10 cara pergi keluar angkasa tanpa roket

Halo Teman teman! Ketemu lagi dengan Bicara yang kali ini akan bercerita tentang 10 cara pergi keluar angkasa tanpa roket. Nggak percaya? Ikuti dulu cerita ini sampai habis ya. Dijamin kalian akan merasa kagum dengan penemuan-penemuan jenius ini.

Saat ini, roket merupakan satu-satunya kendaraan bagi manusia untuk dapat bepergian atau mengirim muatan keluar angkasa. Namun, situasi dapat berubah di masa depan. Para ilmuwan sedang mengembangkan suatu metode perjalanan alternatif yang lain sebagai pengganti roket.

Jenis-jenis dari metode perjalanan yang sedang dikembangkan tersebut sekilas terlihat aneh dan sepertinya tidak realistis. Tapi para jenius ini tidak pernah membiarkan mimpi dan visi mereka terbuang sia-sia. Dengan segenap kemampuannya, mereka akan membuktikan bahwa alat alat ini dapat membawa manusia bertamasya keluar angkasa satu hari nanti.

Apa aja sih alat-alat transportasi alternatif canggih tersebut? Yuk kita ikuti aja 10 kemungkinan keluar angkasa tanpa roket berikut ini.

1. Space Elevators, Perjalanan keluar angkasa dengan lift raksasa!

Space Elevator - Perjalanan keluar angkasa
Space Elevator

Ide jenius ini pertama kali diusulkan oleh seorang
ilmuwan Rusia bernama Konstantin Tsiolkovsky pada tahun 1895.

Mekanisme pembuatannya secara sederhana dapat digambarkan dengan cara menghubungkan empat buah kabel ke suatu sistem lift yang mengarah ke platform di ruang angkasa atau pada bagian atas atmosfer.

Ketika lift luar angkasa tersebut melaju dengan kecepatan mencapai ribuan kilometer per jam, ujung kabel bagian atas secara otomatis akan terhubung ke massa besar seperti stasiun ruang angkasa atau bahkan asteroid. Sementara bagian bawah kabel akan dihubungkan ke menara yang akan dibangun di sepanjang garis khatulistiwa.

2. Skyhook, kail raksasa di luar angkasa!

Skyhook
Skyhook

Skyhook adalah sebuah kail raksasa yang posisinya akan dipasang memanjang dari luar angkasa dan berhenti di suatu tempat di langit. Kail raksasa ini sering diibaratkan juga sebagai miniatur dari lift ruang angkasa. Kedua transportasi alternatif tersebut memiliki sistem mekanisme yang sama dalam pengoperasiannya. Perbedaannya hanya terletak pada sistem kabel yang terhubung pada kedua alat transportasi tersebut.

Adapun mekanisme untuk mengangkut muatannya keluar angkasa dilakukan dengan cara menggunakan suatu unit penggerak elektronik. Alat tersebut memiliki kabel yang terhubung dengan ujung kail raksasa. Berdasarkan pengembangangannya, Skyhook direncanakan juga untuk dapat berfungsi sebagai pengangkut hasil mineral dari asteroid dan planet lain ke Bumi.

3. Pistol besar “Space Gun”, yang dapat menembak hingga keluar angkasa!

Space Gun - Keluar Angkasa
Space Gun

Space Gun adalah sebuah alat transportasi alternatif berupa pistol berukuran besar yang memiliki kemampuan dapat menembak muatan ke luar angkasa. Sayangnya saat alat ini dirancang, masih belum dapat digunakan oleh manusia. Kekuatannya yang super duper dahsyat menimbulkan tekanan yang terlalu besar yang dapat diterima oleh tubuh manusia. Apabila dipaksakan, akan dapat berujung dengan kematian tentunya.

Hingga saat ini salah seorang ilmuwan bernama John Hunter masih mencoba untuk terus dapat menyempurnakan penemuan yang canggih ini sejak tahun 1992. Senjata ruang angkasa yang diusulkan untuk disempurnakan disebut dengan Quick Launcher yang berukuran 1100 meter.

4. Catapult! Ketapel raksasa berkecepatan tinggi.

Catapult
Catapult

Sebuah perusahaan bidang antariksa bernama Spin Launch mempunyai visi untuk dapat memiliki sistem transportasi alternatif berupa ketapel raksasa. Transportasi ini berfungsi sebagai sarana untuk mengirim muatan keluar angkasa.

Ketapel yang dimaksud merupakan suatu sentrifugal yang dapat berputar dengan kecepatan tinggi. Perputarannya yang sangat cepat tersebut hingga memiliki kemampuan dapat melemparkan muatan keluar angkasa dengan kecepatan hingga 4.800 kilometer per jam.

Untuk saat ini NASA tidak melanjutkan pengembangan proyek tersebut, karena dianggap masih belum dapat diandalkan kemampuannya dibandingkan dengan roket. Meskipun demikian, Spin Launch masih meyakini bahwa teknologinya tetap akan digunakan satu hari nanti sebagai fungsi yang lain.

5. Balloons! Balon udara yang dapat bertamasya keluar angkasa

Sebuah perusahaan di Amerika bernama World View sangat suka melakukan suatu terobosan teknologi modern dengan cara yang konvensional. Visi gila mereka adalah ingin menciptakan suatu alat transportasi modern yang dapat membawa manusia keluar angkasa hanya dengan menggunakan balon udara yang memiliki sistem pemanas.

Mekanisme dari cara kerja balon udara Balon tersebut adalah dengan menerbangkannya ke stratosfer sebagai lapisan kedua atmosfer Bumi terlebih dahulu, dan kemudian akan terus melaju hingga menuju ruang angkasa. Penerbangan balon raksasa tersebut akan membutuhkan dua orang pilot untuk menerbangkannya, dan memiliki kapasitas enam penumpang di dalamnya.

