10 Phobia Teraneh Yang Dimiliki Manusia

Halo Guys! Apa kabar semua? Kali ini Bicara akan bercerita tentang phobia teraneh yang dimiliki manusia. Apakah kamu memiliki tanda-tanda salah satu dari phobia ini? Kita ikuti dulu aja ceritanya sampai habis ya.

Phobia dan Rasa Takut

Selama ini banyak orang yang tidak dapat membedakan antara phobia dengan rasa takut. Bahkan kebanyakan menganggapnya sebagai suatu hal yang sama. Padahal sangat berbeda sekali loh!

Memangnya apa bedanya ya?

Pada intinya, perbedaan antara keduanya terlihat dari respon yang terjadi saat berhadapan dengan suatu objek yang mengganggunya. Sebagai contoh, ada orang yang mempunyai rasa takut dengan kecoa karena tidak menyukai bentuknya yang aneh atau dirasa menjijikan.

Pada orang yang tidak mempunyai phobia, rasa takut itu hanyalah sebatas rasa takut biasa dan tidak akan mempengaruhi kondisi psikisnya. Hal tersebut terjadi karena rasa takut itu masih bisa diatasi oleh dirinya sendiri.

Lain halnya dengan penderita phobia yang biasanya akan langsung mengalami kekacauan pikiran. Dan manifestasi dari kondisi psikis tersebut akan membuatnya gelisah hingga detak jantungnya bekerja secara berlebihan. Rasa ketakutan yang lebih besar sudah mengambil alih seluruh pikiran nalarnya, hingga tidak dapat diatasi lagi.

Nah, setelah tau perbedaan antara phobia dan rasa takut, Yuk, sekarang kita simak aja 10 phobia teraneh yang dimiliki manusia Versi Bicara Indonesia, dibawah ini!

1. Androphobia, ketakutan akan seorang pria!

Androphobia
Androphobia

Androphobia merupakan phobia teraneh berupa ketakutan yang biasanya dialami oleh anak-anak pra remaja dibawah 13 tahun. Gejalanya merupakan suatu ketakutan akan sosok pria yang berada di dekatnya. Dengan kondisi psikis seperti ini, si penderita pasti akan selalu berusaha menghindarinya bagaimanapun caranya.

Berdasarkan teori seorang psikiater, kondisi tersebut dapat terjadi karena adanya suatu pengalaman yang sangat traumatik. Misalnya seperti pernah dianiaya ataupun pernah mengalami suatu peristiwa pelecehan seksual yang dilakukan seorang pria pada si penderita tersebut.

Phobia ini dapat berlangsung hingga si anak pra remaja beranjak dewasa, atau sampai ia mendapatkan suatu pertolongan dengan seksama.

2. Thalassophobia! phobia teraneh, bikin orang trauma lautan.

Thalassophobia - Phobia Teraneh
Thalassophobia

Thalassophobia merupakan ketakutan akan perairan yang dalam dan luas. Contohnya seperti takut akan lautan maupun semua jenis perairan yang memiliki kedalaman dan ukuran yang luas lainnya. Bukan itu saja, penderita tersebut juga takut akan makhluk-makhluk yang hidup di dalamnya.

Bahkan hanya dengan membayangkannya saja sudah cukup membuat jantungnya berlompatan seperti mau terjun dari ketinggian!

Jenis phobia teraneh ini umumnya termasuk cepat dan mudah untuk dapat disembuhkan. Artinya tidak memerlukan pengobatan hingga bertahun-tahun. Salah satu terapi yang biasa dilakukan oleh para terapis adalah melalui terapi neurolinguistik dan terapi perilaku kognitif.

Terapi tersebut akan membiasakan si penderita dapat mengatasi ketakutannya dengan cara sering melakukan kontak fisik dengan air, terutama saat berada di laut.

3. Phobia teraneh Arachibutyrophobia, Takut sama selai kacang!

Arachibutyrophobia - Phobia Teraneh
Arachibutyrophobia

Bagi para penderita phobia yang berlebihan, sensasi lengketnya selai kacang yang menempel di langit-langit mulut saja sudah cukup membuatnya gelisah dan bermandi keringat.

Para penderita inipun akan dapat menjadi teramat sensitif akan rasa selai kacang tersebut. Contohnya pada es krim yang memiliki rasa kacang pun, sudah dapat membuatnya tersedak karena ketakutan.

4. Heliophobia, anti sinar matahari!

Heliophobia
Heliophobia

Phobia ini termasuk yang jarang ditemukan, tetapi tetap dirasakan cukup aneh apabila dapat terjadi pada seorang manusia. Gejalanya adalah adanya ketakutan yang berlebihan akan sinar matahari.

Perasaan yang akan ditimbulkan bukan hanya perasaan cemas dan panik yang parah, tetapi juga akan mengakibatkan ketakutan akan cahaya terang.
Penyebab dari perasaan yang tidak membuat para penderita merasa nyaman tersebut adalah, rasa kecemasan akan bahaya yang dapat ditimbulkan oleh sinar matahari.

Kondisi ini sulit untuk disembuhkan, mengingat suatu hal yang mustahil untuk dapat menghindari sinar matahari seumur hidup. Dan pastinya akan sangat tidak sehat hidup tanpa sinar matahari loh!

