Misteri Awan OORT dan Tata Surya

Misteri mengenai alam semesta kita ini memang tidak akan habis habis untuk di bahas ya teman teman. Bagaimana tidak, ketika ilmuwan dan astronom kita berhasil menemukan sebuah objek baru di alam semesta, pasti terdapat banyak pertanyaan lain yang menghampiri. Salah satu nya adalah misteri Awan Oort.

Ada yang pernah dengar nama ini? Untuk kalian pengunjung setia konten astronomi pasti kalian sering banget mendengar nama yang satu ini. Tapi walaupun namanya sering kalian dengar, ternyata awan ini masih menjadi misteri lho teman teman. Sebenarnya apasih awan oort itu dan bagaimana bentuknya? simak pembahasannya dalam misteri Awan Oort.

Sejarah Penemuan Awan Oort

Kalau kalian melihat gambar awan Oort, kalian pasti melihat awan berbentuk bola. Ternyata memang benar awan oort ini adalah sebuah awan berbentuk bulat yang terletak ditepian Tata Surya kita.

Awan Oort ini pertama kali ditemukan oleh seorang astronom bernama Jan Oort pada tahun 1950. Pada saat itu, Jan Oort sedang mengamati keberadaan komet yang memiliki periode lebih dari 200 tahun.

Dalam pengamatannya, ia menemukan setiap komet tersebut ternyata memiliki orbit yang berbeda beda, tetapi jarak orbit terjauhnya dengan Matahari sama, atau bertemu di satu titik, tepatnya pada jarak 3 triliun Km, setara dengan jarak 20.000 kali jarak Bumi dan Matahari.

Dari penemuan itulah ia meyakini keberadaan awan Oort. Tapi keberadaannya ini masih belum bisa dibuktikan oleh para ilmuwan.

Misteri Awan OORT dan Tata Surya

Bentuk Awan Oort

Kalau di Bumi kalian mendengar nama awan mungkin kalian bisa menemukan sebuah objek yang menggumpal berisi uap air. Tapi tidak dengan awan yang satu ini.

Seperti yang Bicara sebutkan sebelumnya, awan oort ini berbentuk bulat seperti bola. Dan ia tidak mengandung uap air. Awan oort adalah sebuah bola massa yang terdiri dari triliunan objek berbentuk es.

Bentuknya yang bulat ini ternyata bentuk bagian terluar awan Oort. Bagian dalam awan Oort sebenarnya memiliki bentuk yang lebih mirip dengan donat atau cakram.

Bagian dalam awan Oort yang berbentuk donat ini sebenarnya memiliki nama yang berbeda, yaitu Hills Cloud. Dinamakan demikian karena JG Hills adalah orang yang pertama kali mengusulkan keberadaannya pada tahun 1981.

Pembentukan Awan Oort

Pada masa pengamatannya, walaupun belum ada yang menemukan keberadaan nya secara langsung, Pada sebuah simulasi yang dilakukan oleh astronom lain yakni Martin Duncan dan rekannya pada tahun 1980-an, mereka menemukan bahwa awan Oort merupakan salah satu bagian dari asal mula pembentukan Tata Surya kita.

Awan ini terbentuk dari materi sisa piringan protoplanet yang terdapat disekeliling Matahari. Well, jadi sama ya seperti pembentukan sabuk kuiper.

Para Ilmuwan dan Astronom pernah mengungkapkan kalau objek objek yang berada di dalam awan Oort sebenarnya terbentuk lebih dekat di sekitar Matahari pada awal pembentukannya. Tapi akibat pengaruh gravitasi planet planet raksasa dan pengaruh gravitasi lain, membuatnya terlempar keluar menjauhi matahari, dan berada pada tempatnyapada saat ini.

Ada Apa Saja di Awan Oort?

Well, memangnya apa saja ya isi dari awan Oort ini?

Diketahui awan Oort ini terbentuk dari Objek objek dingin dan beku yang terbentuk dari Metana, etana, amonia, karbon monoksida, karbon dioksida hidrogen sianida dan juga air. Biasanya ketika objek objek awan ini memasuki Tata Surya mereka akan nampak seperti komet.

Well, tentunya kalian pernah dengar kan berita kalau awan Oort ini sering disebut dengan waduk komet?

