Apakah kalian tahu Bumi yang menjadi tempat tinggal manusia, hewan dan tumbuhan ini merupakan tempat yang cukup kompleks?. Bumi memiliki gravitasi, atmosfer hingga medan magnetik, dimana ketiga elemen tersebut berperan sangat penting dalam menunjang kehidupan di Bumi. Tapi, Apakah kalian tahu dari mana asalnya medan magnetik dan gravitasi Bumi berasal ?

Medan Magnetik Bumi

pertama tama mari kita bahas medan magnetik terlebih dahulu. Medan magnetik bumi, adalah sebuah medan magnet yang berasal dari angin Matahari hingga bagian dalam Bumi. Medan geomagnetik yang ada di Bumi ini merupakan salah satu faktor yang memungkin kan kehidupan di Bumi. Perannya adalah melindungi kita dari semua bahaya yang menyerang planet kita dari luar angkasa, termasuk partikel bermuatan tinggi dari Matahari, dan radiasi kosmik.

Selain itu, medan geomagnetik juga menjaga Bumi sehingga badai Matahari tidak menembus atmosfer Bumi. Medan magnetik bumi memantulkan angin matahari, yaitu arus partikel bermuatan yang berasal dari matahari yang mampu mengionisasi lapisan atmosfer bumi.

Asal Medan Magnetik Bumi

Lalu dari mana asalnya perisai Bumi yang satu ini? Seperti yang kita ketahui Bumi ini terdiri dari beberapa lapisan seperti, inti Bumi, mantel Bumi dan kerak Bumi. Nah inti Bumi yang terdiri dari besi dan nikel inilah yang menghasilkan medan magnet Bumi.

medan magnetik dan gravitasi Bumi

Bagian inti dalam Bumi memiliki suhu yang sangat panas, karena suhu dan tekanannny sangat tinggi, mengakibatkan besi dan nikel di inti luar mencair karena panas yang merambat naik dari inti dalam Bumi, proses ini disebut proses konveksi.

Selain menyebabkan besi dan nikel di inti luar mencair, proses konveksi juga menyebabkan partikel besi dan nikel cair tersebut bersirkulasi, dan bergesekan satu sama lain. Ketika Bumi berputar, kecepatan inti Bumi yang bagian dalam yang padat serta kecepatan inti Bumi bagian luar yang cair berbeda. Akibatnya, perbedaan kecepatan ini menghasilkan arus listrik yang kemudian akan menghasilkan medan geomagnetik.

Nah jadi medangeomagnetik ini berasal dari energi panas yang ada di inti Bumi. Hmmkalian paham kan?

Gaya GravitasiBumi

Sebelumnya kita bahas dulu sedikit mengenai Gravitasi. Seperti yang kita ketahui, gaya gravitasi dadalah gaya tarik menarik antar benda yang memiliki massa. Baik di Bumi maupun di alam semesta, gravitasi pasti kita temukan di setiap benda yang memiliki masa. Seperti benda benda langit seperti Bumi dan Bulan yang sama sama memiliki gaya gravitasi dan mengikat satu sama lain sehingga Bulan dapat mengorbit pada Bumi.

Sedangkandi permukaan Bumi, gaya gravitasi juga memiliki pengaruh, contohnyapada buah yang ada di pohon pasti akan jatuh ke Bumi, dan bendalainnya yang jika dilempar ketas akan jatuh kebawah. Itulah gayagravitasi, semua pergerakan benda dari atas kebawah.

Teori Gravitasi Isaac Newton

Isaac newton pernah menjelaskan bahwa buah apel bisa jatuh ketanah karena adanya gaya tarik menarik antara apel dan Bumi, yang kita sebut dengan gravitasi. Newton juga menyebutkan dalam hukum newton bahwa gravitasi itu dapat dihitung dengan mengalikan massa apel dan Bumi. Lalu membaginya dengan jarak kedua benda tersebut yang dikuadratkan. Hmm hukum newton cukup menjelaskan apa sebenarnya gaya gravitasi itu.

Tapi jauh sebelum isaac newton lahir dan memikirkan mengenai gravitasi, orang orang Yunani sudah terlebih dahulu menyelidiki mengenai gravitasi. Ada dua persoalan yang diselidiki oleh orang orang yunani, yang pertama adalah mengapa benda benda selalu jatuh ke permukaan Bumi dan bagaimana pergerakan planet planet dan juga Matahari dan Bulan sehingga mereka tidak jatuh ke Bumi.

Saat itu masyarakat Yunani melihat persoalan benda jatuh dan gerakan planet sebagai dua hal yang berbeda. Demikian hal itu berlanjut hingga zaman Newton. Dasar pemikiran Newton mengenai gaya gravitasi juga diambil dari hasil penelitian orang orang yang telah meneliti hal ini sebelum Newton, Yang membedakan Newton dan orang-orang sebelumnya adalah, Newton memandang pergerakan planet dan benda benda yang jatuh disebabkan oleh satu hal yang sama dan hukum yang sama.

Dengan kata lain, Isaac berpendapat bahwa gaya yang menyebabkan sebuah benda jatuh ke permukaan tanah, merupakan gaya yang sama, yang menyebabkan bulan bergerak mengelilingi bumi. Nah itulah asal mula hukum gravitasi. Tapi dari mana kah gravitasi Bumi berasal?

Menurut Albert Einstein, gravitasi bukanlah gaya seperti yang kita sangka, semuanya dijabarkan dalam Teori Relativitas Umum yang merupakan penjelasan gravitasi termutakhir dalam fisika modern. Teori ini merupakan penggabungan teori einstein yang sebelumnya mengenai relativitas khusus dengan hukum gravitasi Newton.

gaya gravitasi semata-mata berasal dari kelengkungan ruang-waktu, dan bahwa benda-benda meluncur menuju ke pusat massa hanyalah karena mengikuti kelengkungan ruang.

Kesimpulan

Nah itu dia penjelasan mengenai dari manakah medan magnetik dan gravitasi Bumi berasal. Medan magnetik berasal dari inti dalam Bumi yang panas, sedangkan gaya gravitasi menurut isaac newton bisa ada jika suatu benda memiliki massa. Well, cukup menjelaskan juga sih guys, pada objek objek di luar angkasa jika objek tersebut memiliki massa yang lebih masif maka gravitasi nya juga akan semakin besar, sehingga dapat menarik objek lain, seperti yang terjadi pada Bumi dan Bulan atau dengan objek lain seperti meteor atau asteroid.

Tapi penjelasan mengenai gravitasi ini masih bikin geregetan ya guys. Kalian tenang aja, Hukum gravitasi adalah sebuah hal yang masih akan terus berkembang ke depan penelitiannya guys. Karena apapun yang bersifat teori ataupun Hukum fisika nggak akan berhenti untuk diteliti dan dikaji oleh ilmuwan kita.

Kedapannya pasti aka ada penjelasan yang lebih lengkap dan luas lagi mengenai gravitasi Bumi. Kalo menurut kalian sendiri bagaimana? Apasih gravitasi itu dan dari mana asalnya? Komen di bawah ya.

By the way inilah informasi yag bisa kita berikan mengenai asal medan magnetik dan gravitasi bumi, semoga informasinya membantu ya.

Sumber :

  • Jika Bumi Berputar Mundur – Youtube
  • Bagaimana medan magnet bumi terbentuk? – Youtube
  • Apakah Teori Gravitasi dan Evolusi Hanya Sebuah “Teori”? – Youtube
  • Dari mana asal gravitasi itu? – Brainly