10 Tempat Misterius Anti Gravitasi! Aneh Secara Sains

Halo Sobat! Kita ketemu lagi dengan cerita Bicara, yang konten kali ini mengenai tempat misterius yang anti gravitasi di dunia ini.

Walaupun terdengar aneh secara ilmiah, tapi fakta ini nyata adanya loh! Nggak percaya? Coba deh, ikuti terus cerita ini sampai habis. Dijamin di akhir cerita, kamu akan menemukan jawaban dari fenomena ini.

Karena adanya gaya gravitasi, maka semua yang ada di permukaan dapat tetap menapak di Bumi dengan sempurna. Namun sebaliknya, jika tidak ada gravitasi maka semua benda yang di muka Bumi ini akan berhamburan ke segala arah.

Teori yang ditemukan oleh Isaac Newton inilah yang menyebabkan terjadinya gaya tarik-menarik di alam semesta ini. Tetapi anehnya, ada beberapa tempat misterius di dunia ini yang justru anti gravitasi!

Penyebabnya memang belum dapat dijelaskan secara logika maupun ilmiah. Tetapi yang pasti, beberapa keanehan dari fenomena zero gravitasi pun terjadi. Masih penasaran dengan tempat-tempat yang zero gravitasi ini? Yuk, kita lihat ulasannya berikut ini.

Stone of Davasko di Argentina, Batu misterius anti gravitasi!

Stone of Davasko, Batu Misterius Anti Gravitasi
Stone of Davasko, Argentina

Batu yang beratnya lebih dari 300 ton itu telah duduk di tepi sebuah batu besar selama beberapa ribu tahun. Uniknya, posisi dari Batu Davasco ini  sedikit miring menjorok ke jurang tanpa jatuh.

Beberapa  penduduk setempat mengadakan eksperimen kecil, dengan cara meletakkan botol kaca di bagian bawah batu tersebut. Dan yang terjadi adalah, botol kaca tersebut pun retak tanpa sebab yang jelas. 

Kejadian tersebut dipercaya bahwa tempat dimana posisi batu tersebut bertengger, merupakan tempat yang memiliki anti gravitasi.

Keanehan dari fenomena ini pun masih berlanjut, ketika pada tanggal 29 Februari 1912 batu tersebut ditemukan jatuh dari posisinya berada. Dan sekali lagi, tidak ada yang dapat menjelaskan dari sisi ilmiah yang aneh tapi nyata ini!

Waterfall Mulafossur di Faroe Island

"Waterfall Mulafossur”, Faroe Island
“Waterfall Mulafossur”, Faroe Island

Keanehan dari air terjun ini adalah airnya yang tidak jatuh kebawah, tetapi justru menghempas ke udara.

Lokasi anti gravitasi ini berada di Kepulauan Faroe, antara Islandia dan Skotlandia. Sejauh ini, tidak ada peneliti sekalipun yang dapat memberikan jawaban secara sains, tentang peristiwa yang cukup ajaib ini. 

Dugaan sementara yang dapat dibuat mengenai peristiwa ini adalah, angin kencang yang bertiup di daerah inilah yang menyebabkan air terangkat dan berhamburan ke udara, sebelum mencapai daratan.

Crooked Forest, Poland, Hutan pinus yang dipenuhi medan anti gravitasi!

“Crooked Forest”, Poland - Anti Gravitasi
“Crooked Forest”, Poland

Di sebuah hutan dekat Desa Nowe Czarnowo, Polandia, terdapat hutan pinus yang tampak aneh bentuknya. Hutan tersebut mulai ditanami sejak tahun 1930-an.

Ada sekitar 400 Pohon Pinus yang tumbuhnya meliuk tajam ke  arah utara, menyerupai setengah lingkaran. Banyak dari para ilmuwan yang memberikan teorinya masing-masing mengenai keanehan ini.

Salah satunya adalah, terjadinya peristiwa anti gravitasi yang mendorong bentuk batang pepohonan tersebut secara tidak wajar.

