Well, halo guys, Selamat datang kembali di website Bicara Indonesia. Anyway guys, apakah kalian pernah memerhatikan Bulan yang ada di langit? Kalau diperhatikan, bulan ini semakin hari semakin kecil ukurannya ya. Apakah bulan ukurannya semakin mengecil?. Tapi nggak ah, terkadang bulan juga terlihat lebih besar. Atau ternyata bulan menjauh dari Bumi? Tapi kenapa Bulan menjauh dari Bumi? Apa Bulan marah sama Bumi?

Well, pertanyaan inilah yang akan kita bahas pada artikel kali ini. Dari pada makin penasaran, Kuy simak selengkapnya disini!

Bulan

Bulan Menjauh Dari Bumi? Apa Bulan Marah?

Well guys, tahukah kalian kalau Bulan ini ternyata bergerak menjauh dari Bumi 3,7 cm setiap tahun? Ya ternyata bulan memang menjauh dari Bumi. Jarak Bumi dan Bulan yang ada pada saat ini ternyata lebih jauh dari jarak Bumi dan Bulan pada awal mula permbentukan bulan.

Pada awal pembentukan bulan, jarak Bumi dan Bulan hanya sekitar 22.500 Km. Menurut sebuah penelitian di China, jarak Bulan dan Bumi pada 1,4 miliar tahun yang lalu adalah 341.000 Km. Sedangkan pada saat ini jarak Bumi dan Bulan adalah 402.336 Km.

Peran Bulan

Well, Bulan memang memiliki pengaruh yang sangat besar untuk Bumi guys. Pengaruh nya yang paling besar dari Bumi adalah, Bulan menjaga rotasi Bumi agar selalu stabil terhadap orbit Bumi dan Matahari. Jika Bulan semakin menjauh dari Bumi, maka rotasi Bumi juga bisa saja melambat. Hal ini akan berpengaruh terhadap perubahan iklim di Bumi.

Orbit Bulan sendiri tercipta karena pengaruh gaya gravitasi Bumi. Tapi bukan gravitasi Bumi saja yang mempengaruhi Bulan. Ternyata gravitasi Bulan juga berpengaruh terhadap Bumi, yakni dengan terjadinya pergerakan lautan seperti pasang dan surut.

Well, jika Bumi dan Bulan sama sama memberikan pengaruh gravitasi, lalu kenapa Bulan bergerak menjauh dari Bumi? Kok jadi baper gini ceritanya, saling tarik menarik tapi yang satu menjauh huhu 🙁

Tapi, Sebenarnya pergerakan bulan yang menjauh dari Bumi ini disebabkan oleh beberapa hal.

Proses Pembentukan Bulan

Hal pertama yang mempengaruhi pergerakan Bulan adalah pada masa awal pembentukannya. Tentunya kalian semua tahukan asal mula terbentuknya Bulan itu dari tabrakan antara Bumi dan Theia? Momentum yang dihasilkan dari tabrakan tersebut, membuat sebagian dari Materi Bumi terlempar keluar. Dan materi itulah yang kemudian membentuk Bulan.

Bulan Menjauh Dari Bumi? Apa Bulan Marah?

Ketika Bulan terlempar dari Bumi, ia tidak terlepas begitu saja, gravitasi Bumi menahan Bulan agar tidak terlempar jauh. Efek gravitasi Bumi tersebut mengikat Bulan, dan Bumi membuat Bulan mengorbitnya.

Tapi akibat dari momentum tabrakan tadi, Bulan mempunyai pergerakan yang terus menjauhi Bumi, yaitu 3,7 cm per tahun.

Pasang Surut Air Laut

Seperti yang tadi kita sebutkan sebelumnya, Bulan dan Bumi sama sama memiliki pengaruh gravitasi. Salah satu efek gravitasi Bulan dan Matahari terhadap Bumi adalah terjadinya pasang surut air laut. Tahukah kalian kalau ternyata pasang surut ini juga menjadi salah satu penyebab Bulan menjauhi Bumi. Tapi sebelumnya Mari kita bahas dulu mengenai Orbit Bulan dan Rotasi Bumi.

Rotasi Bumi dan Bulan

Harus kalian ketahui kalau Rotasi Bumi itu lebih cepat daripada revolusi Bulan. Bumi dapat melakukan satu kali rotasi dalam 24 jam, sedangkan Bulan membutuhkan waktu 27 hari untuk melakukan satu kali putaran terhadap Bumi. Tentunya ini waktu yang sangat berbeda.

Revolusi Bulan dan Rotasi Bumi adalah salah satu hal yang menyebabkan terjadi nya Pasang surut air laut. Dan air laut yang mengalami pasang memiliki cukup massa yang dapat mempengaruhi orbit Bulan.

Bumi Menarik Bulan

Dari perbedaan waktu dan posisi yang terjadi pada Bumi dan Bulan, dapat kalian bayangkan kalau ternyata Bumi dengan gravitasinya sedang menarik Bulan untuk tetap mengikuti arah Rotasi Bumi. Dan itu membuat Bulan bergerak lebih cepat demi mengejar rotasi Bumi.

Jika diperhatikan, peristiwa Bumi menarik Bulan ini bisa di peragakan dengan mengayunkan suatu benda dengan bentuk melingkar. Semakin cepat kita mengayunkan benda tersebut, maka kecepatan benda tersebut akan semakin bertambah dan ia bergerak keluar dari porosnya atau seperti akan terlempar keluar.

Nah hal itulah yang terjadi pada Bumi dan Bulan ketika Bulan ditarik oleh air pasang Bumi. Semakin ia ditarik semakin kencang pergerakannya dan orbitnya pun akan semakin menjauh. Pergerakan ini akan terus terjadi selama bulan mengorbit Bumi guys, dan pasti Bulan semakin lama akan semakin menjauhi Bumi.

Kesimpulan

Nah itu dia penjelasan mengapa Bulan menjah dari Bumi. Ternyata Bulan tidak marah sama Bumi ya guys, ini adalah efek alami yang terjadi akibat gravitasi Bumi dan Bulan. Selain itu pengaruh dari pasang surut air laut juga mempengaruhi menjauhnya Bulan dari Bumi.

Sumber :

  • Why Is Moon Moving Away From Earth? – Youtube
  • Why the Moon is getting further away from Earth – BBC News
  • Mengapa Bulan menjauhi Bumi? – Quora
  • Why The Moon Is Moving Away From The Earth – News Week
  • Earth’s Moon – Solar System NASA