5. Ablutophobia, phobia yang bikin orang bakalan jarang mandi!

Ablutophobia
Ablutophobia

Anehnya, phobia ini lebih banyak terjadi pada wanita dewasa dibandingkan dengan pria maupun anak-anak. Untuk dapat menguatkan diri berjalan hingga mencapai pancuran air, merupakan suatu usaha yang luar biasa bagi para pengidap Ablutophobia. Sensasi ketakutan melihat pancuran air akan sama halnya seperti melihat hantu atau sesuatu yang mengerikan!

Penyebab dari phobia teraneh ini umumnya berasal dari suatu trauma masa lalu yang sangat membekas didalam benak penderita. Phobia ini pun dapat menyebabkan terjadinya suatu isolasi sosial.

Namun beberapa orang mengatakan, bahwa melewatkan mandi sesekali justru disarankan untuk dilakukan. Alasannya untuk tetap dapat menjaga ketersediaan jumlah minyak alami dan bakteri baik yang melindungi kulit manusia dari berbagai penyakit, agar tidak cepat kering.

6. Neophobia, phobia teraneh yang bikin orang kesepian!

Neophobia - Phobia Teraneh
Neophobia

Neophobia merupakan ketakutan yang intens dan tidak rasional terhadap semua hal dan suatu pengalaman baru. Sebagai contoh, perasaan takut yang selalu menghantui penderita jika harus pergi ke suatu kedai kopi yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Kecemasan tersebut akan menyerang tiba-tiba tanpa alasan yang jelas.

Parahnya, phobia teraneh ini dapat berdampak pada kebahagiaan seseorang. Penderita akan banyak mengalami kehilangan berbagai pengalaman berharga dalam kehidupannya. Penelitian juga menunjukkan, bahwa tingkat tekanan mental yang begitu tinggi pada penderita phobia dapat berakhir dengan bunuh diri.

7. Takut sama lubang kecil? Pasti kena trypophobia!

Trypophobia
Trypophobia

Trypophobia merupakan jenis phobia yang takut atau merasa jijik pada sesuatu yang berlubang-lubang kecil. Perasaan psikis yang tidak nyaman ini dapat membuat penderita mengalami ngilu pada seluruh tubuhnya. Selain itu penderita juga akan merasakan detak jantung yang begitu tinggi dan sakit kepala yang teramat sangat.

Beberapa ahli masih mengalami pro dan kontra mengenai phobia yang satu ini. Beberapa terapis memiliki teori bahwa Trypophobia bukanlah suatu gangguan psikis, tetapi hanya merupakan ketidaknyamanan visual. Faktanya, pada sebagian orang memang dapat menjadi lebih sensitif terhadap sesuatu yang dianggap menjijikan.

Namun apabila gejala ini sampai mengganggu kehidupan secara terus menerus, tetap disarankan untuk melakukan konsultasi pada ahli jiwa atau terapis yang khusus menangani hal-hal kejiwaan.

8. Plutophobia, phobia anti kaya!

Plutophobia
Plutophobia

Jika ada diantara kalian yang bercita cita menjadi orang kaya yang memiliki banyak uang, berbeda dengan orang yang mengidap phobia ini.

Plutophobia merupakan phobia yang super duper aneh, karena takut akan uang! Parahnya lagi, bukan hanya takut akan uang, tetapi juga takut mempunyai peluang menjadi kaya atau menjadi orang kaya. Adakah salah satu dari kamu semua yang punya phobia ini?

9. Phobia teraneh, Geliophobia! Bikin orang sedih selamanya.

Geliophobia Phobia Teraneh
Geliophobia

Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa tertawa itu baik untuk kesehatan manusia. Selain itu tertawa pun dapat membantu membangun suatu ikatan sosial dan meningkatkan kesehatan mental, serta akan selalu merasa bahagia tentunya.

Namun bagi penderita Geliophobia, tindakan tertawa atau berada di sekitar orang-orang yang tertawa justru akan menyebabkan ketakutan dan kecemasan yang luar biasa.

Ketakutan yang ada di benak para penderita saat tertawa ataupun mendengar orang lain tertawa adalah kecemasan seakan-akan semua orang menertawakan dirinya untuk sesuatu hal yang tidak pantas.

10. Nomophobia, Phobia jauh dari telepon genggam!

Nomophobia
Nomophobia

Apakah kamu selalu merasa seluruh dunia akan berakhir saat kehilangan telepon genggam? Ternyata perilaku tersebut bisa dikatakan phobia loh!. Nomophobia adalah nama phobia untuk perilaku yang takut akan kehilangan telepon genggam. Ciri-ciri lain dari pengidap Nomophobia ini adalah kecenderungan untuk selalu terobsesi memeriksa telepon mereka sepanjang hari.

Kesimpulan

Phobia bukan hanya tentang rasa takut. Orang yang memiliki phobia dapat mengalami kecemasan yang teramat sangat, walaupun pada sebuah objek yang tidak menakutkan sekalipun bagi orang normal.

Bagi penderita penyakit mental ini, mereka dapat memiliki gangguan fungsi yang akan berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Jika hal tersebut sudah memasuki taraf bahaya, maka bantuan seorang ahli pun akan dibutuhkan, agar dapat terhindar dari suatu hal buruk yang dapat terjadi tanpa disadari.

Well Guys, gimana cerita 10 phobia teraneh yang dimiliki manusia kali ini? Semoga dapat menambah wawasan kamu semua ya.

Kita sudahi dulu cerita kali ini, and stay tuned for the next story! Arrivederci!

Sumber :

  • 21 Unusual Phobias You’ve Probably Never Heard Of – Good Housekeeping
  • 30 Unusual Phobias You Never Knew Existed – The Healthy
  • Top 10 Most Bizarre Phobias – Real Buzz