Batu besar yang muncul secara ajaib! Devils Tower, Wyoming, USA

Devils Tower
“Devils Tower”, Wyoming, USA

Sekilas terlihat tidak ada yang salah dengan batu besar yang menjulang tinggi tersebut. Namun keanehan tersebut justru dirasakan oleh para ilmuwan, yang tidak dapat menjelaskan bagaimana batu besar seperti menara tersebut muncul ke permukaan.

Jika dilihat, formasi batuan setinggi 867 kaki ini memiliki dinding yang sangat curam dengan dasar yang sangat rata. Tidak ada daerah pegunungan di sekitarnya. Jadi bagaimana mungkin lanskap datar seperti itu, tiba-tiba dapat melahirkan batu yang menjulang tinggi ?, 

Para pendaki ahli yang sudah pernah mendaki Gunung Everest pun tidak mampu menaklukan tebing ini. Dindingnya yang terlalu curam, dapat menyebabkan terjadinya anti gravitasi. Sehingga berakibat dapat menyulitkan para pendaki untuk kembali ke bawah. 

Magnetic Hill di Leh Ladakh, India, Jalan misterius yang dipenuhi medan magnet!

“Magnetic Hill”, Leh Ladakh, India
“Magnetic Hill”, Leh Ladakh, India

Ada sebuah jalan di India yang telah menarik wisatawan dari seluruh dunia.

Keanehannya adalah, diduga terdapat medan magnetik di sepanjang jalan tersebut. Akibatnya, gaya magnet tersebut seperti berada pada zona anti gravitasi. Mobil tersebut secara tiba-tiba akan mulai bergerak tertarik ke atas bukit.

Walaupun pada saat itu mobil sedang berada di jalanan menurun dengan posisi netral dan mesin mati. Siapa sangka kalau tiba-tiba akhirnya mobil dapat merayap ke posisi menanjak hingga kecepatan 12 mph, tanpa ada pengemudinya.

Hudson Bay di Canada, Fenomena anti gravitasi yang tidak dapat dipecahkan secara sains!

“Hudson Bay”, Canada - Fenomena Anti Gravitasi
“Hudson Bay”, Canada

Ada suatu fenomena yang saat ini masih belum dapat terpecahkan penyebabnya, walaupun para ilmuwan sudah mencoba mencari jawabannya selama beberapa dekade. Wilayah Teluk Hudson di Kanada memiliki gravitasi yang lebih kecil dari yang seharusnya. 

Di daerah yang dapat dikatakan anti gravitasi tersebut, ternyata dapat mempengaruhi berat badan penduduk yang tinggal disana. Berdasarkan penelitian, rata-rata penduduk memiliki berat sekitar sepersepuluh ons kurang dari berat mereka di tempat lain. 

Sensasi aneh yang terjadi di Mystery Spot, Santa Cruz, California!

“Mystery Spot”, Santa Cruz, California!
“Mystery Spot”, Santa Cruz, California!

Tempat ini terletak di hutan Santa Cruz, dengan tempatnya yang  hanya berukuran 150 kaki. Orang-orang di sana memiliki keanehan seperti berjalan dengan gaya miring. Selain itu, segala sesuatu di tempat unik ini tampak seperti berguling-guling. 

Sebagian orang kembali ke tempat misterius ini berkali-kali, hanya untuk mengalami sensasi aneh dan membingungkan bagi nalar manusia.

Sementara sebagian orang lainnya, mencoba  untuk dapat mencari jawaban yang dapat menjelaskan rasa keingintahuan mereka. Apakah peristiwa ini sebagai ilusi optik semata? Atau memang merupakan tempat yang anti gravitasi?

Cerita unik dibalik bendungan Hoover Dam, Nevada, USA!

“Hoover Dam”, Nevada, USA!
“Hoover Dam”, Nevada, USA!

Bendungan yang tingginya sekitar 726 kaki ini memiliki cerita unik tersendiri. Banyak orang yang mencoba melakukan trik kecil disana, dengan cara mengambil sebotol air dan kemudian menuangkan ke tepinya.

