10 Keajaiban Kapsul Waktu Yang Tidak Sengaja Ditemukan

Halo Guys! Ketemu lagi dengan Bicara yang kali ini akan bercerita tentang kapsul waktu yang tidak sengaja ditemukan oleh orang-orang di dunia. Biar nggak penasaran, yuk, kita lanjutkan saja ceritanya sampai selesai.

Beberapa masyarakat dunia yang hidup di masa lalu, menggunakan kapsul waktu untuk menyimpan sesuatu benda ataupun pesan. Hal tersebut dilakukan dengan harapan, ada orang-orang dari generasi di masa datang yang dapat menemukannya.

Oleh sebab itulah, penemuan kapsul waktu kadang dapat terjadi secara tidak sengaja. Benda-benda yang ditemukan pastinya menyimpan banyak sekali rahasia dan cerita dimasa lalu. Ibaratnya seperti suatu misteri yang menakjubkan, karena rahasia dan cerita yang terkandung di dalamnya terkadang merupakan saksi sejarah dan penemuan yang justru harus dilestarikan.

Coba kita simak saja ya, cerita kapsul waktu yang penuh kejutan dan terkadang menakjubkan bagi orang yang menemukannya.

1. Kapsul waktu di Skotlandia. Penemuan harta karun yang disimpan di museum

Botol Whiski Berumur 120 Tahun di Scotlandia - Kapsul Waktu
Botol Whiski Berumur 120 Tahun di Scotlandia

Ada seseorang yang tinggal di Skotlandia pada sekitar tahun 2015, secara tidak sengaja menemukan sebuah kapsul waktu yang berisikan botol wiski. Uniknya, botol wiski tersebut dipercaya sudah berusia 120 tahun. Selain itu ditemukan juga harta terpendam lainnya yang memiliki nilai berharga dan berasal dari tahun 1890. Bentuknya berupa potongan informasi dari sebuah gulungan kertas dan koran yang sudah usang. Penemuan tersebut langsung diserahkan kepada Museum Hill End Gold di Scotland, untuk penelitian lebih lanjut.

Harta Terpendam Ditemukan di Scotlandia
Harta Terpendam Ditemukan di Scotlandia

2. Penemuan kapsul waktu yang ditemukan di kantor MIT Amerika

Sebuah kapsul waktu ditemukan oleh ilmuwan MIT saat sedang merenovasi bangunan kantornya.

Penemuan di MIT - Kapsul Waktu
Penemuan di MIT

Benda berbentuk kapsul dari bahan kaca yang ditemukan tersebut, di dalamnya berisi berbagai benda yang sengaja dikubur oleh ilmuwan MIT pada tahun 1957. Benda penemuan tersebut merupakan sebuah buku yang berisi tentang teknologi yang dikembangkan pada tahun 1957. Namun menariknya, kapsul tersebut memiliki pesan yang cukup jelas. “Jangan dibuka sebelum tahun 2957,”!. Keterangan peringatan tersebut terlampir bersama barang-barang yang ditemukan.

3. Artefak dalam kampus, Penemuan yang menakjubkan!

Penemuan Artefak di Kampus Boston
Penemuan Artefak di Kampus Boston

Dua orang mahasiswa dari Universitas di Boston Amerika secara tidak sengaja menemukan kapsul waktu yang berisi berbagai barang berharga. Yang paling menakjubkan dari penemuan tersebut adalah sebuah artefak dan surat kabar lawas yang terpendam. Kapsul tersebut ditemukan pada tahun 2002, ketika sedang dilakukan pekerjaan perluasan lahan kampus.

4. Patung Singa di Boston Amerika, Menyimpan penemuan berharga!

Patung Singa Old State House Boston
Patung Singa Old State House Boston

Penemuan kapsul waktu ini berada di tempat yang tidak biasa. Siapa sangka kalau di dalam kepala patung singa Old State House di Boston Amerika tersimpan kotak tembaga tertutup yang berasal dari tahun 1901.

Dikabarkan jika kapsul itu berisi surat kabar lawas dan beberapa benda berharga lainnya seperti daftar kontribusi pejabat, nama pembuat patung, dan juga unicorn. Kapsul waktu tersebut terpaksa dikeluarkan dengan cara mencopot mahkota patung singa berharga itu.

5. Ternyata ada kapsul waktu di Gedung Parlemen Amerika

Gedung Parlemen Amerika
Gedung Parlemen Amerika

Tidak sangka-sangka loh, kalau ternyata ada kapsul waktu yang sudah tersimpan selama 220 tahun di Gedung Parlemen Amerika. Kapsul yang ditemukan tersebut berisikan benda-benda berharga yang mempunyai nilai sejarah bagi negara adidaya tersebut. Benda bersejarah tersebut ditinggalkan oleh pendiri Negara Amerika Serikat, Samuel Adams dan Paul Rovere.

Benda-benda dalam kapsul itu dikatakan sebagai simbol dan harapan besar bagi pendiri negara maju tersebut. Di dalamnya ditemukan sekitar dua lusin uang logam, catatan, dan koran era kolonial. Kapsul tersebut disimpan dalam pondasi gedung parlemen pada abad 18, sewaktu memperingati kemerdekaan Amerika yang kedua. Kotak kuningan yang sudah karatan itu pun kemudian dipindahkan pada tahun 2015.