Komet di Oort

Menurut para ilmuwan, awan oort adalah tempat bersarangnya ribuan hingga trilliunan komet yang melintasi tata surya kita. Pada area awan hill diperkirakan terdapat lebih banyak komet dibandingkan bagian terluarnya.

Hal ini terjadi karena perbedaan ikatan gravitasi matahari pada bagian dalam dan luar awan Oort. Jarak awan yang sangat jauh dari Matahari membuat semua objek didalamnya akan lebih mudah terganggu.

Gangguan yang di alami oleh objek objek awan oort biasanya seperti perubahan orbit dikarenakan ada objek lain yang melintasi awan ini. Seperti misalnya bintang. Karena gravitasinya yang lemah, ketika ada objek lain yang melewatinya maka objek di awan oort ini akan rentan berpinda posisi.

Ketika objek objek ini berpindah, kemungkinan besar ia akan terlempar kedalam tata surya. Dan objek itu akan kita kenal dengan nama komet.

Nah, Biasanya komet komet awan oort ini berasal dari bagian luar awan oort, ketika komet komet ini keluar dari awan oort, maka komet yang berada pada bagian awan hill akan menggantikan posisi komet komet yang hilang tadi.

Komet Ada 2

Misteri Awan OORT dan Tata Surya

Sebelumnya, apakah kalian tahu kalau komet itu terbagi menjadi 2 jenis?

Komet yang pertama adalah komet periode pendek atau dinamakan komet ekliptika. Komet jenis ini memiliki orbit di jalur lintasan planet planet di tata surya. Periode orbit komet jenis ini bisa dibilang cukup pendek. Komet komet ini biasanya berasal dari Sabuk Kuiper atau Kuiper Belt.

Dan jenis komet yang kedua adalah komet Isotropik, atau komet periode panjang. Komet isotropik memiliki orbit yang lebih panjang hingga ribuan AU. Menurut Jan Oort, komet Isotopik memiliki titik orbit terjauh dari matahari hingga 20.000 AU. Dan komet komet ini adalah komet yang berasal dari awan Oort.

Ukuran Awan Oort

Well, kembali lagi ke topik awan Oort.

Sudah banyak ya informasi yang kalian pecahkan dari misteri awan Oort, tapi masih ada yang ketinggalan nih guys, kira kira sebesar apa ya awan oort ini?

Menurut beberapa ilmuwan yang mengamati awan misterius yang satu ini, Awan Oort membentang pada jarak 2000 hingga 50.000 AU. Tapi ada juga ilmuwan yang mengatakan kalau awan ini memiliki ukuran hingga 100.000 dan 200.000 AU.

Dan walaupun awan Oort ini memiliki objek dingin yang berbentuk es, ada beberapa objek awan Oort yang berbentuk batuan. Hal ini di dikemukakan oleh para ilmuwan melalui penemuan asteroid bernama 1996 PW. Menururt para ilmuwan asteroid ini berada pada orbit yang terletak pada jalur orbit komet komet isotropik, jadi diperkirakan asteroid ini berasal dari awan Oort guys.

Kesimpulan

Nah, jadi awan oort ini ternyata bentuknya benar benar berbeda dengan kebanyakan awan yang kita kenal ya guys. Dari pengamatan para astronom hingga saat ini, awan Oort diyakini sebagai tempat berasalnya komet komet yang melintasi Tata Surya kita. Dan ia juga merupakan bagian dari masa awal pembentukan Tata Surya kita.

Tapi apakah penemuan ini akan berubah seiring berjalannya waktu? Well kita tunggu aja ya informasinya dari para ilmuwan.

Nah guys, sepertinya sampai disitu dulu pembahasan mengenai misteri awan oort, semoga informasinya bisa menambah pengetahuan kalian semua ya. Kalau kalian suka dengan video ini, jangan lupa tekan tombol like dan share. Jangan lupa juga untuk subscribe channel Bicara dan aktifkan lonceng notifikasinya.

Kasih tau kita kalau ada topik yang kalian ingin kita bahas ya guys, channel bicara undur diri, see u in the next video guys.

Sumber :

  • 20 Fakta Menarik Awan Oort – Astronesia
  • Apa itu awan Oort? Dan bagaimana sejarah terbentuknya? – Langit Selatan
  • Mengenal Awan Oort, Penampung Triliunan Inti Komet Beku di Antariksa – National Geoghrapic
  • Awan Oort, Rumah Komet yang Misterius – Bobo Indonesia