Jika Ukuran Bumi Sama Dengan Matahari, Apa yang Terjadi?

Well hello guys, Selamat datang kembali di Bicara Indonesia. By the way apakah kalian menyadari kalau Matahari kita ini memiliki ukuran yang sangat besar? Ukuran Matahari kita itu sangat besar teman teman. Jika dibandingkan dengan Matahari, ukuran kita hanyalah sebutir debu. Lalu pernahkah diantara kalian berfikir apa yang akan terjadi jika ukuran bumi sama dengan Matahari? Wow!

Topik ini akan menjadi pembahasan kita pada kesempatan kali ini. Yuk imak kisahnya! jangan lewatkan yang satu ini ya.

Matahari

Jika Ukuran Bumi Sama Dengan Matahari, Apa yang Terjadi?

Sebelumnya kita bahas sedikit dulu tentang Matahari ya guys.

Seperti yang kita tahu Matahari ini adalah pusat dari tata surya kita, ia berkontribusi 98% massa dalam tata surya kita. Kalau kita bandingkan Matahari dengan bintang bintang lain, matahari ini adalah bintang paling panas dalam tata surya. Dan juga merupakan objek termasif di Bandingkan objek lainnya, massanya bisa ribuan kali objek lain di tata surya. Jika dibandingkan dengan Bumi Massa nya bisa mencapai 1.300.000 kali massa planet Bumi. Hmm kecil sekali Bumi ya. Tapi gimana jadinya kalau ternyata massa matahari dan Bumi sama? Apa yang akan terjadi?

Terjadi Kekacauan di Bumi

Hal pertama yang akan terjadi jika Bumi memiliki ukuran sebesar Matahari adalah, Setiap wilayah di Bumi akan semakin luas dan setiap benua akan berkembang. Mungkin kalian berfikir kalo wilayah Bumi meluas artinya bagus dong karena kita bakalan punya banyak lahan untuk ditempati, jadi ini bisa menjadi solusi untuk over populasi di Bumi. Tapi kenyataannya tidak seindah itu kawan :’).

Ada hal lain yang harus kita perhatikan jika wilayah Bumi semakin besar. Yang pertama jarak kita untuk menuju suatu tempat itu semakin jauh, artinya kalian jadi makin cape. Hal lainnya yang harus diperhatikan jika bumi meluas, artinya wilayah perairan di Bumi juga akan semakin luas, kalau sumber air nya tidak sebanding dengan luas daerah perairan di Bumi, artinya danau, sungai, dan laut yang ada di Bumi akan menjadi dangkal. Jika wilayah perairan semakin dangkal maka akan rentan terhadap penguapan dan memiliki potensi untuk mengering.

Kehidupan Laut Bumi

Jika Ukuran Bumi Sama Dengan Matahari, Apa yang Terjadi?

Kehidupan laut di Bumi pastinya akan tersiksa guys, karena pasti daerah perairan akan menjadi lebih panas dikarenakan periran dangkal akan lebih banyak terpapar sinar Matahari. Hal ini akan membahayakan kehidupan makhluk laut yang membutuhkan air dingin untuk dapat bertahan hidup. Jika perairan Bumi selalu menguap dan mengering maka satwa darat juga akan mengalami kesulitan dalam memperoleh air minum guys, mereka harus berjalan lebih jauh lagi untuk mendapatkan air.

Selain binatang, manusia juga akan mengalami kesulitan yang sama, kita akan kesulitan mendapatkan air tawar.

Meluasnya Bumi artinya daerah yang membutuhkan tanah juga akan semakin besar. Jika sebagian daerah Bumi tidak mendapatkan tanah yang cukup, dimana kita bakal menanam tanaman guys? Dan bukan cuma itu, kalau kita kekurangan air, bagaimana cara kita menanam tanaman? Pasti kita bakal kekurangan bahan pangan. Walaupun jumlah populasi di Bumi tidak bertambah, tetap saja, sumber pangan kita akan semakin sedikit tapi kebutuhan pangannya tetap sama.