6. Pesawat Supersonik yang dapat beralih fungsi menjadi “Airplanes!”.

Supersonik
Supersonik

Ide dari Pesawat Supersonik ini merupakan pesawat biasa yang memiliki mesin jet yang dikonversi menjadi roket untuk dapat diterbangkan ke ruang angkasa. Uniknya, mesin tersebut dapat dikonversi kembali secara otomatis menjadi mesin jet saat kembali ke Bumi.

Adapun mekanisme konversi mesin jet menjadi roket dilakukan dengan cara menyuntikkan oksigen cair ke mesin pendorong. Hal tersebut akan meningkatkan kecepatan mesin tersebut hingga dapat keluar dari atmosfer Bumi.

7. Orbital Ring! Cincin Orbit yang gagal mengorbit keluar angkasa.

Orbital Ring- Keluar Angkasa
Orbital Ring

Orbital Ring merupakan cincin raksasa yang dapat mengorbit mengelilingi bumi dan memiliki sistem kerja yang berhubungan dengan Lift Luar Angkasa. Adapun cara kerja nya dapat digambarkan secara sederhana, bahwa pada beberapa titik di sepanjang badan cincin akan dihubungkan ke stasiun di Bumi. Sementara Lift Luar Angkasa akan dipasang di stasiun bumi untuk memungkinkan kita melakukan perjalanan ke luar angkasa melalui cincin orbit tersebut.

Namun sayangnya Semen ide dari Cincin Orbita tersebut masih dalam sebuah konsep teori belaka. Belum ada ilmuwan atau badan antariksa yang berniat untuk merealisasikan proyek ini, terkait dengan investasi dana yang cukup besar.

8. Space Fountain, air mancur di luar angkasa!

Space Fountain - Keluar Angkasa
Space Fountain

Space Fountain merupakan transportasi alternatif sebagai Lift Luar Angkasa. Alat transportasi ini memiliki stasiun di Bumi dan juga di luar angkasa tetapi tanpa melalui lift.

Nama Space Fountain diusulkan karena melihat fungsinya yang menyerupai air mancur. Apabila sebuah bola ditempatkan di atas sebuah air mancur, maka posisinya tidak akan berpindah, selama kekuatan debit airnya tetap konsisten. Pada waktu yang bersamaan, air yang jatuh akan kembali tercurah untuk tetap menjaga bola agar tidak jatuh dan tetap berada pada posisi yang sama.

Namun hingga saat ini Space Fountain masih belum dapat diwujudkan karena membutuhkan energi yang sangat besar. Jarak antara Bumi dengan luar angkasa yang sangat jauh, akan dapat menguras seluruh energi yang ada di seluruh kota apabila projek ini dijalankan.

9. Mass Driver! Kereta cepat keluar angkasa.

Mass Driver - Keluar Angkasa
Mass Driver

Mass Driver pada prinsipnya adalah sebuah kereta berkecepatan tinggi yang berjalan diatas magnet yang menggantung. Kereta ini pun akan selalu berada didalam sebuah tabung saat melintas di atas magnet tersebut.

Salah satu ujung tabung akan terhubung di Bumi sementara ujung yang lainnya akan berada di bagian atmosfer paling atas. Dari sanalah kereta cepat ini diakselerasikan kecepatannya hingga dapat melanjutkan perjalanannya ke ruang angkasa.

Startram sebagai pencetus ide dari Mass Driver sudah merencanakan untuk membuat dua buah kereta cepat. Kedua kereta tersebut akan dapat digunakan untuk manusia dan untuk mengangkut logistik. Kita tunggu saja ya, hasil dari terciptanya kereta api cepat yang dapat menembus luar angkasa!

10. Roller Coaster “Launch Loop!”

Launch Loop
Launch Loop

Launch Loop merupakan sebuah lingkaran peluncuran yang terbuat dari kabel magnetik yang ditutupi oleh bahan pelindung. Lingkaran peluncuran ini merupakan versi lanjutan dari kereta api cepat Mass Driver.

Titik dari alat transportasi ini akan memiliki dua lokasi, dimana satu titik berada di Bumi yang juga akan menjadi titik peluncuran. Sementara titik yang lain akan berakhir di atmosfer tertinggi. Sistem kerjanya sama dengan permainan roller coaster, dimana kereta akan mulai berjalan secara cepat dari Bumi, kemudian akan ditembakkan, tepat saat berada di tengah trek untuk dapat meneruskan perjalanan ke ruang angkasa.

Namun sekali lagi, peluncuran keajaiban ini masih belum dapat dilaksanakan, karena terbentur masalah investasi pembiayaan projek ini yang sangat besar.

Kesimpulan

Suatu visi untuk dapat menciptakan suatu metode alternatif transportasi yang dapat menembus keluar angkasa, merupakan suatu hal yang berada di luar nalar manusia. Namun perlu dicatat, bahwa sesuatu hal yang berada di luar nalar manusia tersebut akhirnya diciptakan oleh manusia itu sendiri.

Perjalanan menembus atmosfer hingga sampai keluar angkasa merupakan salah satu fenomena dari sebuah visi dari para ilmuwan jenius. Terobosan baru yang selalu ingin mereka ciptakan merupakan refleksi dari adanya suatu kebutuhan yang mungkin dapat terjadi di masa depan.

Well Guys, gimana cerita tentang 10 kemungkinan keluar angkasa tanpa roket? Cukup seru kan?. Semoga dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi kamu semua.

Kita sudahi dulu cerita kali ini, and stay tuned for the next story!
Au Revoir!

Sumber :

  • 10 Unconventional Ways We Could Travel To Space Without Rockets – Listverse
  • Can We Get Into Space Without Big Rockets? – How Stuff Works