Warna Bintang Katai Berbeda Beda

Teman Bicara, dalam konten astronomi tentunya kalian sering mendengar nama bintang katai kan? Tapi apakah kalian tau kalau warna Bintang Katai berbeda beda?

Mungkin kalian pernah mendengar nama katai putih, selain itu ada juga katai coklat dan katai merah. Hmm kalian penasaran nggak sih kenapa bintang katai berbeda beda warnanya? Apa karena warnanya berbeda? Atau ada perbedaan lain?

Bintang Katai

Sebelumnya kalian harus tau dulu apa itu bintang katai. Sebenarnya definisi bintang katai itu cukup sederhana, yaitu bintang kecil atau bintang kerdil.

Bintang yang digolongkan kedalam bintang katai adalah bintang yang memiliki massa kurang dari 80 kali massa planet Jupiter. Dan seperti yang kita sebutka diawal tadi, Bintang Katai itu memiliki berbagai macam warna. Seperti apa dan apa yang menyebabkan perbedaan warna tersebut?

Katai Kuning

Warna Bintang Katai Berbeda Beda

Bintang Katai yang pertama akan kita bahas adalah bintang katai kuning.

Katai Kuning merupakan bintang yang memiliki ukuran sedang, ia tergolong kedalam urutan pertama bintang tipe G. Berat dari bintang ini sendiri adalah sekitar 0,7 hingga 1 kali massa Matahari kita.

Katai kuning memiliki suhu mencapai 5000 hingga 6000 derajat celcius, cahayanya berwarna kuning cerah dan hampir menyerupai putih. Mereka umumnya memiliki usia hingga 10 miliar tahun.

Kalau kalian bertanya siapa contoh bintang katai kuning? Nggak usah jauh jauh, Matahari kita adalah salah satu bintang yang termasuk kedalam golongan bintang katai kuning guys. Selain Matahari, ada juga Alpha Centauri A, 51 Pegasi, dan Tau Ceti.

Nantinya Bintang katai kuning tidak akan selalu menjadi katai kuning guys, seperti bintang lain, ia juga akan berevolusi. Ketika katai kuning sudah tidak mampu membangkitkan fusi hidrogen, maka ia akan berubah menjadi katai merah dan selanjutnya katai putih.

Katai Merah

Warna Bintang Katai Berbeda Beda

Lalu selanjutnya ada bintang Katai Merah.

Well, katai merah adalah bintang yang berukuran lebih kecil dibandingkan katai kuning. Ukurannya berkisar antara 0,08 hingga 0,8 massa Matahari kita. Walaupun ukuran nya kecil, ternyata ia memiliki keuntungan tersendiri karena ukurannya.

Bintang katai merah bisa memiliki usia hingga 100 miliar hingga 2.5 triliun tahun, seperti contohnya bintang Barnard, usia ini adalah usia yan cukup lama, bahkan melabihi usia alam semesta.

Ukuran katai merah yang kecil ini menyebabkan pembakaran hidrogen diintinya tidak terlalu besar, jadi bahan bakar yang mereka miliki tidak cepat habis, itulah alasanya bintang ini bisa memiliki usia sangat lama.

Selain itu, suhu Katai Merah juga cukup dingin, yaitu anya sekitar 2500 – 5000 Kelvin. Karena suhunya yang sangat dingin dan cahayanya yang redup, bintang katai merah cukup sulit untuk dapat dilihat menggunakan mata telanjang. Ia hanya dapat dilihat menggunakan teleskop inframerah ataupun teleskop Hubble.

Salah satu bintang katai merah yang cukup terkenal adalah Proxima Centaury, yang merupakan bintang katai merah terdekat dari Bumi.

Katai Putih

Warna Bintang Katai Berbeda Beda

Katai Putih, Kalian tentunya sangat familiar dengan nama yang satu ini. Umumnya bintang katai putih adalah sebuah bintang katai dan bintang bermasa menengah, yang memasuki tahap evolusi terakhirnya sebagai sebuah bintang.

