Teman teman, apakah kallian semua inget jumlah planet yang ada di tata surya kita? Ada Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus. Nah guys, pernah nggak terfikirkan oleh kalian apa jadinya kalo misalkan ada salah satu planet di Tata Surya ini menghilang? Kira kira apa pengaruhnya terhadap bumi dan Tata surya ya guys? Nah kalian penasaran kan? Topik ini kita bahas dalam “Bagaimana Jika Salah Satu Planet di Tata Surya Kita Menghilang?”.

Pengaruh Planet Berbeda Beda

orbit Planet di Tata Surya

Kalian tahu nggak sih kalo misalkan setiap planet di tata surya kita ini memiliki peran yang sangat penting untuk keserasian tata surya kita? Dan kalau misalkan salah satu planetnya menghilang, tentunya akan ada dampak tersendiri bagi tata surya dan juga bagi bumi kita. Apa saja? Yuk kita bahas satu persatu planetnya.

Planet Merkurius

Planet ini adalah Planet kecil terdekat dengan matahari. Jika Planet merkurius dihilangkan dali Tata Surya kita, tidak akan terjadi apa apa guys. Karena gravitasi pada planet yang satu ini tidak begitu besar, jadi tidak terlalu mempengaruhi Bumi dan planet lainnya.

Planet Venus

Sekarang kita beralih ke planet terpanas di Tata Surya kita, Planet Venus. Jika planet yang satu ini hilang dari tata surya, sama dengan Merkurius, tidak terlalu mempengaruhi tata surya kita. Tapi sedikit berpengaruh terhadap Bumi.

Kalian tau kan Venus ini diberi julukan bintang senja? Planet ini dapat dilihat dari Bumi dengan mata telanjang, jika planet Venus hilang, Maka saat malam hari di Bumi akan lebih gelap dari biasanya. Karena Venus sedikitnya menerangi Bumi juga di malam hari guys.

Bumi

Nah kalo bumi hilang, yang jelas kita semua juga hilang wkwkwk, udah itu aja. Ehehehe singkat banget ya? Iyadong, karena sama saja, planet Bumi ini adalah planet kecil, jadi nggak terlalu berpengaruh buat Tata Surya guys.

Mars

Sama dengan planet sebelumnya, jika mars menghilang, tidak ada pengaruh terhadap Tata Surya, tapi ada pengaruhnya untuk Bumi loh. Diantara Planet Mars dan Yupiter terdapat sabuk asteroid. Untuk kalian ketahui, Planet Yupitermenopang asteroid asteroid tersebut dengan gravitasinya, sebelum pada akhirnya asteroid tersebut melepaskan diri menuju matahari yang tentunya akan melewati Bumi.

Nah Yupiter ini kan udah baik ya mau menopang para asteroid, tapi ternyata si Mars ini malah kerjaannya melontarkan asteroid itu menggunakan gravitasinya ke arah Bumi, jadi kalo buat mimin si dengan tidak adanya Mars adalah berita baik guys wwkwkwk. Tapi berita buruk juga buat masa depan, soalnya di masa depan manusia bumi akan pergi ke Mars, kalo Mars hilang berarti kita harus kemana dong? Hmm.

Yupiter

Yupiter adalah planet terbesar pertama di Tata Surya kita, yang memiliki gaya gravitasi yang sangat besar. Karena gaya gravitasinya yang besar, dalam waktu 4.2 miliar tahun kebelakang Yupiter telah melindungi Bumi dari asteroid asteroid dengan menopanng aseroid tersebut menggunakan gravitasinya. Dan jika Yupiter menghilang, maka artinya Bumi akan sering sekali terkena hujan Asteroid yang melayang menuju ke Matahari dikarenakan gaya gravitasiMatahari yang sangat besar, hingga mampu menarik objek objek tersebut.

Lalu pengaruhnya bagi Tata Surya kita, jika Yupiter menghilang, Orbit planet Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars akan sedikit bergeser karena gravitasi matahari yang sangat besar, tapi hal ini akan terjadi dalam berjuta juta tahun kedepan guys.

Saturnus

Sekarang planet terbesar kedua di Tata Surya kita yang memiliki cincin, yaitu Saturnus. Jika saturnus menghilang, Orbit planet Yupiter dan Uranus akan berubah, yaitu sedikit bergeser dan mendekat, karena tidak mendapatkan gravitasi dari planet Saturnus. Sedangkan pada Bumi dan planet lain tidak akan terjadi apa apa, karena jaraknya yang sangat jauh.

Uranus

Lalu planet terbesar ketiga di Tata Surya kita, yaitu Uranus. Jika Uranus hilang, tidak akan mempengaruhi planet dalam kita yaitu Merkurius, Venus, Bumi dan Mars, karena jaraknya yang jauh, tapi akan sedikit mempengaruhi rotasi pada planet luar seperti Yupiter, Saturnus dan Neptunus.

Neptunus

Neptunus,Planet terakhir di bagian terluar Tata Surya kita. Disekitar Neptunus terdapat Sabuk Kuiper, yaitu sebuah sebuah areaobjek es yang berbentuk seperti donat dan ribuan planet kerdilseperti Pluto. Tanpa adanya gaya gravitasi dari Neptunus, prbit objekyang terdapat pada Sabuk Kuiper ini akan saling bersilangan, karenatidak ada gaya tarikan dari Neptunus yang membuatnya tetap stabil.Selain itu orbit dari pluto juga akan rusak,karena Neptunus inilah yang menjgendalikanorbit dari Pluto agar tetapstabil. Tapi Bumi dan planetsekitarnya tidak akan terganggu karena jaraknya yang cukup jauh.

Kesimpulan

Nahsekarang kalian paham kan kalau planet planet di tata surya kita inimemiliki peran masing masing dalam menjaga keseimbangan Tata Suryakita. Jika salah satunya hilang, maka dapat mempengaruhi planet laindisekitarnya baik itu secara lansung ataupun tidak langsung.

Hmm lagian siapa juga sih yang mau ngambil planet di Tata Surya kita?. Bukan gitu sih maksudnya, siapa taukan terjadi sesuatu sama salah satu dari planet planet itu, sampe mereka keluar dari tata surya atau menghilang. Well, ini cuma teori aja ya guys, belum ada isu isu yang menyebutkan salah satu planet di Tata Surya bakalan ilang kok, tenang tenang eheheh.

Sumber :

  • Apa Jadinya Kalau Satu Planet Hilang Dari Tata Surya? – Youtube