat cukup besar dan dalam untuk membentuk saluran air yang kokoh dan dapat menyerap aliran gelombang air pasang.

Gurun Gobi

Gurun Gobi
Courtesy Google Earth

Sebuah gambar Google Earth mengungkapkan berbagai struktur dan pola misterius yang terukir di permukaan Gurun Gobi China. Menurut para ahli, tempat ini adalah pangkalan militer rahasia, dan strukturnya digunakan untuk berbagai keperluan termasuk pengujian senjata, kalibrasi satelit mata-mata, serta pengujian instrumentasi radar.

Tampak juga bagian gambar yang paling rumit, yaitu kisi-kisi rumit dari garis-garis lurus yang saling menjalin setiap beberapa ratus meter sepanjang 33 km. Jalinan ini kemungkinan adalah susunan antena Yagi, yaitu alat yang digunakan untuk pelacakan cuaca dan berbagai penelitian atmosfer.

Iklan KFC

Iklan KFC
Courtesy Google Earth

Pemandangan yang satu ini kemungkinan besar ada karena banyaknya orang-orang yang iseng mengeksplor Google Earth di waktu senggang. Tidak heran karena banyaknya orang-orang seperti ini, KFC khusus memasang iklan yang sangat besar di daerah terpencil. Konsep ini kemudian disebut sebagai ‘mapvertising’ atau iklan yang dipasang agar terlihat di peta.

Logo Coca-Cola terbesar di dunia, contohnya saja, dapat dilihat dari lereng bukit di Chili. Disebutkan bahwa mapvertising tersebut dibuat dari 70.000 botol Coca-Cola kosong. Sebuah gambar Colonel Sanders berukuran 8.129 m2, terlihat di koordinat 37.646163° N, 115.750819° W tidak jauh dari Extraterrestrial Highway di Nevada.

Bangkai Kapal Raksasa

Bangkai Kapal Raksasa
Courtesy Google Earth

S.S. Jassim, sebuah kapal kargo Bolivia kandas dan tenggelam di Wingate Reef, pesisir Sudan pada 2003. Di kedalaman 81 meter, kapal tersebut adalah bangkai kapal terbesar yang tampak dari Google Earth dan berlokasi di 19° 38′ 46.00″ N, 37° 17′ 42.00″ E.

Pangkalan Militer Rahasia?

Pangkalan Militer Rahasia?
Courtesy Google Earth

Sebuah gambar satelit misterius terlihat di Google Earth dan sempat membuat gempar. Seorang mantan analis CIA mengatakan kepada Wired.com bahwa telah ditemukan sebuah “struktur” di padang pasir di sekitar Kashgar, kota di padang pasir terpencil China yang merupakan bagian dari provinsi Xinjiang.

Tetapi ternyata China sendiri telah mengkonfirmasi bahwa lokasi yang sempat dipertanyakan ini akan dibangun menjadi zona ekonomi spesial Kashgar. Tempat ini pun terbilang cukup dekat dengan area berpopulasi tinggi sehingga tidak dapat disebut tempat rahasia.

Foto Satelit China

Foto Satelit China
Courtesy Google Earth

Satu lagi foto dari situs misterius ditemukan di gurun China. Sebuah struktur yang mirip seperti area kompleks pengujian helikopter. Para analis mengatakan bahwa situs tersebut tidak dapat dikaitkan dengan aktivitas militer.

Bahkan lebih jauh lagi, Stuart Hamilton, direktur program GIS di Pusat Analisis Geospasial, College of William and Mary mengatakan bahwa situs ini bukan tempat yang ideal untuk dijadikan pangkalan militer rahasia karena lokasinya tergolong dekat dengan area berpopulasi padat. Selain itu juga tidak ditemukan adanya menara atau palang-palang yang biasa ada di pangkalan militer.

Kesimpulan

Itulah tadi 15 pemandangan teraneh dari Google Earth dengan segala misterinya. Dari kejauhan banyak tempat yang kita anggap janggal atau terlihat aneh namun sebenarnya memiliki penjelasannya sendiri.

Temukan artikel-artikel misteri lain tentang Bumi dan sejarahnya di Bicara Indonesia!

Sumber :

  • The Mysterious Blood Lake of Iraq – Charismatic Planet
  • 25 Strangest Sights on Google Earth – Live Science
  • Manitoulin Island – Wikipedia