Kita Tidak Dapat Hidup di Bumi

Hal paling mengerikan yang akan terjadi adalah tidak ada kehidupan di Bumi guys, lah kok bisa?

Jika ukuran dan massa Bumi sama dengan Matahari, bukan cuma kehidupan di Bumi yang berada dalam bahaya, tapi ini juga bakalan mengganggu tatanan tata surya kita. Coba kalian bayangin deh, kalo misalkan Bumi memiliki massa yang lebih besar, artinya gaya tarik gravitasinya juga akan semakin besar. Gravitasi di Bumi akan lebih kuat 28 kali dibandingkan saat ini. Kalian pasti bingungkan pengaruhnya apa?.

Seperti yang kita ketahui, dalam tata surya, matahari dijadikan pusatnya karena ia memiliki massa yang lebih besar dibandingkan objek disekitarnya. Gaya tarik gravitasinya memaksa objek lainnya untuk mengorbit pada Matahari. Pada saat ini Matahari memiliki massa 98% dari massa tata surya, kalau Bumi menjadi seukuran matahari artinya Bumi dan Matahari masing masing memiliki 49% massa dari tata surya kita. Nah, bisa kalian bayangkan kan apa yang akan terjadi?

Sistem Biner Bumi dan Matahari

Kemungkinan jika Bumi seukuran matahari maka akan mengahsilkan sistem Biner antara Bumi dan Matahari dimana kedua objek di luar angkasa saling terikat oleh gravitasi sehingga saling mengorbit satu sama lain. Tentunya hal ini akan mempengaruhi orbit planet lainnya yang ada di tata surya kita.

Selain dari itu, karena Bumi memiliki gaya gravitasi yang semakin besar, apa artinya Bumi akan lebih banyak tertabrak asteroid? Well, betul sekali, tapi bukan cuma asteroid guys. Satelit Bumi yang ada di luar angkasa pasti akan tertarik juga ke Bumi, dan kita nggak akan bisa bangun rumah atau pun jembatan, karena semua objek yang berada di atas Bumi akan tertarik ke pusat gravitasi Bumi.

Dan kalian juga akan menjadi lebih berat dari pada saat ini, kalau misalkan berat kalian sekarang adalah 50 kg, maka jika Bumi memiliki ukuran sebesar matahari berat kalian akan terasa seperti 1,400 kg. Bayangin coba! Kalian nggak akan bisa bergerak guys, bahkan angkat tangan kalian aja pasti gaakan kuat, boro boro tangan, jari aja gabisa, parah banget kan guys.

Lalu hal lain yang akan terjadi adalah, ketika gravitasi meningkat, maka waktu akan melambat, salamat untuk kalian yang punya keinginan untuk hidup lama di bumi, kalian bakal punya waktu lebih lama lagi, dan jangan lupa juga ya, dengan waktu yang semakin lama di Bumi, artinya waktu kalian untuk merasakan sakit hati akan semakin lama, waktu yang kalian habiskan buat move on juga makin lama, dan juga waktu buat menjomblo makin lama 🙂 WADOOH! Perih ya guys.

Kesimpulan

Well, kalian gausah galau dan risau, karena kenyataannya Bumi nggak akan menjadi sebesar matahari kok. Yang ada Bumi itu semakin kecil, dan Matahari lah yang menjadi semakin besar. So, just chill out guys, it won’t happen anyway ehehe.

Ngomong ngomong dari pembahasan tadi kita jadi tahu kan guys bahwa semua objek di tata surya ini sudah memiliki perannya masing masing dalam menjaga kestabilan tata surya, dan tugas kita adalah menjaga kestabilan di Bumi. Gausah muluk muluk, cukup syukuri apa yang ada, karena hidup adalah anugerah guys. Jangan disia siain waktu yang kalian punya buat hal yang tidak tidak. ok?

Sumber :

  • What If Earth Was As Big As The Sun – Youtube
  • Matahari – Wikipedia
  • Earth – Wikipedia