Planet Hidup Tanpa Bintang Induk – Hi guys, kembali lagi dengan channel Bicara. By the way, kalian semua tahukan Bumi kita ini berada dalam sebuah susunan Tata Surya, dimana Matahari menjadi Bintang Induk di Pusatnya. Kalian juga pasti dah bosen dengerin topik yang satu ini kan. Tapi memang betul, saat ini Bumi kita berada dalam naungan zona layak huni Matahari. Bagi kehidupan di Bumi, Matahari memiliki banyak manfaat, seperti untuk mengeringkan pakaian, menghangatkan suhu di Bumi, dan sebagainya. Matahari menjaga Bumi agar tidak membeku.

Matahari dan Tata Surya

Bisakah Sebuah Planet Hidup Tanpa Bintang Induk?

Tapi selain Itu, Matahari juga berperan sangat penting sebagai Bintang Induk di Pusat Tata Surya kita. Ia menjaga orbit seluruh planet dan objek objek di Tata Surya, agar tidak keluar dari orbitnya.

Tanpa ada Matahari, mungkin Bumi akan kedinginan tanpa cahayanya. Hmm tapi, jika benar benar ada planet yang hidup tanpa memiliki Bintang induk, Apa yang bakalan terjadi sama Planet itu ya? Apakah ia akan Mati? Atau hancur? Atau akan kedinginan?

Planet ini Ada

Well, faktanya Planet yang tidak memiliki Bintang Induk itu ada teman teman. Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan nama Planet Pengembara. Planet ini bisa kita jumpai di berbagai galaksi, bahkan di galaksi Bimasakti sendiri diperkirakan ada ribuan planet Pengembara yang bisa kita temukan. Walau memang sangat sulit mencarinya, karena planet pengembara tidak memiliki orbit, ia bergerak Bebas.

Planet Tanpa Bintang Induk

Tapi selain Planet Pengembara, atau planet yang tidak memiliki Bintang induk, ada juga planet yang ditemukan mengorbit bintang Mati, ataupun Bintang katai coklat. Well, walaupun memang seharusnya tidak mungkin kalau ada Planet yang mengorbit Bintang Katai Coklat, karena gravitasi Bintang tersebut sudah runtuh dan tidak cukup untuk mengikat objek di sekitarnya. Tapi nyatanya Planet ini ada guys.

Pasti kalian bertanya tanya, bagaimana hal ini bisa terjadi? Well, untuk memahami hal ini, mari kita bahas terlebih dahulu bagaimana sebuah Bintang bisa sangat berpengaruh bagi planetnya.

Sebuah Bintang Induk Dalam Pembentukan Tata Surya

Bisakah Sebuah Planet Hidup Tanpa Bintang Induk?

Sejak dari awal mula pembentukan Tata Surya, semua jenis Tata Surya yang ada di Alam Semesta ini memiliki proses pembentukan yang sama. Mereka terbentuk dari Materi berupa kumpulan debu debu dan gas. Biasanya inti awan gas ini runtuh dan akan membentuk sebuah Bintang panas yang memiliki gravitasi cukup besar. Sebelum akhirnya Materi sisa pembentukan Bintang menyatu menjadi planet.

Pembentukan Planet

Planet Planet di sekitar Bintang baru itu terbentuk karena tabrakan antar gumpalan materi lainnya yang terpengaruh oleh tarikan gravitasi Bintang tersebut, jadi mereka bergerak secara acak hingga saling menabrak satu sama lain.

Ketika planet planet baru ini bertabrakan, mereka menciptakan gaya lempar mereka sendiri, jika bukan karena gravitasi Bintang, planet ini akan terlempar keluar jauh dari Bintang tersebut. Karena adanya gaya gravitasi yang mengikat mereka, akhirnya mereka berkumpul menjadi satu dan bergerak pada jalur mereka masing masing yang kita kenal dengan orbit.

Well, jadi sebenarnya sejak awal mula pembentukan sebuah planet, Matahari memang berperan sangat penting ya guys. Bicara juga sebenarnya masih belum menemukan sumber yang menyebutkan bagaimana sebuah planet bisa terbentuk tanpa memiliki sebuah Bintang. Kalau diantara kalian ada yang tahu informasi ini, boleh kasih tau kita di kolom komentar ya guys.

