Apa Kehidupan Ini Nyata?

Hai semuanya!, gimana kabar kalian kali ini, baik kan pastinya? By the way, pernah nggak sih terbesit di benak kalian sebuah pertanyaan, Apa kehidupan ini benar benar nyata? Kok bisa terfikirkan pertanyaan seperti itu?

Ya seperti yang kita tahu sekarang ini sudah banyak “dunia tiruan” yang sering kalian lihat. seperti contohnya animasi atau bahkan video game. Nah bagaimana kalo misalkan kita adalah sala satu bagian dari dunia tiruan itu?

Seperti apa dunia tiruan yang bicara maksud? dan apa mungkin kita berada di dunia tiruan dan kehidupan ini tidak nyata? Well simak pembahasannya ya.

Kehidupan Dunia Virtual

Teman bicara, saat ini perkembangan teknologi komputer berkembang dangan sangat pesat, kalian tentunya tau kan banyak sekali perangkat perangkat komputer yang super canggih. Ngomong ngomong, diantara kalian ada yang hobi main game nggak nih? Atau kalau ada yang jarang main game, tentunya kalian pernah liat dong bagaimana game computer itu?.

Apa Kehidupan Ini Nyata?

Kehidupan Dunia Virtual Dalam Game

Nah sekarang coba kalian ingat visualisasi game yang kalian pernah liat atau mainkan, terus bandingkan game yang ada pada saat ini dengan game yang sudah lama, beda banget nggak sih guys? Jelas beda kan?.

Di game baru kalian bisa melihat visualisasi game tersebut dengan efek 3 dimensi yang super ajib, gambarnya semakin nyata, dan grafiknya yang manteb banget, yoi nggak? Semakin lama semakin berkembang kan guys. Nah kalo dah gitu pernah nggak terlintas di pikiran kalian, gimana kalau ternyata hidup kita ini adalah sebuah game yang dimainkan oleh seseorang sama seperti kita saat bermain game? Hmm

Faktanya guys, teknologi yang kita miliki pada saat ini sudah mampu dalam membantu manusia menciptakan dunia virtual, dimana kita bisa membuat karakternya memiliki sifat dan pikiran seperti manusia pada umumnya, dan tentunya para karakter itu tidak akan mengetahui bahwa mereka berada dalam dunia virtual, mereka akan meyakini bahwa kehidupan yang mereka jalani dan lakukan adalah nyata.

Dan bagi kita para manusia bumi, kemungkinan kita hidup di dalam dunia virtual itu sangat besar loh guys! Nah, kita bakal jelasin ni teori teori tentang dunia virtual.

Kehidupan di Game GTA

Kehidupan Dunia Virtual pada game GTA 5

Kita ambil contoh dalam game, misalnya GTA. Dalam GTA, terlihat jelas banget kan kemiripan game tersebut dengan dunia nyata? Kita bisa melihat orang orang berlalu lalang, mobil berjalan, orang bertegur saapa, sama persis kan? Nah gimana kalo ternyata kita ada di dalam sebuah game seperti GTA? Ada sih kemungkinannya, cuma coba kalian perhatikan. Di dalam video game, dunia yang kita lihat hanya satu titik dimana kamera mengarah.

Maksudnya, ketika kita melihat orang berada dijalan raya, dunia yang hidup disana adalah yang berada di jalan raya saja, sementara kehidupan di sekitar area yang tidak tersorot kamera mati atau sebenarnya tidak ada apa apa.

Coba kalian bedakandengan kehidupan kita, ketika kita melihat ke satu arah atau titik,di sekeliling kita masih berjalan kehidupan yang lain, tidak mati,jadi disini sudah jelas kalau kita ini tidak hidup dalam video game,ehehehe santaaaai.

Simulasi

Nah guys, udah tenang kan kalau ternyata dunia kita ini bukan video game? Tapi ada pertanyaan lain, gimana kalau sebenarnya kita hidup didalam simulasi? Seperti contohnya dalam film “US” yang bercerita manusia membuat dunia simulasi untuk mengatur manusia yang lain, pernah nggak kalian berfikiran kesana?

Apa Kehidupan Ini Nyata?
Created with GIMP

Di dalam bumi ini sudah dibuat beberapa macam simulasi kehidupan oleh para ilmuwan, tapi gimana kalau ternyata kita ini bukan manusia yang menciptakan dunia simulasi, malah ternyata kitalah ciptaan dari simulasi itu? Waduh!

Dalam dunia simulasi, semua pergerakan kita sudah diatur, semua pola pikir kita sudah diatur, dan sama sperti dalam dunia virtual, kita tidak akan menyadari bahwa kita berada didalam dunia simulasi, kita akan menganggap dunia yang kita jalani ini adalah dunia nyata.

Kehidupan Ini Bukan Simulasi

Tapi jika kehidupan ini adalah simulasi, kita nggak akan merasakan emosi guys, dan perkembangan tubuh manusia nggak akan seberkembang sekarang ini, dan galaksi kita? Coba kalian bayangkan, sebesar apa komputer yang diperlukan untuk membuat dunia simulasi sebesar galaksi kita, pasti dibutuhkan komputer yang super duper canggih.

Dan jika galaksi kita juga adalah simulasi, bagaimana dengan fenomena yang terjadi? Gravitasi, lubang hitam, fenomena alam, kelahiran bayi, pertumbuhan sel dan mikrobiologi? Dan semua sel yang membantu keberadaan kehidupan dibumi, apa iya itu simulasi? Yang pastinya bukan kan guys?.

Apa Keidupan Ini nyata?

Kemungkinan Kehidupan Ini Simulasi

Hmm, teman bicara ada yang tau Elon Musk nggak? Elon musk ini pernah mengatakan bahwa kemungkinan kehidupan ini bukanlah simulasi itu 1 banding 1 juta kemungkinan. Kalo denger pendapat elon musk yang ini pasti kalian merinding, yakan? Seorang elon musk mengatakan hal demikian? Waduh, buat kalian yang belum tau siapa itu elon musk, kalian boleh deh cari tahu info mengenai beliau.

Kesimpulan

Jadi, Apa Kehidupan ini nyata? Well, dunia simulasi atau dunia virtual yang menyatakan bahwa kehidupan kita ini sebenarnya tidak nyata hanyalah sebuah teori, dan kita sebagai manusia masih sulit untuk mengetahui kebenaran teori ini karena teknologi kita ini belum cukup memadai.

Memang sudah banyak bukti dan teori yang membenarkan hal ini, tapi belum semua teori dan bukti yang ada cukup kuat untuk membenarkan hal ini guys. Dan ada beberapa hal yang harus kalian tahu, jika memang dunia kita ini adalah dunia simulasi, jangan bersedih hati dulu dan berfikir kalo kehidupan kita nyata.

Faktanya, jika dunia kita ini simulasi dan kita adalah bentuk simulasi, artinya inilah kehidupan nyata kita yang sebenarnya guys, kehidupan kita adalah simulasi, dan kehidupan lain diluar sana yang sedang menjalankan simulasi tehadap kita adalah dunia asing yang tidak kita kenal.

Yang perlu kalian perhatikan bukan nyata atau tidak nya hidup kita saat ini, yang perlu kalian perhatikan dan lakukan adalah menjalani hidup sebaik mungkin dan melakukan yang terbaik, karena inilah kenyataan yang kalian miliki, gitu guys.

Sumber :

  • Is Reality Real? The Simulation Argument – Youtube
  • What If the Earth Does Not Exist? – Youtube