fenomena keindahan bawah laut

Halo Guys! Kita ketemu lagi dengan Bicara yang kali ini akan bercerita tentang fenomena keindahan bawah laut. Cerita ini pasti seru, karena pasti akan membuat kamu semakin kagum dengan apa yang tersembunyi di dalam laut. Ikuti terus ceritanya ya.

Keindahan
bawah laut terkadang dapat menjadi suatu misteri dan sekaligus dapat memberikan suatu pemandangan yang fenomenal. Seolah tidah pernah berhenti mengejutkan manusia yang hidup di atas permukaannya. Kehidupan di bawah lautan selalu diselimuti oleh keheningan yang banyak mengandung banyak cerita dibaliknya. Hal-hal tersebutlah yang menjadikan manusia selalu ingin mencari tahu dan menjelajahinya.

Kita lihat 10 fenomena keindahan bawah laut yang tidak banyak orang tahu karena letaknya yang tersembunyi dari pandangan manusia.

1. Keindahan bawah laut, kota tua di dasar Danau Qiandao China!

Kota Tua di Bawah Laut  di China - Keindahan bawah laut
Kota Tua di Bawah Laut China

Danau Qiandao merupakan danau buatan yang juga dikenal sebagai Danau Pulau Seribu. Danau ini merupakan salah satu objek wisata yang terkenal di salah satu kota provinsi di China. Keindahan dari danau ini dilengkapi juga dengan lanskap pegunungan yang dapat memanjakan mata para pengunjungnya.

Keunikan lain dari tempat ini yang tidak banyak orang tahu adalah, di bawah danau buatan tersebut ternyata berdiri sebuah kota kuno yang pernah berdiri di sekitar tahun 1300 SM. Kota ini berada di kedalaman 26-40 m. Kota tersebut sengaja ditenggelamkan kedalam danau pada tahun 1959, untuk membuat danau tersebut sebagai pembangkit listrik tenaga air.

Saat ini danau tersebut justru bisa menjadi surga unik bagi penyelam. Anehnya, kota tersebut kondisinya tidak banyak terkikis walaupun sudah berada di dasar danau dari sejak lama.

2. Museum bawah laut, Mexico. Keindahan bawah laut yang fenomenal!

Museum Bawah Laut, di Mexico -Keindahan bawah laut
Museum Bawah Laut di Mexico

Siapa sangka ternyata di bawah laut ada museum! Museum bawah laut yang ada di Mexico merupakan museum paling terkenal di dunia. Museum tersebut berisikan patung-patung yang dibuat khusus untuk tempat ini. Pematung Jason deCaires Taylor telah menciptakan puluhan karyanya yang bersifat kontemporer.

Lokasi tepatnya museum ini berada di bawah air di lepas pantai Isla de Mujeres.

Uniknya lagi, ternyata patung-patung tersebut memiliki fungsi lain sebagai pengganti terumbu yang terkikis. Museum yang menakjubkan ini juga dapat dinikmati keindahan bawah lautnya dari kapal-kapal berlantai kaca selain dengan menyelam tentunya.

3. Gua bawah laut di Ural Mountains, Russia. Keren abis!

Gua Bawah Laut di Rusia
Gua Bawah Laut di Rusia

Sebuah gua membentang sejauh 5,1 km di bawah Pegunungan Ural, di wilayah Rusia. Dengan ukuran tersebut, menjadikannya salah satu gua bawah air terpanjang di Bumi. Air lautnya yang memiliki kandungan mineral, menghasilkan kejernihan air yang luar biasa. Para penyelam pun dapat menikmati pemandangan keindahan bawah laut yang luar biasa keren ini dengan leluasa.

Sayangnya hanya penyelam profesional dalam ekspedisi khusus saja yang berhasil menjelajahi gua tersebut sejauh ini. Karena tempat ini merupakan salah satu tempat yang relatif belum banyak dijelajahi manusia. Benar-benar merupakan suatu tempat yang memiliki keindahan yang tersembunyi!

4. Lapisan es yang menakjubkan di McMurdo Sound, Antartika!

Lapisan Es di Laut Antartika
Lapisan Es di Laut Antartika

Antartika merupakan salah satu tempat paling terpencil di Bumi. Tempat ini pun dapat menawarkan begitu banyak keindahan yang terbilang murni dan tersembunyi. Namun, sayangnya hanya para ilmuwan dan sedikit sekali wisatawan yang dapat menemukan misteri keindahannya.

Area perairan di McMurdo Sound, Antarctika menawarkan pemandangan bawah laut yang tidak biasa. Keindahan tempat ini justru berasal dari formasi lapisan es yang terbentuk pada permukaan dan di bawah lautnya yang menakjubkan. Selain itu keindahan bawah lautnya dilengkapi juga dengan bermacam satwa liar yang hidup didalamnya. Beberapa hewan laut yang unik dan dapat ditemukan di lokasi tersebut seperti anjing laut, pinguin serta hewan laut yang tergolong sebagai hewan laut langka Antartika.

5. Kehangatan lautan di Fernando De Noronha, Brazil!

Kehangatan Lautan Brazil
Kehangatan Lautan Brazil

Kepulauan ini terdiri dari 21 pulau, dengan luas sekitar 354 km dari pantai Brasil. Karena berada di perairan arus Khatulistiwa Selatan, tempat ini memiliki air laut yang sangat hangat. Para penyelam dapat menyelam tanpa kostum menyelam sekalipun sampai dengan kedalaman 40 m. Keunikan dari keindahan bawah lautnya adalah lansekap lautnya yang memiliki terowongan, ngarai, dan bebatuan yang menjadikan terlihat begitu menakjubkan. Airnya yang sangat jernih memiliki kejelasan pandangan hingga mencapai 50 m.

