Teman Teman, kalian taukan di galaksi kita ini terdapat ribuan bintang yang menghiasi langit, terdapat berbagai macam nama bintang yang memiliki warna, ukuran dan berat yang beragam. Tapi diantara semua bintang itu ada bintang paling ekstreme di angkasa, yaitu bintang Neutron.

Hmm, seekstrem apa sih neutron ini? Memangnya ada apa dengan bintang Neutron? kalian semua pasti penasaran kan? Simak selengkapnya disini.

Tentang Bintang

Oiya teman-teman, sebelumnya kalian taukan apa itu bintang? Bintang adalah salah satu benda langit yang memancarkan cahaya, tapi tidak semua bintang memancarkan cahayanya sendiri, ada beberapa bintang yang memantulkan cahaya dari bintang lain.

Bintang terbentuk karena adanya ketidakseimbangan. Didalam bintang terdapat jutaan hingga triliunan plasma panas yang ditarik oleh gaya gravitasi yang luar biasa dan menekan banyak sekali material, sampai material tersebut menyatu.

Hidrogen yang menyatu menjadi helium, akan menghasilkan energi yang mendorong gravitasi dan mencoba untuk melepaskan diri, selama keseimbangan ini ada, bintang akan cukup stabil.

PembengkakanBintangMasif

Hidrogen yang terdapat pada bintang dapat habis. ketika hal itu terjadi, bintang medium seperti matahari kita akan melalui fase pembengkakan, dimana mereka akan membakar helium menjadi karbon dan oksigen, kemudian berubah menjadi bintang putih kerdil (white dwarfs).

Pembengkakan Bintang Supermasif

Berbeda dengan bintang yang memiliki masa berkali-kali lipat dari matahari.

Ketika hidrogen tersebut habis. selain terjadi pembengkakan, inti dari bintang tersebut akan terbakar lebih panas dan lebih cepat, kemudian, meyatukan elemen-elemen yang lebih berat menjadi karbon, kemudian menjadi neon, oksigen, silikon dan terakhir menjadi besi.

Besi tersebut kemudian ditekan oleh bobot yang luar biasa sehingga partikel seperti elektron dan proton dapat menyatu karena tekanan yang luar biasa menjadi neutron, kemudian bintang tersebut meledak dan terjadi ledakan supernova.

Bintang Neutron

Bintang paling ekstreme

Bintang neutron adalah jenis bintang masif hasil dari keruntuhan gravitasi sebuah bintang yang berukuran besar setelah terjadi supernova.

Bintang Neutron adalah bintang paling ekstreme dan paling hebat di alam semesta. ia adalah sebuah inti atom raksasa yang memiliki diameter hanya beberapa kilo meter tapi masif seperti bintang. Dan mereka terlahir dari kematian bintang besar.

Perbandingan

Untuk perbandaingan, Bintang Neutron memiliki masa berjuta kali lipat dari Bumi, namun di kompres dan memiliki ukuran sekitar 25 Km lebarnya.

Hmm, perbandingan lainya, kepadatan Bintang Neutron setara dengan 7,7 Miliar orang di kompres menjadi 1 cm kubik atau setara dengan sebesar ukuran gula batu. density atau kepadatan bintang ini memang luarbiasa kalo di bayangkan ya

Nah untuk informasi aja nih guys, Permukaan Bintang Neutron mencapai 1 juta derajat celcius, sedangkan matahari kita saja hanya memiliki suhu 6 ribu derajat celcius.

GravitasiBintang Neutron

Nah teman-teman, Bintang Neutron ini sangatlah ekstrem karena memiliki gaya gravitasi sama seperti lubang hitam atau black hole.

jika Bintang Neutron lebih padat lagi, maka ia bisa berubah menjadi lubang hitam. Sampai-sampai cahaya dibelokan oleh gravitasi Bintang Neutron, sehingga kalian bisa melihat sisi depan dan sisi belakangnya sekaligus.

StrukturBintang Neutron

Seperti yang kita bahas sebelumnya, bahwa inti atom raksasa ini adalah bintang, tetapi Bintang Neutron ini memiliki karakteristik seperti planet.

Bintang neutron memiliki kerak yang sangat-sangat keras. Lapisan terluarnya terdiri dari besi sisa dari ledakan supernova pada lapisan yang lebih dalam lagi, inti besi-besi tersebut semakin ditekan sampai menyentuh satu sama lain, dan terus ditekan sehingga membentuk fase “Gnocchi”, Kemudian fase spageti hingga akhirnya sampai pada fase lasagna.

Yang kemudian membentuk lembaran-lembaran inti dan sering disebut dengan pasta inti oleh fisikawan.

Medan Magnet Bintang Neutron

Nah, ketika bintang neutron sampai pada fase kehancuran, bintang tersebut akan berputar dengan sangat cepat. Perputaran tersebut akan menghasilkan denyutan radio karena bintang neutron memmiliki medan magnet yang sangat besar.

Medan magnet yang dimiliki oleh Bintang Neutron merupakan medan magnet terbesar dan terkuat di alam semesta. Angkanya mencapai 100 miliar tesla, yaitu jutaan kali lipat lebih kuat dari medan magnet bumi yang berjumlah 0,00005 tesla.

KehancuranBintang Neutron

Ketika bintang neutron bertemu dengan bintang neutron, mereka akan saling mengitari dan berputar sampai akhirnya bertabrakan dan menghasilkan ledakan kilonova.

Kemudian isi dari bintang neutron akan menyebar, hancur berantakan, dan akhirnya berkumpul kembali dan kemungkinan menjadi material-material murni, seperti emas, uranium, platinum, holmium, bismuth dan iridium.

Nah teman teman, Material-material tersebut biasa kita pergunakan untuk teknologi kehidupan sehari-hari. Coba kalian bayangkan untuk mendapatkan material-material tersebut sebuah bintang harus meledak dua kali! nah jadi kalian sekarang tahu kan material murni berasal.

Kesimpulan

Nah, teman teman, hal hal itulah yang membuat Bintang Neutron menjadi bintang paling ekstreme di alam semesta, untuk sekarang. Nah, Kalo menurut kalian apakah ada bintang lain yang lebih ekstrem dari bintang neutron? Kalo ada, boleh berbagi di kolom komentar ya.

Sumber :

  • Mengenal Bintang Neutron, Bintang Paling Ekstrem Sejagad – Wordpress
  • Neutron Stars – The Most Extreme Things that are not Black Holes – Youtube