Hi guys, selamat datang kembali di blog Bicara Indonesia. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kehidupan lain selain di Bumi.

Seperti yang kita ketahui, kita semua ini tinggal di satu planet yang bernama Bumi, ada banyak sekali kehidupan di bumi, mulai dari flora, fauna, manusia dan ada juga bakteri serta mikroba dan makhluk hidup lainnya. Kita hidup dibumi dengan saling bergantungan dan saling mengandalkan sehingga menjalin suatu ekosistem yang alami.

Tapi pernah nggak sih terfikirkan oleh kalian semua, apakah ada kehidupan lain diluar ekosistem kita? Ya lebih tepatnya di luar planet bumi. Hmm sapa kalian penasaran? kalo gitu, simak pembahasannya di bawah ini ya.

Kehidupan Bumi

Agar tercipta sebuah kehidupan dalam planet, sebuah planet haruslah memenuhi unsur – unsur untuk memungkin kan adanya kehidupan, terlebih lagi untuk kemungkinan kehidupan manusia, haruslah memiliki atmosfer yang sesuai dengan manusia. Sampai sekarang hal ini masih menjadi sebuah pertanyaan besar, adakah kehidupan lain selain di bumi?

Kehidupan di Mars

Nah baru baru ini, ada sebuah penelitian yang menemukan adanya kehidupan di Planet Mars lho teman teman. Kehidupan yang ada di planet Mars tersebut adalah kehidupan yang sederhana yaitu berupa jamur dan mikroba. Pada saat itu telah di publikasikan sebuah penelitian yang berjudul “Evidence of Life on Mars?” di Journal of Astrobiology and Space Reviews pada februari 2019.

Bukti Kehidupan di Mars

Penelitian itu langsung berhadapan dengan 200 studi yang memperdebatkan hasil penelitian ini. Tapi penelitian tersebut memperkuat bukti dengan adanya gambar yang diambil dari robot rover dan lader, curiosity dan opportunity saat melakukan misi di planet mars.

Mereka telah meminta enam ilmuwan independen dan delapan editor senior untuk memeriksa bukti tersebut, tentu saja tidak semuanya menyetujui hasil penemuan ini, tiga diantara para ilmuwan dan editor menyangga keotentikan bukti gambar tersebut.

Penemuan Adanya kehidupan lain selain di Bumi. Penelitian mengklaim bahwa terdapat sebuah foto alga hijau yang berhasil direkam oleh rover Curiosity. (Journal of Astrobiology)

AwalPenelitian

Pada Tahun 1976 Lander milik NASA yaitu Viking mendarat di Mars. Pada saat itu ilmuwan melakukan tes untuk mencari tanda biologis di tanah Mars dan hasilnya positif, saat dilakukan tes yang kedua hasilnya berubah menjadi negatif. Tetapi hasil dari penelitian kedua membuat para ilmuwan lebih semangat lagi untuk menemukan kehidupan di Mars.

PenemuanPada Pesawat Luar Angkasa

Selain penemuan itu ada ditemukan juga penampakan – penampakan yang memperkuat bukti adanya kehidupan di Planet Mars loh teman teman, yaitu penemuan di dua pesawat luar angkasa seperti Opportunity dan Curiousity.

Mereka menemukan Spora yang bisa membentuk jamur kompleks, Sementara para ilmuwan dari NASA menganggap itu adalah bola hematit atau semacam bentuk mineral besi.

Penemuan Kehidupan Lain Selain di Bumi melalui Bercak hitam yang ada di rover Opportunity Mars mengindikasikan terdapat jamur atau bakteri di sekitar sana. (Journal of Astrobiology)

Kehidupandi Mars Berasal Dari Bumi

Berdasarkan penemuan tersebut ditemukan bahwa kehidupan yang ada di planet mars bisa berasal dari planet bumi. Wah kok bisa ya? Begini penjelasannya sobat bicara.

Ketika angin matahari mencapai puncak, angin tersebut akan mengangkut mikroorganisme yang ada di stratosfer dan mesosfer jauh keluar angkasa. Mikroba yang terangkut tersebut akan menempel pada batuan luar angkasa, ketika meteor menabrak mikroba tersebut dan mengarah ke planet mars, maka mikroba tersebut akan terbawa meteor ke planet Mars.

Itu sebabnya mikroba tersebut dapat berkembang biak di planet mars dan membentuk jamur, alga serta mikro organisme lainnya.

Tapi penelitian terbaru ini banyak disanggah oleh beberapa ilmuwan karena planet mars tidak memiliki oksigen dan es cair, mereka menganggap bahwa mars adalah dunia yang asing, dan setiap kehidupan di mars mungkin telah mengembangkan karakteristik alien unik yang memungkinkan mereka untuk bertahan hidup.

Kesimpulan

Jadi, kalian paham kan sekarang? Di luar planet bumi ini memiiki beberapa kemungkinan adanya kehidupan walaupun kehidupan tersebut bukanlah kehidupan manusia, tapi kehidupan mikro organisme lain yang berkembang biak di luar sana, dan mungkin beberapa dari mereka berasal dari bumi.

Tapi lepas dari semua teori dan penelitian itu, alam semesta ini memang punya banyak sekali hal yang membuat kita terkagum kagum atau bahkan keheranan atas kehebatannya, benar tidak teman teman?

Semua ekosistem yang terjadi di Alam semesta ini sudah teratur dan kita memang butuh waktu untuk memahami dan mempelajari semuanya dan memang membutuhkan teknologi yang lebih maju lagi agar kita bisa meneliti semua hal di alam semesta ini.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai keberadaan kehidupan lain selain di Bumi. Semoga informasi ini membantu dan bisa menambah pengetahuan kalian semua ya. Sampai jumpa di info menarik lainnya.

Sumber:

  • Kontroversial, Penelitian Ini Mengungkapkan Ada Jamur dan Mikroba di Mars – Hitekno
  • Seperti apa bentuk kehidupan yang mungkin ada di samudera-samudera planet lain? – BBC News Indonesia