Hi guys! Selamat datang lagi di Bicara Indonesia. Pada kesempatan kali ini Bicara akan menjawab pertanyaan mengenai titik cahaya terang yang ada di Pusat Galaksi.

Galaksi

Ngomong – ngomong kalian tau nggak, planet kita ini berada dalam satu tatanan tata surya yang memiliki matahari sebagai pusatnya, dan tata surya kita ini berada dalam satu ruang lingkup galaksi, yaitu galaksi Bima Sakti.

Kalian semua tentunya pernah kan melihat gambar galaksi?, disana kalian perhatikan bahwa pusat galaksi yang berada ditengah itu memiliki cahaya yang sangatlah terang. Hmm, kalian penasaran nggak sih, kira kira, apa ya titik cahaya terang yang ada di pusat galaksi itu?

Pusat Galaksi

Pusat galaksi adalah titik rotasi galaksi, pada galaksi kita yaitu galaksi bima sakti, dan juga galaksi lainnya. Pada galaksi Bimasakti pusatnya terletak pada jarak 25.000 tahun cahaya dari bumi di arah rasi Sagitarius, Ophiuchus dan Scorpius dimana pusatnya terlihat lebih cemerlang.

Pada pusat galaksi ternyata terdapat lubang hitam supermasif. Kalian semua pernah dengar kan kalau benda benda dilangit itu akan mengorbit pada benda yang lebih besar massanya?. Seperti matahari misalnya. Karena massa matahari lebih besar dibandingkan bumi dan planet planet lain, maka para susunan planet kita ini mengorbit pada matahari dan jadilah satu susunan tata surya.

Nah, sama halnya dengan lubang hitam. Lubang hitam supermasif memiliki massa yang lebih besar jika dibandingkan dengan benda langit lain dan tata surya di Galaksi Bimasakti. Maka dari itu semua benda langit dan tata surya mengorbit pada lubang hitam supermasif sebagai pusatnya. Karena massa Lubang hitam dan gravitasinya lebih besar, dan menjadi satu kesatuan yang biasa kita sebut dengan galaksi.

Lubang Hitam di Pusat Galaksi

Lubang Hitam di Pusat Galaksi

Pada galaksi bima sakti, terdapat lubang hitam yang bernama Sagitarius A*, dinamakan demikian karena terlihat dari arah rasi bintang sagitarius. Objek yang tidak terlihat ini adalah objek yang memiliki massa dan gravitasi paling besar di galaksi. Lubang hitam mampu menghisap semua benda langit yang berada di sekitarnya. Eits, tapi tenang dulu, kalian jangan khawatir bumi bakalan tertelan oleh lubang hitam lho ya ehehhe.

Lubang hitam memang memiliki gravitasi yang sangat besar sehingga bisa menghisap semua materi atau benda langit dan bahkan cahaya. Namun tidak semua benda langit yang ada di sekitar lubang hitam akan terhisap. Materi yang dapat dihisap oleh lubang hitam adalah materi yang terdapat pada horizon peristiwa lubang hitam.

Horizon Peristiwa

Horizon peritiwa sendiri adalah batas dari gravitasi suatu benda yang memiliki gravitasi. Bintang, planet atau benda langit lainnya yang tidak berada pada horizon peristiwa tidak akan terhisap oleh lubang hitam.

Seperti ini misalnya. Jika matahari adalah lubang hitam dan horizon peristiwanya hanya sampai planet venus, maka bumi dan planet setelahnya tidak akan terhisap oleh matahari. Lain halnya dengan planet merkurius dan venus, mereka akan terhisap oleh matahari karena mereka ada pada horizon peristiwa matahari. Gitu guys.

Titik YangBercahaya

Nah, tadi kalian sudah mengerti kan mengenai horizon peristiwa lubang hitam, lalu apa yang terjadi dengan benda benda yang ada di luar horizon peristiwa lubang hitam?.

Benda benda yang terdapat diluar peristiwa horizon lubang hitam tidak dapat terhisap oleh lubang hitam, yang terjadi adalah benda benda tersebut akan mengorbit pada lubang hitam dan mereka akan mengelilingi lubang hitam. Itulah mengapa jika kita melihat foto galaksi bentuknya seperti pusaran. Lalu jika yang berada di pusat galaksi itu lubang hitam, kenapa lubang hitam bercahaya terang?

Pada area di sekitar pusat galaksi tersebar banyak sekali bintang berwarna kuning yang jumlahnya sangat banyak. Sama seperti objek antariksa lain, bintang – bintang itu mengorbit juga pada lubang hitam. Dan sebetulnya cahaya terang yang kita lihat itu adalah kumpulan dari bintang-bintang kuning yang mengelilingi lubang hitam guys. Jadi bukan lubang hitam yang bercahaya, lubang hitam bisa menangkap cahaya tapi tidak memancarkan cahaya.

Kesimpulan

Nah, sekarang kalian tahukan apa benda apa yang berada ditengah galaksi? Ternyata disana terdapat lubang hitam supermasif yang dikelilingi oleh benda benda langit dan juga terdapat banyak sekali bintang, menarik sekali kan pembahasan kita kali ini?

Well, itu dia beberapa informasi mengenai titik cahaya terang yang ada di pusat galaksi. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan kalian ya. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya!

Sumber :

  • Journey to the Center of the Galaxy – Youtube
  • Walau Ada Lubang Hitam, Kenapa Pusat Galaksi Digambarkan Terang? – Bobo.id