C21 Planet Paling Aneh di Galaksi – Hi semua, selamat datang kembali di Bicara Indonesia. By the way kalian tahu kan sampaai saat ini para ilmuwan kita masih melakukan penelitian pada objek objek alam semesta ini. Para ilmuwan kita semakin dalam menggali informasi mengenai alam semesta. Memang banyak sekali hal baru yang mereka temukan, tapi di samping itu juga banyak pertanyaan yang muncul dari penemuan penemuan mereka, yang bahkan sampai pada saat ini belum bisa dijelaskan oleh sains modern. Salah satu penemuan mereka adalah planet aneh, yang mungkin belum diketahui apakah benar objek ini adalah sebuah planet atau bukan. Hmm kalian penasaran kan planet apa itu? Sama dong, yuk kita bahas bareng bareng untuk tahu jawabannya.

Planet Aneh dan Asing

Di alam semesta kita terdapat banyak sekali objek langit seperti planet, bintang dan galaksi. Pada galaksi tempat Bumi kita berada yaitu galaksi Bimasakti, ditemukan ribuan planet. Kalau ada diantara kalian yang berfikir kalau di galaksi kita ini hanya terdapat planet planet di tata surya kita saja didalamnya, kalian salah guys.

Diluar tata surya kita terdapat banyak sekali planet asing yang masih belum jelas klasifikasinya. Dan kebanyakan dari mereka adalah planet pengembara, yaitu sebuah planet yang tidak memiliki bintang induk untung diorbit olehnya. Planet ini akan bergerak dengan berpindah dari galaksi yang satu ke galaksi lainnya.

Di galaksi Bimasakti sendiri ada ribuan planet pengembara, dan ditemukan juga satu planet yang paling aneh, yaitu c21.

C21

C21 adalah sebuah objek yang memiliki nama Cfbdsir 2149-0403, atau lebih dikenal dengan Cf 21. Objek ini adalah sebuah planet yang dianggap sebagai rogue planet atau planet pengembara, tapi objek ini sebenarnya sangat sulit untuk dipahami.

Planet ini ditemukan 100 tahun cahaya dari Bumi, ditemukan pada tahun 2012 oleh tim astronom internasional. Pada penelitian pertama yang dilakukan oleh para astronom menunjukan masa objek ini adalah 5 hingga 9 kali massa planet jupiter. Dan planet ini memiliki suhu yang sangat panas, padahal seharusnya tidak demikian.

Ini membuat para ilmuwan bingung, sebenarnya c21 ini adalah planet atau malah bintang katai coklat? Kira kira sebenarnya apa ya c21 ini? Mari kita lakukan pengamatan terlebih dahulu mengenai planet pengembara.

Planet Pengembara

c21 Planet Paling Aneh di Galaksi

Planet pengembara atau biasa dikenal dengan planet yatim adalah planet yang tidak memiliki bintang untuk dijadikan induknya, seperti Bumi yang memiliki matahari sebagai induknya. Hal ini menyebabkan planet pengembara tidak mempunyai rumah untuk pulang dan akan selalu mengembara. Sampai suatu saat ia menemukan bintang yang lebih masif darinya untuk dijadikan induk.

Planet aneh ini lahir biasanya dikarenakan adanya ledakan supernova atau tabrakan antara dua lubang hitam yang kemudian melemparkan objek ini keluar dari area bintang induknya.

Kematian sebuah bintang yang berubah menjadi katai coklat juga akan menyebabkan planet planet disekitar bintang itu akan lepas dari terikan gravitasi katai coklat. Dan hasilnya planet tersebut akan melepaskan diri dan berkelana mengelilingi alam semesta untuk mencari induk yang baru. Selama ia belum memiliki induk bisa dibilang planet ini mengorbit langsung pada pusat galaksi.

Planet pengembara adalah sebuah objek yang sulit untuk ditangkap oleh ilmuwan karena orbitnya yang tidak beraturan. Biasanya planet ini sering memiliki nol luminositas, sehingga ketika ilmuwan menemukan ada sebuah planet pengembara yang memiliki suhu panas. Teori tentang keberadaannya sebagai badan kelas planetar dipertanyakan. Hmm sepertinya c21 ini bukan planet pengembara, coba kita beralih ke katai coklat.

Katai Coklat

Katai coklat adalah sebuah objek yang memiliki massa lebih kecil dari pada bintang. Objek ini lahir karena kematian sebuah bintang massif yang tidak memiliki massa yang cukup untuk tekanan dan suhu inti yang memicu fusi termonuklir hidrogen menjadi helium seperti kebanyakan bintang. Hingga akhirnya objek ini mendingin dan menjadi bintang mati.

Untuk menjadi sebuah bintang, suatu objek memerlukan massa 80 kali massa planet Jupiter. Massa sebesar itu hanya sekita 8% dari massa matahari, tapi sudah cukup untuk membuat rekasi nuklir pada inti sebuah objek. Sedangkan katai coklat adalah objek yang memiliki masa minimum 13 kali massa planet Jupiter.

