5 Makhluk Hidup Misterius di Lautan – Kita sebagai manusia, hidup berdampingan di dataran bumi bersama-sama dengan makhluk hidup lainya. Selain di dataran, kita juga hidup berdampingan dengan makhluk hidup yang ada di perairan. Eh, ngomong-ngomong soal perairan, fakta nya, sebagian besar bumi ini di tutupi oleh area perairan sebanyak 71% lho. Ternyata lebih luas dari dataran nya ya? Betul guys.

Selain itu, menurut website worldatlas.com, manusia baru bisa menjelajahi lautan sebesar 5%, masih terdapat 95% lagi wilayah lautan yang belum di jelajahi. Kalau kita berbicara tentang penjelajahan, biasanya kita akan menemukan hal-hal baru atau bahkan hal-hal misterius.

Nah, Pada kesempatan kali ini, kita akan mengajak kalian untuk membahas mengenai 5 penemuan makhluk hidup paling misterius yang ada di lautan.

The Hairy Globster

Makhluk hidup misterius pertama

Oke, sebelum kita masuk kedalam lautan, kita pengen membahas sesuatu yang pernah di temukan di pinggir pantai di Filipina nih guys, makhluk hidup misterius yang pertama bernama The Hairy Globster. Pada bulan Mei tahun 2018, warga sekitar di gegerkan dengan penemuan mahkluk aneh yang terdampar di pinggir pantai.

Makhluk ini memiliki bentuk yang aneh, berwarna putih keabuan dan menggumpal. Makhluk ini juga memiliki panjang sekitar 20 kaki atau sekitar 6 meter dan memilki berat 4,000 pound atau 1,8 ton. Menurut para ahli, makhluk tersebut kemungkinan besar adalah seekor paus.

Nicholas Higgs, seorang wakil direktur Institut Kelautan di Universitas Plymouth, mengatakan hal tersebut disebabkan oleh gas yang menumpuk di dalam bangkai paus tersebut sehingga bangkai tersebut kembung.

Tapi jika ini adalah paus, lalu mengapa ada bulu bulu yang menutupi tubuh hewan tersebut ya? Nah, menurut Nicholas Higgs, bulu-bulu yang terdapat pada bangkai tersebut hanyalan sisa-sisa dari otot dan lapisan lemak.

Hmm, gimana nih menurut kalian, apakah ini memang bangkai paus, atau makhluk aneh yang belum kita ketahui ? Share pendapat kalian di kolom komentar yaa.

The Hatchet Fish

hatchet fish

Nah,sekarang kita mulai masuk ke kedalaman lautan nih, dan disini kita akan menemukan hatchetfish. Sesuai dengan namanya, ikan ini memang berbentuk seperti kapak lho guys. Tapi berbeda dengan namanya yang terdengar mengerikan, Kalau kalian bertemu dengan ikan ini, kalian bakal iri banget sama ikan ini, karena badan hatchetfish ini sangatlah ramping dan mungil. Nggak perlu diet ketat, hatchetfish akan tetap memiliki badan yang kecil dan ramping.

Secara anatomis, rongga dada hatchetfish memiliki warna perak dan berbentuk seperti kapak, ukuran ikan ini hanya memiliki panjang 1 hingga 5 inchi, jadi walaupun namanya mengerikan, ikan ini ternyata tidak perlu ditakuti karena tidak mematikan.

Ikan hatchetfish memiliki sifat bioluminescent yang dapat ia gunakan untuk menghindari predator yang berada di kedalaman lautan. Bioluminescent sendiri adalah sifat binatang yang mampu mengeluarkan cahaya dari organisme tubuhnya.

Nah buat kalian yang penasaran dan ingin sekali melihat hatchetfish ini, kalian bisa menyelam di samudra pasifik atau atlantik ke kedalaman 50 meter dibawah permukaan laut, disanalah rumah hatchetfish berada. Dan jangan lupa kalian juga harus menggunakan peralatan selam yang memadai yaa.

The Blobfish

ikan blob

Makhluk hidup misterius yang ke 3 adalah Blobfish, yaitu jenis ikan yang memiliki badan sangatlah lembek. Kalian bisa lihat bentuknya kan? Blobfish ini termasuk kedalah makhluk hidup terjelek didunia pada tahun 2013 guys, kasian banget ya wkwkk.

