Jika Perang Dunia Kembali Terjadi, Akan Seperti Apa?

Teman Bicara, pernahkah kalian belajar mengenai perang dunia saat berada di bangku sekolah? Kalau pernah, pasti kalian tahu perang dunia yang terkahir sudah terjadi puluhan tahun yang lalu kan? Terus gimana ya jika perang dunia kembali terjadi di masa sekarang? Kira kira perang seperti apa ya, dan apa saja yang akan terjadi?

Seperti yang kita tahu saat ini ada banyak negara yang sedang berselisih atau bersaing baik dalam bidang pertahanan maupun ekonomi. Apakah hal itu akan menjadi salah satu penyebab kembalinya perang dunia?. Penasaran? simak pembahasannya berikut ini.

Sejarah Perang Dunia

Jika Perang Dunia Kembali Terjadi

Sebelumnya kita bakal ajak kalian untuk membahas sejarah perang dunia yang pernah terjadi ya guys, kan ga afdol kalo misalkan kita bahas langsung ke masa sekarang.

Perang dunia yang pertama terjadi pada tahun 1914 sampai 1918. Diawali dengan dibunuhnya Archduke Franz Ferdinand di Sarajevo pada tanggal 18 Juni 1914 oleh teroris serbia. Selain itu juga ada serangkaian kejadian lain yang memicu perang selama empat tahun. Pada perang dunia I, terdapat 108 juta orang tewas dalam perang ini, dengan 7 juta warga sipil dan 10 juta personel kehilangan nyawa mereka.

Meskipunada sejumlah insiden yang menyebabkan perang dunia kedua terjadi,kemunculan konflik Eropa pada tanggal 1 September 1939 ketika Jermanmenginvasi Polandia, menyebabkan Inggris dan Perancis mendeklarasikanperang terhadap negara Nazi Hitler sebagai balasan. Danterjadilah perang dunia selama 6 tahun dari tahun 1939 hingga 1945dengan kematian berkisar antara 50 juta hingga lebih dari 80 jutakorban.

Kemungkinan Terjadinya Perang Dunia 3

Jika Perang Dunia Kembali Terjadi

Dari banyaknya kasus yang menyebabkan terjadinya perang dunia I, dan II. Adakah kemungkinan yang dapat menyebabkan terjadinya Perang Dunia ke III?

Pada artikel New York Post baru baru ini, mengutip kalimat dari presiden Russia, yang mengatakan “Pemahaman bahwa perang dunia ketiga bisa menjadi akhir dari peradaban, harus menahan kita dari mengambil langkah ekstrem di arena Internasonal yang sangat berbahaya bagi peradaban modern”. Ia mengatakan hal ini pada salah satu acara tanya jawab di sebuah stasiun televisi. Selaun itu ia pun mengatakan jika perang dunia ke 3 benar benar terjadi, kemungkinan itu adalah perang nuklir.

Sejarah Senjata Nuklir

Sebenarnya peledakan senjata Nuklir yang pertama terjadi pada saat perang dunia II berlangsung. Pengeboman oleh Amerika itu menjadi penanda berakhirnya perang dunia II karena tidak ada yang memiliki senjata perlawanan yang imbang untu melawan bom Amerika.

Tepatnya pada 16 Juli 1945, di New Mexico. Pada saat itu Amerika sedang menguji bom nuklir pertamanya, sebelum akhirnya Ia kembali menjatuhan bom atom ke kota Hiroshima pada 6 Agustus 1945 dan Nagasaki pada 9 Agustus. Kalian tentunya pernah mempelajari hal ini disekolah kan?

Jika Perang Dunia Kembali Terjadi

Pada saat PD II Amerika Serikat, Uni Soviet dan Britania raya melakukan banyak percobaan senjata nuklir, hingga pada tahun 1958 diterbikan sebuah petisi yang berisi permohonan untuk menghentikan pengujian semua senjata nuklir.

Walaupun petisi tersebut sudah di tanda tangani, namun sepanjang tahun 1960an dan 70an malah semakin banyak negara yang mengembangkan senjata nuklir.

Perang Nuklir

Dalam sebuah situs web berita ada sebuah artikel yang berisi analisis mengenai negara apa yang akan memicu terjadinya perang nuklir.