Keanehan pun akan langsung terlihat, ketika melihat air yang ditumpahkan justru menyebar ke atas, dan bukannya ke bawah. 

Berdasarkan informasi yang didapat, hal tersebut bukanlah sebuah kejadian anti gravitasi ataupun karena aktivitas paranormal ya Guys.  Hal tersebut terjadi lebih karena faktor angin yang terlalu kencang untuk dapat membuat air jatuh. 

Objek wisata anti gravitasi di Cosmos Mystery, South Dakota!

“Cosmos Mystery”, South Dakota! 1 - anti gravitasi
“Cosmos Mystery”, South Dakota! 1

Tempat yang berada di South Dakota ini merupakan tempat yang memiliki anti gravitasi  di Bumi.

Pemandangan yang cukup aneh seperti , pepohonan yang tumbuh miring yang tidak semestinya, air yang ditumpahkan bertebaran ke atas dan bukan jatuh ke Bumi, ataupun bola yang saat dilempar ke atas, justru malah mengarah ke samping.

“Cosmos Mystery”, South Dakota! 2
“Cosmos Mystery”, South Dakota! 2

Tempat ini sekarang menjadi objek wisata yang mengundang banyak peminat untuk datang. Tempat ini tidak sengaja ditemukan oleh dua mahasiswa yang sedang berjalan-jalan pada sekitar  tahun 1952

A house of mysteries di Oregon, US! Rumah hantu atau rumah anti gravitasi?

“A house of mysteries” in Oregon, US! - Anti Gravitasi
“A house of mysteries” in Oregon, US!

Ada sebuah kabin yang lokasinya terpencil di tengah hutan lebat yang terpencil dekat Oregon Vortex. Penduduk asli Amerika menyebut daerah itu “Forbidden Ground”, yaitu tempat yang harus dihindari.

Diyakini bahwa ada semacam medan gaya anti gravitasi di dalamnya. Setengah berada di bawah permukaan tanah, dan yang lainnya berada  di atas. Banyak orang yang menjadi saksi akan banyaknya kejadian aneh di tempat ini yang belum dapat terpecahkan sampai saat ini.

Beberapa fenomena yang ditemukan adalah seperti botol yang menggelinding ke arah bidang yang lebih tinggi, sapu yang menempel di langit-langit, dan pengunjung yang seolah-olah akan jatuh setiap berjalan di dalamnya

Fenomena lainnya yang cukup membuat bulu kuduk merinding adalah,  setiap binatang akan selalu merasa ketakutan bila mendekati rumah tersebut.

Misalnya kamu membawa binatang peliharaan berupa kucing ataupun anjing, maka binatang itu tidak akan mau mendekati rumah itu. Berbagai penelitian telah dilakukan mengenai keanehan tersebut, tapi belum ada satupun yang berhasil menemukan penyebabnya.

Kesimpulan

Berdasarkan hukum gravitasi secara umum yang kita kenal menyatakan, dua  benda apapun akan saling bertarikan antara satu dengan lainya. Oleh karena itulah yang membuat kita semua tetap melekat di Bumi tanpa terjatuh. 

Namun terlepas dari teori tersebut, ternyata ditemukan beberapa tempat di mana gravitasi tampaknya tidak ada. Walaupun tidak semuanya dapat dijelaskan berdasarkan kacamata sains, namun tempat-tempat tersebut tetap nyata adanya 

Well Guys! Demikian cerita kita mengenai tempat misterius anti gravitasi yang ada di dunia. Semoga kamu semua menyukainya ya. Jangan lupa untuk share informasinya di sosial media yang kamu miliki, dan stay tuned pada cerita berikutnya!. Ciao!

Sumber :

  • Sains Can’t Quite Explain What’s happening At This Bizarre Tourists Traps – Viralnova
  • 10 Places on Earth Where Gravity Is Zero – Henrire
  • 5 Places Where Gravity Doesn’t Seem to Exist – Bright Side