Jika c21 memiliki massa yang kurang dari 13 kali massa jupiter maka kemungkinan c21 bukanlah sebuah katai coklat, melainkan planet pengembara yang lebih masif dari planet Jupiter. Haduh bingung juga ya, tadi katanya bukan planet pengembara, sekarang malah katanya planet pengembara, kalian bingung juga kan? Ehehe kan udah dibilangin dari awal kalo planet ini tu sulit di pahami, kayaknya dia cewe deh :/ hmmm. Bingung juga ya

Planet Muda

Kalian bingung kan sama planet aneh ini? Santai dulu, kita punya hal lain yang belum disampaikan.

Ada sebuah penemuan yang mengatakan bahwa ternyata c21 memancarkan sinar inframerah yang berarti ia memancarkan panas keluar angkasa, ini mirip seperti sebuah planet muda yang baru terbentuk. Planet muda biasanya panas dan bercahaya hingga pada akhirnya ia akan mendingin, dan proses pendinginannya sendiri membutuhkan waktu jutaan tahun.

Menurut pengamatan yang pertamakali dilakukan, c21 bergerak didekat sekelompok gugusan bintang yang disebut gugus B-radice. Para ilmuwan memperkirakan c21 terlempar dari gugusan bintang itu. Kelompok bintang memang relatif dekat antara satu sama lain, mereka bisa saling mempengaruhi gaya gravitasi satu sama lain, mengubah orbit planet tetangga sehingga sebuah planet dapat muncul di dekat planet kita.

Jika memang c21 adalah planet yang terlempar karena pengaruh kumpulan bintang itu, artinya c21 adalah sebuah proto planet yang belum dingin.

Pengamatan Lebih Lanjut

Setelah menemukan teori teori yang kita sebutkan tadi, para ilmuwan melakukan pengamatan yang lebih rinci menggunakan bantuan teleskop Spitzer yang mempunyai efek paralaks yang bisa digunakan untuk menghitung keakuratan jarak ke objek yang sangat jauh.

Dengan mengukur jarak dari orbit Bumi, ternyata c21 berjarak sekitar 130 tahun cahaya dari Bumi. Jarak ini ternyata lebih jauh dari yang diperkirakan sebelumnya.

Tadi bicara mengatakan bahwa c21 adalah planet muda yang berasal dari gugusan bintang yang berada didekatnya yang berada sekitar 75 tahun cahaya dari Bumi. Tapi planet ini berada jauh dari gugusan bintang yang tadi kita sebutkan, dan diperkirakan planet ini artinya bukanlah sebuah planet muda, karena umurnya pasti lebih dari 500 miliyar tahun, menurut perhitungan para astronom.

Dari yang kita ketahui jika sebuah planet muda ini memang berasal dari gugusan bintang tadi, maka untuk berada di posisi nya yang saat ini planet tersebut memiliki waktu yang sangat banyak untuk menjadi dingin dan seharusnya sudah dingin, tapi kenyataannya tidak. Temperatur c21 mencapai 400 derajat, dan temperatur ini l2 kali lebih panas dari yang sebelumnya telah diperkirakan. Artinya jika temperaturnya lebih panas maka c21 juga akan lebih massif lagi.

Cukup Untuk Membangkitkan Reaksi Nuklir

Menurut perhitungan para astronot berdasarkan penemuan terbarunya, massa dari c21 adalah 13 kali masa jupiter, massa ini cukup untuk membangkitkan reaksi nuklir pada pembakaran lithium dan kemungkinan objek ini adalah katai coklat.

Tapi berdasarkan penelitian, objek ini hanya memiliki masa 7 kali massa planet jupiter. Selain dari itu, sebuah studi mengungkapkan bahwa c21 memiliki kandungan unsur unsur berat yang tinggi. Tidak seluruhnya elemen dari c21 berupa hidrogen atau helium, dan biasanya katai coklat memiliki jumlah hidrogen yang sedikit.

Jika c21 disebut sebuah planet, jumlah hidrogen dan heliumnya masih dibilang terlalu sedikit untuk sebuah planet. Aduh muter muter ya jadinya guys ehehe.

Kesimpulan

Cukup membingungkan juga ya kalo kita mau mengetahui siapa sebenarnya c21 ini, memang aneh sekali objek yang satu ini. Pantas saja c21 disebut planet paling aneh

Tapi walaupun membingungkan, hampir semua data dan bukti mengarah pada kesimpulan bahwa c21 adalah sebuah planet. Satu satunya cara yang bisa dilakukan agar kita tahu sipa sebenarnya c21 ini adalah dengan melakukan pengamatan yang lebih lanjut.

By the way, gimana menurut kalian? Apa kalian bisa menyimpulkan apa sebenarnya benda aneh yang satu ini? Siapa tahu kalian punya informasi yang lebih banyak mengenai c21 dan tahu apa sebenarnya objek aneh ini, kalian boleh tuliskan pendapat kalian di kolom komentar ya, karena bicara juga penasaran apa sih c21 ini, dan kita pasti bakalan dengan senang hati untuk baca komentar kalian.

Well, itu semua adalah informasi yang bisa kita berikan ke kalian mengenai C21, si planet paling aneh di galaksi kita. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan kalian ya walaupun sedikit membingungkan ehehe. Sampai jumpa di konten menarik lainnya teman teman.

Sumber :

  • The Strangest Planets Ever Discovered in Galaxy – Youtube
  • Cfbdsir 2149 – Wikipedia