Dalam artikelnya, ada dua kemungkinan permasalahan yang akan memicu perang nuklir ini. Yang pertama perang nuklir global yang berpusat pada konflik Amerika Serikat dan Rusia dan yang kedua adalah konflik India dan Pakistan.

Pada kemungkinan yang satu ini, para negara akan meledakan senjata nuklir di negara lawannya yaitu didaerah padat penduduk dan area area industri atau area vital lainnya. Dengan begitu tentunya akan memicu konflik yang lebih besar dengan melibatkan negara negara lainnya.

Persebaran Senjata Nuklir

Senjata Nuklir

Pada saat ini ada sekitar 16.300 senjata nuklir yang tersebar di 9 negara, Dimana Rusia dan Amerika memegang 93% Nuklir di luar sana. Tetapi mereka sudah diminta untuk mengurangi jumlah senjata pada perjanjian START, atau Strategic Arms Reduction Treaty, yaitu perjanjian pelucutan senjata nuklir antara Amerika Serikat dan Federasi Rusia.

Dari hal tersebut, kemungkinan Jika Perang Dunia kembali terjadi, maka akan terjadi perang nuklir.

Apa Dampaknya?

Lalu jika memang perang nuklir terjadi, kira kira apa ya dampaknya bagi Bumi dan kehidupan di Bumi?

Memakan Korban dan Membebani Tenaga Medis

Jika Perang Dunia Kembali Terjadi

Ketika perang nuklir terjadi, kemungkinan akan ada radiasi nuklir besar besaran dan ledakan dimana mana, tentunya peristiwa ini akan memakan banyak korban jiwa. Atau mungkin untuk kasus ringannya banyak yang mengalami cidera seperti luka bakar, patah tulang, dll.

Memang cidera ringan tidak terlalu membahayakan korban. Tapi jika korbannya terlalu banyak, tim medis akan kewalahan, dan kemungkinan ada beberapa orang yang tidak tertolong akibat cidera tersebut, hingga meninggal dunia.

Zaman Es kembali terjadi

Selain korban jiwa, ada dampak yang lebih mengerikan lagi jika perang nuklir benar benar terjadi. Perang Nuklir kemungkinan akan menyebabkan kembalinya jaman es di Bumi, Well, kalian pasti bingung bagaimana perang nuklir bisa menyebabkan perubahan iklim di Bumi.

Jika Perang Dunia Kembali Terjadi akan terjadi jaman es

Jaman es ini akan terjadi karena asap dan awan gelap hasil dari ledakan bom nuklit itu. Saat terjadi ledakan, pasti akan banyak objek yang terbakar, dan langit bakalan ditutupi asap dan awan gelap, udah mirip kayak letusan gunung berapi besar pokoknya guys.

Awan tebal ini akan menghalangi cahaya matahari yang akan menyebabkan atmosfer bumi menjadi dingin, dan akhirnya terjadi musim dingin nuklir, yaitu sebuah iklim terbaru yang mungkin saja akan menyebabkan terjadinya hujan salju yang dahsyat, kekeringan, dan kelaparan yang akan berlangsung selama puluhan tahun bahkan hingga satu dekade lebih dan bisa disebut dengan zaman Es mini.

Kesimpulan

Nah sekarang kalian paham kan apa yang akan terjadi jika perang dunia kembali terjadi? Perang dunia yang akan terjadi selanjutnya perang nuklir guys, dan perang nuklir ini akan menciptakan iklim baru yang dapat menyengsarakan manusia bumi. Pada beberapa tahun ini topik mengenai perang dunia sudah berlangsung selama bertahun tahun, banyak pihak yang takut karena adanya perang dingin antara Rusia dan Amerika dari tahun 1947 hingga 1991.

Mereka khawatir suatu saat nanti kedua negara ini bakalan terlibat konflik besar yang memicu perang dunia III, tapi selain daripada itu juga ada banyak negara lain yang juga meningkatkan program pembangunan nulklir mereka seperti Cina dan Korea Selatan, yang artinya banyak daerah rawan nuklir baru terbentuk.

Tapi ini semua baru perkiraan saja, semoga saja perang nuklir atau perang dunia ke 3 tidak benar benar terjadi ya.

Sumber :

  • What Are The Chances of World War 3? – Youtube.