6. Kapsul Waktu Steve Jobs, yang sudah merubah teknologi!

Kapsul Waktu Steve Jobs
Kapsul Waktu Steve Jobs

Tim dari National Geographic melakukan suatu penggalian di Colorado pada tahun 2013. Secara tidak sengaja, tim tersebut menemukan kapsul waktu yang telah dikubur oleh Steve Jobs pada tahun 1983. Ketika itu bertepatan setelah dilakukannya sebuah konferensi internasional yang digelar di kota yang sama.

Isi kapsul berukuran 13 kaki itu pun cukup mengejutkan. Penyebabnya adalah, kapsul tersebut berisi mouse dari komputer produksi apple pertama. Selain itu juga ditemukan “Lisa”, yaitu komputer yang menggunakan nama anak Steve Jobs. Benda lainnya adalah berupa rubic cube, perekam delapan trek yang salah satunya berisi majalah Forbes terbitan 1983.

Diyakini kalau kapsul tersebut sengaja dikubur oleh Steve Jobs, karena nilai sejarah yang terdapat pada benda-benda tersebut. Jenius ini seolah-seolah sudah dapat memprediksi apa yang akan terjadi pada kemajuan teknologi di masa depan.

7. Orang dewasa yang dipersatukan kembali dengan kapsul waktu masa kecilnya

Ziplock Masa Kecil - Kapsul Waktu
Ziplock Masa Kecil

Seorang warga Austin Texas, Rob Wright membuat kapsul waktu pada tahun 1978 ketika dia tinggal di Fontana Kalifornia. Kapsul tersebut merupakan sebuah tas Ziplock yang disegel dan disimpan dalam dinding rumah keluarga. Dua tahun kemudian, mereka pindah ke Texas dan dia mengira tidak akan pernah melihat kapsul itu lagi seumur hidupnya.

Tiga puluh enam tahun kemudian, keluarga yang kini memiliki rumah itu menemukan kapsul tersebut saat melakukan renovasi. “Halo siapa pun yang menemukan ini, nama saya Robert Wright,” demikian isi dari surat yang terdapat didalamnya. Selain itu ditemukan juga beberapa koin dan kliping koran tahun 1978.

Keluarga tersebut mencari Robert Wright melalui beberapa media sosial, namun gagal. Hingga akhirnya pencarian beralih ke stasiun televisi lokal, yang menayangkan cerita tersebut. Usaha tersebut akhirnya berhasil, Wright pun kemudian mendengar tentang penemuan itu dan senang bisa bersatu kembali dengan kapsul tersebut.

8. Kapsul waktu misterius! Tersimpan di Monumen Washington

Kotak Misterius di Monumen Washington - Kapsul Waktu
Kotak Misterius di Monumen Washington

Sebuah kapsul waktu berusia 100 tahun ini ditemukan saat renovasi dilakukan pada Monumen Washington. Belum diketahui dengan pasti siapa pemilik kapsul misteri tersebut. Kotak itu ditemukan di balik sebuah plakat bertanggal 12 September 1915 dan isinya pun masih menjadi misteri hingga kini, karena para konservasionis yang takut membukanya. Dikhawatirkan dapat menghancurkan apa yang ada di dalamnya.

9. Lemari terlupakan, Mengungkap artefak era perang saudara!

Artefak di San Antonio
Artefak di San Antonio

Sebuah lemari ditemukan di bekas perpustakaan sebuah gedung San Antonio, Texas Amerika saat proses renovasi dilakukan. Lemari tersebut berisi 200 dokumen, termasuk Alkitab King James tahun 1615 dan foto-foto yang berasal dari perang saudara. Harta karun yang tak terduga terduga tersebut benar-benar mengejutkan para staf museum.

10. Ditemukan apartemen yang tidak berpenghuni sejak 1942

Paris Apartemen
Paris Apartemen

Penemuan “kapsul waktu” yang luar biasa ini, berupa satu unit apartemen yang ditinggalkan oleh seorang warga negara Prancis yang melarikan diri dari kejaran Nazi pada tahun 1942. Wanita tersebut bernama Madame de Florian, yang setelah pindah ke Perancis Selatan tidak pernah kembali ke apartemen tersebut. Dengan alasan yang tidak diketahui, wanita tersebut terus membayar biaya apartemen itu walaupun tidak ditempati hingga tutup usia di tahun 2010.

Ketika ahli warisnya memilah-milah barang miliknya, mereka menemukan dokumentasi tentang apartemen tersebut serta banyak peninggalan menakjubkan berupa lukisan, boneka burung unta, dan boneka Mickey Mouse.

Kesimpulan

Penemuan kapsul waktu yang ada di dunia merupakan suatu bagian dari sejarah yang terjadi dalam kehidupan manusia. Penemuan tersebut pun dapat menjadi saksi bisu dari latar belakang disimpannya benda-benda berharga yang mempunyai nilai saat dapat ditemukan. Tidak jarang, keberadaan benda-benda tersebut di masa yang belum dapat diketahui waktunya tersebut, dapat menjadi bukti adanya suatu perubahan di dunia.

Well Guys! Selesai sudah cerita ini kali ini ya. Semoga dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi kamu semua ya. Jangan lupa untuk tetap stay tuned pada cerita berikutnya! Hasta La Vista!

Sumber :

  • 10 Incredible Accidentally Discovered Time Capsules – Oddee
  • Kapsul Waktu Berusia 121 Tahun Ditemukan di Skotlandia – Dunia Tempo
  • Ilmuwan MIT telah menemukan sebuah kapsul waktu, apa isinya? – Techno
  • Kapsul Waktu Berusia 113 Tahun Ditemukan – Solo Pos
  • Kapsul Waktu AS Berusia 220 Tahun Akan Dibuka – CNN Indonesia