Katai putih memiliki massa beragam mulai dari 0,3 hingga 1,4 kali massa Matahari. Walaupun massa bintang ini cukup besar, ukuran Bintang ini bisa hanya seukuran Planet Bumi loh guys.

Hal ini disebabkan karena bintang ini merupakan bintang yang cukup padat. Dan bisa dibilang, katai putih merupakan bintang yang berada pada masa degenerasi. Yaitu tahap dimana ia tidak daapat membangkitkan fusi hidrogen yang menghasilkan tekanan keluar inti. Sehingga semua massanya tertarik oleh gravitasi dan memadat ke intinya.

Tapi besar ukuran bintang katai putih tidak bergantung pada suhu dan temperaturnya, melainkan massanya. Jika massanya lebih besar maka diameternya juga akan semakin besar. Jika bintang katai putih memiliki massa diatas batas chandrasekhar atau massa maksimumnya, maka ia tidak akan disebut sebagai katai putih.

Bintang yang memiliki massa diatas 1,44 kali massa Matahari akan berubah menjadi bintang neutron atau bahkan lubang hitam. Usia katai putih ini sendiri cukup lama guys, usia nya bisa melebihi usia alam semesta kita, yaitu sekitar 13,7 miliar tahun. Bintang katai putih yang sering kalian dengar adalah bintang Sirius B.

Katai Coklat

Katai Coklat

Berbeda dengan Bintang lain, Katai Coklat adalah sebuah bintang gagal. Kenapa disebut demikian? Katai coklat merupakan bintang yang tidak memiliki massa yang cukup untuk membagkitkan fusi hidrogen di intinya. Walaupun demikian, mereka tetap bisa melakukan fusi litium dan juga deuterium.

Massa katai coklat berada ditengah tengah massa bintang bintang kecil dan juga planet planet besar, yaitu sekitar 0,08 massa Matahari, yaitu sekitar 13 kali massa planet Jupiter.

Walaupun Katai Coklat gagal melakukan fusi hidrogen, bintang ini tetap memancarkan sedikit panas walaupun pada akhirnya mereka akan padam. Ketika katai coklat memasuki massa kritis, ia akan berubah menjadi katai coklat dingin yang memiliki suhu 1000-2000 derajat celcius.

Bintang ini sangat sulit untuk ditemukan, dikarenakan cahayanya yang sangat redup. Bintang katai yang paling dekat dengan Bumi adalah Bintang Luhman 16.

Katai Hitam

Nah, ini adalah bintang katai yang terakhir, yaitu Katai Hitam. Bintang katai hitam diyakini adalah tahapan terakhir bintang katai putih ketika ia sudah mulai mendingin dan redup atau tidak lagi memancarkan cahaya, atau bisa disebut juga sebagai bintang mati.

Di alam semesta kita ini belum ada ditemukan satupun bintang katai hitam, karena seperti yang kita bahas sebelumnya, Katai Putih adalah bintang yang memiliki usia lebih lama dibandingkan alam semesta kita. Jadi bisa kita simpulkan, belum ada katai putih yang berubah menjadi katai hitam.

Kesimpulan

Nah, dari pembahasan tadi kita bisa simpulkan warna bintang katai berbeda disebabkan oleh massa dan tahap evolusinya. Ternyata setiap warna bintang katai itu tidak sama guys. Wah menarik sekali ya.

Well, itulah jawaban dari pertanya mengapa warna bintang katai berbeda versi bicara, semoga informasi ini bisa menjawab pertanyaan kalian seputar bintang katai ya guys.

Sumber :

  • Bintang Katai, Bintang Kecil di Alam Semesta – Bobo
  • Bintang Katai – Wikipedia
  • Yellow Dwarf – Astronoo
  • Red Dwarf – Astronoo
  • White Dwarf – Astronoo
  • Brown Dwarf – Astronoo
  • Katai Merah – Wikipedia
  • Katai Putih – Wikipedia
  • Katai Coklat – Wikipedia
  • Katai Hitam – Wikipedia