Planet Pengembara

Walaupun informasi diatas masih kurang, tapi kita masih punya Planet Pengembara untuk dipelajari Guys. Walaupun sebuah planet tidak mungkin terbentuk tanpa memiliki Bintang Induk, mereka bisa tetap hidup di alam semesta kita. Planet Pengembara akan mengelilingi alam semesta dengan berpindah dari satu galaksi ke galaksi lain. Jika menemukan sebuah Bintang Induk baru, mereka bisa saja menetap dan mengorbit pada Bintang tersebut. Tapi sebelum menemukan rumah baru, Planet Pengembara akan tetap menjadi Planet Pengembara. Tapi bagaimana Bisa Planet Pengembara muncul?

Penyebab Adanya Planet Pengembara

Seperti Planet lainnya, Planet Pengembara juga memiliki Bintang induk. Bintang induk planet Pengembara biasanya adalah bintang yang sudah memasuki fase katai coklat. Ketika gravitasi bintang sudah melemah, maka planet planet yang mengelilinginya akan melepaskan diri.

Tapi selain itu, ada juga kemungkinan lain yang menyebabkan terciptanya planet pengembara. Yaitu sebuah sistem Bintang Ganda yang berada terlalu dekat dengan lubang Hitam.

Lubang Hitam

Seperti yang kita ketahui, sistem Bintang ganda terbentuk ketika ada dua Bintang yang mengikat satu sama lain dengan gaya gravitasi mereka masing masing. Ketika mereka berada terlalu dekat dengan Lubang hitam, maka salah satu Bintang tersebut akan terhisap oleh lubang hitam.

Akibatnya, bintang yang tidak terlahap akan kehilangan gaya tarik dan terlempar keluar sistem. Beberapa Planet yang mengelilingi sistem ini biasanya akan mengikuti Bintang tersebut, tapi ada juga beberapa yang malah ikut terlempar ke arah yang lain hingga akhirnya mereke berpisah.

Yah Bintang pengembara ini pengumpamaan terendahnya itu ya mirip mirip sama definisi anak ilang lah guys.

Meledaknya Bintang Induk

Dan ada satu lagi penyebab keberadaan Planet Pengembara, yaitu meledaknya Bintang induk si Planet. Ketika Sebuah Bintang berubah menjadi raksasa merah yang sekarat dan akhirnya berubah menjadi supernova. Ledakan dari bintang tersebut akan menyapu semua objek di sekelilingnya, dan itu juga terjadi pada planet planet yang mengorbitnya. Dan yang terjadi, planet itu terlempar keluar dari orbit asalnya dan bergerak secara bebas tanpa ada yang memandu pergerakannya.

Planet Pengembara Dapat Bertahan

Tapi walaupun mereka terlempar jauh dari sistem nya atau Bintang Induknya, mereka akan tetap bertahan di alam semesta ini guys, mereka tidak akan hancur. Hal yang akan terjadi pada planet planet itu mungkin mereka akan mendingin, menjadi gelap. Atau efek buruk lain yang akan terjadi adalah, planet planet ini akan menabrak planet lain di alam semesta. Dan Bumi kita juga mungkin akan jadi salah satu target tabrakan planet ini. Tapi hal ini tidak akan terjadi dalam waktu dekat ini kok guys ehehe.

Kesimpulan

Well, jadi menurut sumber yang Bicara kumpulkan, sebuah planet tidak akan mungkin tercipta tanpa adanya sebuah Bintang induk di pusat sistemnya guys, mereka tidak terbentuk dengan sendirinya, begitu pula planet pengembara. Tapi planet planet ini bisa bertahan hidup tanpa Sebuah Bintang induk. Begitu guys.

Tapi kalau kalian punya pendapat lain, jangan lupa kasih tau kita lewat kolom komentar ya, siapa tau ada beberapa informasi yang kita lewatkan. But anyway, sampai disini dulu artikel astronomi kali ini. Sampai jumpa di artikel menarik selanjutnya!

Sumber :

  • Could a planet exist without a host star? – Science Howstuffwork
  • Misteri Planet Pengembara Dari Galaksi yang Jauh – Youtube