6. Underwater Waterfall, Mauritius. Ada air terjun di bawah laut loh!

Underwater Waterfall  di Mauritius
Underwater Waterfall di Mauritius

Pulau terpencil yang terletak di Samudra Hindia ini memiliki luas sekitar 2.000 km, adalah tujuan wisata yang sangat menarik. Perairan ini memiliki keanehan karena memiliki air terjun bawah laut. Walaupun sebenarnya pemandangan tersebut bukan merupakan air terjun yang sebenarnya.

Penampakan yang menyerupai air terjun tersebut merupakan suatu ilusi optik yang menghadirkan suatu pemandangan yang fantastik!. Ilusi tersebut terjadi karena sedimen pasir dan lumpur di perairan tersebut menciptakan panorama yang terlihat sangat dramatis bagi mata manusia.

7. The Great Blue Hole, Belize! Lubang pembuangan kapal selam.

The Great Blue Hole di Belize - Keindahan Bawah Laut
The Great Blue Hole di Belize

Fenomena yang terjadi di perairan Belize Ini menjadi suatu keajaiban alam sejati. Tidak banyak orang yang sadar kalau ternyata lubang yang berada di tengah lautan dekat Mercusuar Reef adalah lubang pembuangan kapal selam.

Lubang indah tersebut memiliki ukuran raksasa lebih dari 300 m. Dan faktanya lagi, ternyata lubang tersebut sudah terbentuk sejak zaman es, ketika permukaan laut jauh lebih rendah. Uniknya lagi, ketika air laut pasang, air akan membanjiri gua tersebut yang akan menciptakan suatu pemandangan yang menakjubkan.

8. Melihat 7 keajaiban dunia di The Great Barrier Reef, Queensland, Australia!

Great Barrier Reef di Australia
Great Barrier Reef di Australia

The Great Barrier Reef adalah tempat terbaik untuk menyelam bagi para pemula maupun penyelam profesional. Tempat ini terkenal kaya akan keindahan bawah lautnya seperti adanya terumbu karang terbesar di dunia. Selain itu di Bawah lautnya yang sangat luas juga memiliki hewan laut yang beragam dan spektakuler!. Jadi tidak heran ya, kalau tempat ini dijuluki sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia alami.

9. Christ of the Abyss, San Fruttuoso, Italy! Keindahan bawah laut yang disinari oleh Patung Yesus yang asli.

Christ of The Abyss di Italy - Keindahan bawah laut
Christ of The Abyss di Italy

Meskipun ada beberapa versi patung Yesus yang sama tersebar di dasar lautan di dunia, ternyata dipercaya versi aslinya terletak di Laut Mediterania di lepas pantai San Fruttuoso. Patung yang memiliki ukuran cukup tinggi ini diciptakan oleh pematung Guido Galletti yang ditugaskan untuk membuatnya oleh penyelam Italia Duilio Marcante pada tahun 1954.

Marcante ingin menempatkan semacam tugu peringatan di tempat di mana sahabatnya Dario Gonzatti meninggal saat menyelam beberapa tahun sebelumnya. Dan sejak itulah Kristus dari Abyss dilahirkan!

10. Keindahan dibawah laut! Silfra fissure, Thingvellir National Park, Iceland

Silfra Fissure Thingvellir National Park Iceland - Keindahan  dibawah laut
Silfra Fissure Thingvellir National Park Iceland

Taman nasional yang berada di bawah lautan Iceland ini menawarkan sesuatu yang tidak bisa dilakukan para penyelam di tempat penyelaman lain di dunia. Kesempatan tersebut adalah untuk dapat berenang di antara dua lempeng benua. Celah lempengan tersebut merupakan lempengan Eurasia dan Amerika Utara yang anehnya selalu melebar sekitar dua sentimeter setiap tahun.

Keunikan tersebut menjadi keindahan tersendiri bagi para penyelam yang ingin menjelajahi tempat tersebut. Selain itu keindahan bawah lautnya juga dapat dinikmati dibalik air lautnya yang memiliki visibilitas air yang cukup jernih.

Kesimpulan

Lautan akan selalu memiliki misteri besar di kedalamannya. Dan banyak dari misteri ini telah dapat dijelaskan oleh para ilmuwan, walaupun masih ada juga yang masih meninggalkan teka-teki samudera yang tidak dapat dijelaskan oleh manusia. Terlepas dari berbagai semua fenomenanya yang terjadi, ternyata laut pun memiliki suatu keindahan tersendiri. Suatu keindahan yang misterius, tetapi juga dapat meninggalkan kesan tersendiri bagi yang beruntung dapat menemukannya.

Well Guys, gimana cerita 10 fenomena keindahan bawah laut kali ini? Pastinya bikin kalian ingin cepat berlibur ya. Semoga cerita ini juga dapat bermanfaat bagi kamu semua dan juga dapat menambah wawasan.

Kita sudahi dulu cerita kali ini, and keep stay tuned for the next story! Bye Now!

Sumber :

  • Top 10 Wonders of the Underwater World – Pandotrip
  • 16 Incredible Underwater Places Around the World – CN Traveler