Blobfish tidak memiliki otot padat yang banyak, dan ikan ini hidup di kedalaman lautan yang memiliki tekanan air yang cukup tinggi. Seiring berjalannya waktu, kulit blobfish ini mengikuti kepadatan air guys, itulah kenapa badannya jadi lembek kayak puding.

Tapi, memiliki badan lembek seperti blobfish adalah sebuah anugerah terindah, karena dengan memiliki badan yang lembek dan kurang otot seperti ini, jika blobfish akan makan, dia hanya tinggal membuka mulutnya saja dan menghisap makanan untuk masuk kedalam tubuhnya, waaah kayaknya enak banget ya kalo jadi blobfish wkkwkkw.

Sock Worms

cacing kaus kaki

Teman bicara, kalau kalian liat makhluk laut satu ini ketika menyelam kedalam laut, kalian pasti bakalan tertipu dengan makhluk satu ini, karena ia memiliki bentuk seperti kaus kaki yang kotor. Inilah dia makhluk hidup misterius yang ke 4, Sock worms.

Sock worms biasa disebut juga dengan nama “Xenoturbella”, adalah spesies lautan yang ditemukan pada tahun 2016 pada kedalaman teluk California. Bentuk dari cacing ini cukup unik ya, kalo kalian berfikiran demikian juga, memang cacing ini sangat unik lho guys. Sock worms memiliki mulut, tapi mereka tidak memiliki mata, otak, dan juga anus! Memang aneh sekali ya bentuknya, percaya atau tidak, saking aneh dan uniknya bentuk makhluk yang satu ini, para ilmuwan kita sampe berusaha sangat keras lho buat menepatkan mereka kedalam evolusi pohon kehidupan.

Siput Lidah Flamingo

Makhluk hidup misterius terakhir

Oke, makhluk hidup misterius yang terakhir adalah Siput lidah flaminggo , yaitu makhluk yang memilik warna oranye dan kuning terang dengan sedikit warna hitam. Berbeda dengan siput lain yang memiliki cangkang, siput lidah flaminggo tidak memiliki cangkang lho guys. Lalu dari mana asal warnanya? Ternyata warna dari siput flaminggo ini berasal dari mantel atau kulit si siput ini sendiri.

Ngomong-ngomong, dulu jumlah siput lidah flaminggo ini sangat banyak, tapi sekarang sudah mulai jarang ditemukan. Karena siput flaminggo ini banyak diburu oleh para penyelam atau orang orang yang berenang dipantai untuk dijadikan souvenir karena warnanya yang cukup unik. Waaah sayang sekali ya, kalau saja tidak banyak diburu, pasti spesies siput ini akan sangat banyak, dan semoga saja siput ini tidak termasuk kedalam binatang yang punah ya guys.

Kesimpulan

Nah guys, tadi adalah 5 binatang misterius yang ada di dalam lautan yang berhasil ditemukan oleh para penyelam dan ilmuwan, tapi selain ke lima binatang ini, masih terdapat ratusan bahkan ribuan spesies binatang yang ada diperairan lho guys. Berhubung lautan kita ini sangatlah luas, jadi waktu yang dibutuhkan untuk mengeksplorasi seluruh lautan ini sangat lama. Kira kira, ada binatang apalagi ya yang tinggal di dalam lautan? hmmm pasti ada banyak binatang dan makhluk makhluk unik lainnya ya guys.

Nah, itu dia 5 Makhluk Hidup Paling Misterius di Lautan versi Bicara. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan kalian ya. Sampai ketemu lagi di artikel menarik lainnya.

Sumber :

  • 8 Strange New Deep Sea Creatures – Youtube
  • 7 Mysterious Sea Creatures That Washed Up on Beaches in 2018 – Geek.com
  • 7 Of The Most Frighteningly Bizarre Ocean Creatures – Allthatsinteresting.com
  • Blobfish – Wikipedia
  • Marine Hatchetfish – Wikipedia
  • Xenoturbella – Wikipedia